1
Muslim Lifestyle News Tips Travel

Masjid Terindah di Malaysia

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Islam adalah salah satu agama utama yang dipraktikkan oleh orang Melayu dan sebagian kecil dari ras lain di Malaysia. Mereka melakukan sholat mereka di masjid-masjid, yang memiliki elemen desain Islami yang memukau. Berikut adalah masjid yang paling menakjubkan untuk dikunjungi di Malaysia.

Masjid Jamek

Dikenal sebagai Masjid Jumat, Masjid Jamek dibangun pada tahun 1907 di tanah pemakaman Melayu pertama di Kuala Lumpur. Ini adalah masjid tertua, memberikan rasa kedamaian dan ketenangan dan terletak di dekat Sungai Klang dan Sungai Gombak. Terletak tepat di sebelah stasiun LRT Masjid Jamek. Arsitektur masjid memiliki kombinasi bahasa Moor, Islam, dan Magul. Hargai arsitektur kunonya termasuk tiga kubah dan dua menara tinggi dengan garis-garis merah dan putih di aula doa.

 Masjid Putra

Masjid Putra menghadap Danau Putrajaya yang indah. Ini adalah salah satu landmark yang paling banyak dikunjungi di Putrajaya. Masjid ini memiliki campuran desain modern dan tradisional yang dibuat dengan keahlian lokal dan bahan-bahan asli. Desainnya terinspirasi oleh desain Masjid Sheikh Omar di Baghdad. Dari sana, desain Masjid Putra memiliki kombinasi detail arsitektur Malaysia, Persia-Islam, dan Arab-Islam. Dengan kubah utama berdiameter 36, aula sholat yang sederhana dan elegan didukung dengan 12 kolom. Halaman yang indah tepat di depan aula utama.

Masjid Wilayah Federal

Masjid Wilayah Federal berada di dekat Kompleks Kantor Pemerintah. Desain masjid sangat dipengaruhi oleh Masjid Biru Turki – perpaduan detail arsitektur Ottomon dan Melayu. Di masjid, ada 22 kubah indah yang terbuat dari bahan komposit serat gelas dan epoksi, yang ringan dan tahan lama. Taman masjid membuat tempat suci ini lebih menakjubkan, dikelilingi oleh parit. Satu per satu, sekitar 17.000 jamaah mengunjungi masjid untuk mengadakan sholat sehari-hari.

Masjid Selat Malaka

Masjid Selat Malaka adalah masjid terapung yang dibangun di atas panggung di tepi Melaka di Bandar Hilir. Menara 30 meternya berfungsi sebagai panduan bagi kerajinan air, kapal, dan pesawat udara untuk melangkah dengan aman melintasi laut. Masjid ini memiliki kubah Timur Tengah dengan empat sudut menara yang dihiasi garis atap Malaysia. Lengkungan yang dinamis dengan hiasan biru melambangkan signifikansinya bagi budaya Islam. Jendela kaca patri di bagian depan masjid diukir dengan motif Islami. Lebih menakjubkan ketika masjid bersinar terang di malam hari.

Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz

Ini adalah masjid negara Selangor yang terletak di Shah Alam. Masjid ini dikenal sebagai Masjid Biru karena kubah biru yang megah dan panel kaca berwarna biru di jendela. Ini adalah masjid terbesar di Asia Tenggara dengan kubah terbesar dan menara tertinggi. Arsitekturnya memiliki kombinasi luar biasa modern dan tradisional dengan desain Timur Tengah dan Melayu. Empat menara berdiri megah di setiap sudut. Kaligrafi Arab yang terperinci, yang dilakukan oleh seorang kaligrafer Mesir yang terkenal, dapat dilihat di kubah dan dinding utama. Mimbar kayu diukir oleh pengrajin Kelantan.

Masjid Tengku Tengah Zaharah

Masjid Tengku Tengah Zaharah adalah masjid terapung pertama di Malaysia. Masjid ini terletak di Kuala Ibai, 4 kilometer dari pusat kota Kuala Terengganu. Itu dibangun di atas platform yang dikelilingi oleh danau. Dari jauh, Anda dapat melihat refleksi danau dari masjid yang indah. Memiliki arsitektur tradisional Melayu dan Moor, dibangun dengan marmer, keramik, karya mosaik, dan paving bomanite. Sisi putih menonjol dengan keseimbangan keberanian dan kesederhanaan. Saksikan pemandangannya yang mempesona di malam hari di mana Anda akan dapat melihat bayangan jelas masjid yang menyala di dekat danau.

Masjid Kota Kinabalu

Masjid Kota Kinabalu memiliki desain arsitektur Islam kontemporer yang mirip dengan Masjid Nabaqi di Madinah. Masjid putih yang menakjubkan dikelilingi oleh laguna buatan manusia. Itu indah dan tenteram dan menampung hingga 12.000 jemaah di mana mereka kebanyakan berkumpul di aula sholat. Anda bisa naik perahu dayung di mana Anda akan melihat masjid di seberang air. Non-Muslim dapat mengunjungi masjid kecuali saat sholat.

webinar umroh.com

Masjid Negara Sultan Abu Bakar

Masjid Negara Sultan Abu Bakar adalah masjid negara Johor yang terletak di sepanjang Jalan Skudai. Itu adalah di atas bukit yang menghadap kota Johor. Ini memiliki dua detail arsitektur yang unik dengan sedikit desain Melayu – gaya Victoria dan Moor. Bahan-bahan untuk membangun masjid diimpor dari Turki, Cekoslowakia, dan Italia. Desain menara terkait dengan menara jam Inggris abad ke-19. Jendela kayu Victoria dirancang dengan ukiran Inggris. Pilar-pilar Romawi mendukung aula sholat yang megah. Masjid ini terdaftar sebagai monumen warisan yang dilindungi oleh Departemen Museum dan Purbakala.

Masjid Kapitan Keling

Masjid Kapitan Keling dibangun oleh pemukim Muslim India pertama di Penang pada tahun 1801. Ini adalah masjid terbesar di Georgetown. Masjid ini memiliki kubah-kubah desain Mughal-kuning keemasan besar, bulan sabit dan bintang-bintang. Anda dapat mendengar doa-doa Muslim dari menara Islam-India. Lengkungan dan lorong luar mengarah ke aula sholat utama. Lantai marmer putih yang dipoles ditutupi dengan sajadah, dan dindingnya dipenuhi dengan panel kaligrafi. Jendela bernoda dirancang dengan pola geometris dan motif bunga.

Masjid Al-Bukhary

Terletak di Alor Setar, Kedah, Masjid Al-Bukary berada di dalam Kompleks Al-Bukhary di samping berbagai fasilitas termasuk pusat medis, pusat komunitas, akademi orang tua, panti asuhan dan pusat pembelajaran. Interior dan eksterior yang indah terinspirasi oleh masjid-masjid di Iran dan Turki. Gapura lima lapis menggambarkan lima rukun Islam. Kolam memantulkan motif Arab menghadap ke depan pintu masuk masjid.

Masjid Kristal

Masjid Kristal memiliki arsitektur paling unik di Malaysia karena eksteriornya yang memukau. Terletak di Islamic Heritage Park di pulau buatan manusia, Pulau Wan Man. Struktur dibuat dengan baja, kaca dan kristal, dengan elemen Moor dan Gothic. Arsitekturnya yang keren dan ramping ditunjukkan oleh sungai Kuala Terengganu. Kubah kaca di dalam masjid menyilaukan; lampu kristal besar bersinar terang di aula sholat utama. Lampu yang mempesona mengubah warna kubah dan menara menjadi merah muda, hijau, kuning dan biru di malam hari.

Masjid Ubudiah

Kubah emas agung dan masjid berbentuk segi delapan adalah tempat suci bagi umat Islam di Perak, terutama di Kuala Kangsar. Itu di sebelah rumah-rumah perumahan dan Makam Kerajaan. Kubah besar menutupi aula sholat utama di samping lima kubah kecil. Jalan setapak ke aula doa utama dikelilingi oleh alam yang lezat. Pengunjung akan merasa santai karena disambut oleh fitur air hias di pintu masuk utama masjid.