1
Tips

Mengusir Serangga Tanpa Bahan Kimia? Bisa! Ini Caranya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Rumah yang penuh serangga tentunya membuat kita merasa tidak nyaman. Sudut rumah jadi tampak kotor, dan menjadi sarang tempat mereka berkembang biak. Wajar jika  sebisa mungkin kita ingin mengusirnya.

Akan tetapi, menggunakan obat pengusir serangga yang berlebihan bisa membahayakan kesehatan. Apalagi jika kita memiliki balita di rumah. Jika kamu lebih suka cara alami untuk mengusir serangga, cobalah beberapa cara di bawah ini.

Mengusir Kecoa

Kecoa yang suka diam-diam dan terbang ini bisa dibilang sebagai salah satu serangga yang menjijikan. Ia sering terlihat di sudut-sudut rumah dan kamar mandi. Tidak heran jika tubuhnya dipenuhi kuman dan bakteri.

Jika kamu terganggu dengan kehadiran kecoa di rumah, coba gunakan daun salam untuk mengusirnya. Kecoa tidak menyukai aroma daun salam. Kita bisa menggunakan daun salam yang masih basah atau sudah kering. Akan tetapi, disarankan menggunakan daun salam yang sudah dikeringkan.

Sembunyikan daun salam di beberapa sudut rumah yang sering didiami kecoa. Ia akan kebingungan dan mencari tempat lain di luar rumah. Jika menemui kecoa dalam keadaan darurat, kita bisa menyemprotnya dengan air bersabun untuk membunuhnya.

Membunuh Kutu

Bagi rumah yang menggunakan karpet, biasanya kita menemukan serangga kecil yang merjalan di antara bulu-bulu karpet. Serangga ini bisa jadi adalah kutu. Kutu-kutu yang bersemayam di karpet ini harus dibasmi agar tidak membuat kita gatal-gatal.

Untuk mengusir kutu yang bersemayam di karpet, gunakan baking soda dan garam. Taburkan baking soda dan garam di lantai dan atau karpet, lalu diamkan selama semalaman. Bersihkan dengan vacuum cleaner keesokan harinya.

Selain menggunakan baking soda dan garam, kita juga bisa menggunakan air lemon untuk mengusir kutu. Letakkan air lemon dalam botol spray, lalu semprotkan pada karpet yang banyak kutunya.

webinar umroh.com

Silverfish

Apakah kamu pernah melihat serangga berbentuk torpedo dengan tiga bulu di ekornya dan delapan kaki, serta sungut? Serangga yang disebut silverfish atau gegat ini biasanya ditemukan di tempat hangat dan lembab, seperti dapur. Bahkan ada juga yang menemukannya di kamar mandi. Serangga ini suka dengan tepung dan remah-remah makanan. Ia juga bisa memakan buku-buku.

Jika kamu menemukan banyak gegat atau silverfish, di rumah buatlah jebakan untuk mengusirnya. Mereka menyukai tempat gelap, jadi buatlah jebakan dari toples yang telah ditutup dengan lakban gelap. Masukkan potongan biskuit di dalamnya, lalu letakan di tempat yang banyak gegatnya.

Cara lainnya adalah dengan meletakkan rempah-rempah di sekitar tempat yang banyak gegat. Kita bisa mengusir serangga gegat dengan cengkeh, kayu manis, dan bumbu-bumbu beraroma kuat lainnya. Letakkan rempah-rempah tersebut di tempat yang banyak gegatnya.

Membasmi Lalat Buah

Sebel, nggak sih, kalau kita lihat lalat buah berterbangan di sekitar buah favorit kita? Untuk mengusirnya, gunakan saja cuka apel. Tuangkan cuka apel sebanyak 1 hingga 2 inci dalam gelas, lalu  tutup gelas dengan kantong plastik. Buatlah beberapa lubang di permukaannya. Lalat akan tertarik dengan aroma cuka apel lalu masuk ke dalam gelas, namun tidak bisa keluar.

Mengusir Semut

Semut yang terlalu banyak menyerbu rumah membuat kita bingung dan pusing. Mereka mendatangi makanan dan area-area lain. Solusi untuk mengusir semut adalah dengan menggunakan kayu manis dan merica hitam. Telusuri jalan masuk semut masuk ke dalam rumah, lalu taburkan bubuk kayu manis dan merica hitam di area tersebut.

Membasmi Lalat

Lalat yang beterbangan di atas makanan tentu membuat kita jijik dan tidak nafsu makan. Untuk mengusir lalat, gunakan saja daun mint. Hancurkan daun mint hingga keluar aromanya, lalu sebarkan di area yang banyak dikerumuni lalat. Aroma daun mint akan mengusir lalat sehingga tidak berani mendekat.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.