1
Kuliner Muslim Lifestyle

Ada Bahan yang Diharamkan dalam Resep, Bisa Diganti?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Bagi kamu yang hobi masak, pasti sering melihat-lihat resep, baik resep masakan Indonesia, maupun resep masakan dari luar negeri, seperti resep dari Timur Tengah atau resep masakan Barat. Namun, saat melihat banyak resep masakan Barat, kita akan menemukan bahan-bahan yang tidak boleh dikonsumsi umat Islam karena termasuk bahan-bahan yang diharamkan. Misalnya minuman beralkohol atau daging babi.

Lalu bagaimana, ya caranya supaya kita bisa tetap menghasilkan cita rasa yang sama, namun tetap halal untuk dimakan? Ganti saja bahan-bahan yang diharamkan tersebut dengan bahan-bahan yang serupa di bawah ini.

Champagne

Champagne adalah Sparkling Wine, atau minuman anggur yang memiliki gelembung-gelembung kecil mirip busa. Champagne sering digunakan untuk memasak, namun tentu saja kita tidak diperbolehkan untuk memakainya karena mengandung alkohol.

Jika kita ingin mencoba resep yang menggunakan champagne, ganti dengan Sparkling Juice apel atau anggur, Soda, atau Sparkling Water.

Red Wine

Banyak juga masakan-masakan ala barat yang menggunakan Red Wine atau Anggur Merah sebagai salah satu bahan. Biasanya, masakan yang menggunakan anggur merah ini adalah makanan seperti steak atau masakan yang menggunakan bahan daging lainnya. Anggur Merah sering dianggap bisa memberikan cita rasa yang lebih nikmat pada masakan daging.

Namun, jika kita ingin tetap memasak masakan tersebut dengan cita rasa yang hampir sama, kita bisa mengganti Anggur Merah dengan jus anggur berkualitas tinggi. Pada dasarnya, semua resep yang menggunakan wine, seperti White Wine atau Anggur Putih, juga bisa menggunakan jus anggur sebagai penggantinya.

Rum

Rum sering dipakai oleh para pembuat kue untuk membuat hasil lebih wangi. Namun rum merupakan minuman beralkohol hasil fermentasi dan distilasi dari molases atau tetes tebu.

Agar tetap menghasilkan cita rasa yang enak, kita bisa mengganti rum dengan blackstrap molasses (tetes tebu yang warnanya hitam dan kental), atau kita juga bisa menggantinya dengan air tebu yang ditambah dengan perasa vanila.

webinar umroh.com

Gelatin

Banyak makanan yang menggunakan gelatin sebagai bahan pelengkapnya. Misalnya untuk membuat dumpling, sebagai bahan untuk memadatkan kaldu sebelum dimasukkan ke dalam kulitnya, atau saat memasak marshmallow buatan sendiri.

Namun kebanyakan gelatin yang dipakai dalam resep adalah gelatin yang berasal dari babi. Kita bisa menggantinya dengan memakai gelatin sapi atau ikan, atau menggantinya dengan agar-agar.

Ekstrak Vanila

Ekstrak vanila juga ada yang mengandung alkohol di dalamnya, lho. Karena itu pastikan kita mengganti ekstrak vanila beralkohol dengan yang tidak beralkohol. Atau agar lebih aman, kita bisa menggunakan bubuk vanilla, vanilla essence, atau biji vanilla asli.

Bacon

Bacon adalah daging yang diambil dari punggung, pinggang, dan perut babi. Bacon memiliki banyak penggemar di Barat karena memiliki lapisan lemak dan daging yang hampir sama. Biasanya bacon ini digoreng atau dipanggang, lalu digunakan sebagai sarapan atau sebagai isian sandwich.

Bacon juga sering dimasukkan sebagai bahan untuk membuat saus spaghetti atau masakan-masakan yang ditumis ala Barat. Namun jika kita ingin mengganti bacon agar tetap memiliki cita rasa yang sama, kita bisa menggantinya dengan daging sapi yang memiliki lemak, atau kita bisa menggunakan bacon dari daging burung kalkun yang telah diasap.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.