1
Motivasi Muslim Lifestyle

Agar Cepat Dikabulkan, Berdoalah dengan 8 Adab Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Allah sangat dekat dengan kita. Sebagai Rabb yang Maha Pengasih dan Penyayang, Allah menyediakan segala kebutuhan kita saat hidup di dunia. Begitupun ketika kita menghadapi kesulitan. Kita bisa meminta pertolongan kepada Allah kapanpun. Salah satu cara memohon pertolongan Allah adalah dengan doa.

Allah Maha Mendengar dan Maha Mengabulkan doa-doa hambaNya. Karena itu, biasakan untuk berdoa kepada Allah, bahkan ketika kita meminta hal-hal yang kecil dan remeh. Dalam memanjatkan doa kepada Allah, ada adab dan tata cara yang harus kita penuhi. Jika kita berdoa dengan adab yang disukai Allah, Insya Allah doa kita lebih cepat dikabulkan. Di bawah ini, adalah tata cara berdoa yang baik menurut Islam.

  1. Niat yang Tulus

Pastikan doa yang kamu panjatkan tulus berasal dari dalam hati. Ketulusan yang kita miliki akan menuntun kita untuk melantunkan doa-doa yang baik. Bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.

  1. Awali dengan Memuji Allah

Allah senang dipuji dan memang hanya Allah yang berhak dipuji. Karena itu, sebelum memanjatkan doa kepadaNya, sebaiknya kita mengucapkan lafadz-lafadz pujian kepada Allah, seperti ‘Subhanallah’, ‘Alhamdulillah, ‘Allahu Akbar’, dan sebagainya. Mengawali doa dengan memuji Allah bisa menguatkan hati. Di dalam hati kita akan tertanam bahwa hanya Allah-lah yang Maha Besar dan Maha Kuasa mengabulkan setiap doa kita.

  1. Mohon Ampun pada Allah

Salah satu sebab terhalangnya pengabulan doa adalah karena masih ada dosa-dosa. Karena itu, penting bagi kita untuk memohon ampun sebelum memanjatkan doa. Mohonlah ampun agar semua dosa-dosa, baik yang disengaja maupun tidak, diampuni oleh Allah. Dengan begitu, jawaban atas doa kita akan lebih cepat sampai.

  1. Bersyukur Atas Semua KaruniaNya

Allah berjanji akan menambah nikmat kepada semua hambaNya yang bersyukur. Karena itu, sebelum kita meminta sesuatu dari Allah, sebaiknya ucapkan dulu rasa syukur terhadap semua yang telah Allah berikan. Bila perlu, sebutkan semua nikmat yang telah kita terima sampai hari ini. Dengan bersyukur, hati kita jadi lebih tenang dan merasa bahwa Allah memang Maha Pemberi. Saat suasana hati kita menjadi positif dan penuh rasa syukur, Allah akan lebih mudah menghadirkan hal-hal positif dalam kehidupan kita.

  1. Doa untuk Diri Sendiri, Kemudian untuk Orang Lain

Kita dianjurkan untuk berdoa bagi diri sendiri dulu sebelum berdoa bagi orang lain. hal tersebut dicontohkan oleh Rasulullah dalam hadis yang diriwayatkan oleh Muslim. Karena itu, mulailah doa dengan memohon kebaikan pada diri sendiri, kemudian mendoakan kebaikan bagi orang lain.

  1. Yakin Bahwa Doa akan Diterima

Allah sesuai dengan prasangka hambaNya. Karena itu, saat kita berdoa kepada Allah, sangat dianjurkan untuk mengucapkan doa dengan keyakinan penuh. Yakinlah bahwa Allah mampu mengabulkan doa-doamu. Dengan begitu, hati jadi lebih tenang dan lebih pasrah kepada Allah.

webinar umroh.com
  1. Berdoa dengan Sepenuh Hati

Allah tidak menerima doa yang dipanjatkan dengan setengah hati. Karena itu, pastikan kita berdoa dengan sepenuh hati agar Allah bisa melihat, seberapa besar keinginan mendapat jawaban doa dariNya.

  1. Jangan Meminta Apapun dari Selain Allah

Allah adalah satu-satunya Dzat yang berkuasa di alam semesta ini. Tidak ada kekuatan selain karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Semua keinginanmu bisa terkabul karena Allah telah memberi izin untuk terjadi. Karena itu, jangan sampai terpikirkan untuk meminta dan menggantungkan diri kepada orang lain atau makhluk lain. Meminta kepada orang lain atau makhluk lain termasuk dalam perbuatan Syirik, karena mengakui ada kekuatan lain selain Allah. Inilah yang kemudian akan menjadi dosa besar dan memperlambat pengabulan doa.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.