1
Kuliner

Agar Seenak di Restoran, Ini Tips Memasak Pasta

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Pasta adalah makanan dari Italia yang terbuat dari bahan dasar tepung dan air. Bentuk pasta bermacam-macam. Mulai dari yang berbentuk seperti mie, yang dikenal dengan nama fettuccine, berbentuk kecil dengan nama penne, shell, dsb, atau berbentuk lembaran yang dikenal dengan nama lasagna. Bentuk pasta beragam dan memberikan sensasi tersendiri saat menyantapnya.

Pasta banyak dijual di restoran atau cafe, namun juga banyak yang memilih untuk membuatnya sendiri di rumah. Membuat pasta sendiri di rumah memang lebih nyaman, karena kita bisa menentukan cita rasa saus yang diinginkan, serta lebih bisa mengontrol bahan-bahan yang dimasukkan.

Agar pasta buatanmu seenak resto, perhatikan hal-hal di bawah ini saat memasak pasta.

Perhatikan Waktu Memasak

Waktu memasak pasta bisa berbeda, tergantung dari bentuk pasta, jumlah yang dimasak, serta jenis pasta (terbuat dari gandum utuh, atau gluten free, dsb).

Jika kita menggunakan pasta basah yang baru dibuat, waktu masak hanya berkisar antara satu menit, atau maksimal dua menit.

Untuk memasak pasta yang diisi, seperti ravioli, perhatikan saat proses memasaknya. Ravioli akan naik ke permukaan dan mengambang ketika sudah benar-benar matang.

Jangan Tambahkan Minyak

Minyak sebaiknya tidak ditambahkan pada air saat merebus pasta. Memang ada anggapan bahwa minyak yang dituangkan saat merebus pasta akan mencegah helaian pasta jadi menggumpal. Namun, minyak akan membuat saus jadi tidak bisa melekat dengan baik pada pasta. Jika takut menggumpal, sebenarnya dengan diaduk, pasta tidak akan menempel satu sama lain.

Jangan Disiram Air Dingin

Banyak yang masih menyiram pasta dengan air dingin begitu sudah matang. Padahal menyiram pasta yang baru matang akan meluruhkan tepung-tepung hasil rebusan yang melekat pada pasta.

webinar umroh.com

Air tepung yang melekat itu sebenarnya sangat bermanfaat untuk mengikat saus agar lebih menempel pada pasta. Selain itu, air tepung itu juga memberikan cita rasa asin yang sedap. Dengan membiarkan pasta begitu selesai dimasak, pasta buatanmu menjadi lebih sedap setelah diberi saus.

Tambahkan Garam pada Air

Saat merebus pasta, tambahkan garam secukupnya pada air. Masukkan garam sebelum mendidih. Garam akan memberikan rasa pada pasta yang kamu masak, sehingga tidak hambar saat dikunyah.

Angkat Pasta Dua Menit sebelum Ia Matang

Perkirakan kematangan pasta saat dimasak. Kita bisa mencicipinya sedikit. Ketika tekstur pasta yang dimasak menuju matang (di bagian tengah masih terasa kenyal), segera angkat. Ini berguna untuk mencegah pasta menjadi terlalu matang (overcooked) saat diolah dengan saus.

Simpan Air Pasta

Saat memasak pasta dengan saus, ada air yang dimasukkan agar tekstur saus lebih lumer dan tidak kering. Tambahkan air rebusan pasta yang kita simpan. Air rebusan pasta ini mengandung sisa-sisa tepung, yang akan membuat konsistensi saus menjadi lebih bagus.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.