1
Tips

Agar Tamu Betah di Rumahmu, Ini Tips Membuat Ruang Tamu Menjadi Nyaman

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Idul Fitri adalah waktu di mana setiap rumah akan kedatangan tamu. Selain mempersiapkan kue-kue yang lezat, kita juga harus memperhatikan kenyamanan tamu saat berada di ruang tamu. Kenyamanan tamu bisa diperoleh dari beragam faktor, mulai dari kebersihan ruang tamu, hingga aksesoris yang terpasang di sana.

Berikut ini adalah beberapa tips agar tamu merasa nyaman bersilaturahim ke rumahmu.

Ciptakan Kesan Pertama yang Menarik

Saat tamu datang ke rumah kita, usahakan tamu langsung merasa nyaman. Agar tamu merasa nyaman begitu sampai di rumah, pastikan halaman dan teras bersih, serta ada hiasan yang menarik di ruang tamu. Bisa juga meletakkan tanaman di pintu masuk. Dengan begitu, tamu akan memiliki kesan yang baik dan merasa disambut dengan baik oleh kita, sebagai tuan rumah.

Letakkan Aksesoris di Tempat yang Mudah Dilihat oleh Tamu

Bayangkan jika kamu menjadi tamu di rumahmu sendiri, kira-kira area mana yang akan pertama kali dilihat oleh tamu. Misalnya dinding di seberang pintu masuk, atau meja yang ada di tengah-tengah ruang tamu. Letakkan aksesoris yang menarik di situ, agar ruang tamu menjadi lebih menarik. Kita juga bisa menaruh pigura atau foto-foto, lukisan, vas bunga, atau aksesoris ruangan lainnya.

Jangan Terlalu Penuh

Ciptakan ruang tamu senyaman mungkin. Jangan sampai tamu merasa tidak nyaman karena terlalu banyak barang di ruang tamu, atau furniture yang terlalu besar untuk ruang tamu. Perhatikan juga peletakan aksesoris. Jangan sampai bertumpuk dan terkesan memenuhi ruangan.

Perhatikan Keseimbangan

Saat meletakkan dekorasi atau aksesoris ruang tamu, perhatikan keseimbangan dan harmoni dari susunan aksesoris tersebut. Kita bisa menggunakan satu tema; misalnya kayu-kayuan yang antik, atau mencampur tema; misalnya klasik dengan modern. Tentukan tema dekorasi ruang tamu, lalu perhatikan peletakan aksesoris agar tetap seimbang sehingga nyaman dipandang oleh mata.

Perhatikan Kenyamanan Tamu

Utamakan kenyamanan tamu saat berada di ruang tamu. Salah satu caranya adalah dengan meletakkan kursi atau sofa yang empuk, meja yang tidak terlalu tinggi, suguhan yang mudah digapai oleh tamu, dan sebagainya. Bayangkan  kita adalah tamu yang harus duduk selama beberapa waktu di ruang tamu. Perkirakan apa yang bisa membuat tamu merasa nyaman.

Pastikan Sirkulasi Udara dan Pencahayaan

Sirkulasi udara dan pencahayaan adalah faktor penting agar ruangan terasa nyaman. Pastikan ventilasi ruangan cukup agar udara bisa keluar dan masuk, serta cahaya di dalam ruangan juga tidak terlalu gelap atau terlalu silau.

webinar umroh.com

Berikan Pewangi Ruangan

Ruangan yang wangi tentu akan membuat tamu semakin nyaman berada di dalamnya. Letakkan pewangi ruangan dengan aroma favorit kita, atau meletakkan bunga dengan aroma yang semerbak.

Berikan Senyuman yang Hangat

Senyaman apapun kita menata ruangan, tidak akan berarti jika kita menunjukkan sikap yang kurang berkenan bagi tamu. Tunjukkan senyuman terbaik yang hangat kepada tamu, agar mereka merasa betah bersilaturahim ke rumah kita.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.