1
Parenting

Ajari Anak Bersikap Sopan sebelum Bersilaturahmi saat Idul Fitri. Pastikan 7 Hal Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Lebaran sebentar lagi. Salah satu tradisi yang dilakukan saat Idul Fitri adalah berkunjung ke rumah saudara, atau menerima kunjungan keluarga. Sebelum berkumpul dengan keluarga besar, pastikan si kecil sudah memiliki kemampuan di bawah ini.

Mengalah dengan yang Lebih Kecil

Saat berkumpul dengan keluarga besar atau mengunjungi rumah kerabat, anak kita mungkin akan bertemu dengan saudara-saudaranya yang sebaya. Ada yang lebih tua, dan ada juga yang lebih muda. Ingatkan anak untuk selalu mengalah kepada saudara yang masih kecil. Terlebih ketika ia adalah anak tunggal yang belum terbiasa berinteraksi dengan saudara yang lebih muda.

Menghormati Orang yang Lebih Tua

Kemampuan menghormati orang yang lebih tua memang tidak hanya berlaku saat hari raya saja. Setiap hari, anak harus dilatih untuk menghormati orang yang lebih tua, sesuai dengan adat ketimuran di Indonesia. Terlebih ketika tiba waktunya ia bertemu dengan saudara-saudaranya yang lain. Pastikan anak sudah memiliki kemampuan ini.

Saat bersilaturahim, anak akan bertemu dengan kakek dan nenek, sepupunya yang lebih tua, serat Paman dan Bibi yang usianya jauh lebih tua darinya. Ajarkan pada anak cara berbicara dengan orang tua dan bertingkah laku di depan mereka.

Menyambut Tamu dengan Sopan

Selain berkunjung ke rumah saudara, rumah kita juga mungkin akan kedatangan kerabat lainnya. Ajarkan anak agar bisa menyambut tamu dengan sopan. Mulai dari membukakan pintu, mempersilahkan duduk, mempersilahkan mencicipi kue, dan meminta untuk menunggu orang tua yang masih di dalam.

Membukakan Pintu untuk Orang Lain

Ajari anak tentang detil-detil bersikap sopan kepada orang yang lebih tua. Salah satu tindakan sederhana yang perlu ia ketahui adalah membukakan pintu untuk orang lain. Hal ini sangat penting ketika mereka ada ada di rumahnya sendiri, sedang bepergian dengan kerabat-kerabat yang lainnya, dan sebagainya.

Mengucapkan ‘Terima Kasih’, ‘Tolong’, dan ‘Maaf’

Tiga kata tersebut merupakan dasar bersikap sopan dengan orang lain. Ajari anak untuk selalu mengucapkan ‘terima kasih’ ketika menerima sesuatu dari orang lain, mengucapkan ‘tolong’ ketika meminta bantuan orang lain, dan meminta ‘maaf’ ketika membuat orang lain merasa tidak nyaman atau membuat saudaranya yang lain menangis. Dengan begitu, anak akan mampu berinteraksi dengan lebih sopan.

Mendengarkan Orang Lain yang Sedang Berbicara

Anak-anak mungkin akan bertemu oleh kerabatnya yang lainnya. Bisa jadi, Pamannya ingin mengajak anak berbicara, atau kakek dan nenek ingin bercengkrama dengan cucunya.  Ajarkan anak untuk selalu bersikap sopan dan mendengarkan orang lain yang sedang berbicara.

webinar umroh.com

Katakan padanya bahwa menghormati orang yang lebih tua adalah hal yang sangat penting untuk menciptakan hubungan yang baik dengan orang lain. Pastikan ia memiliki kemampuan untuk mendengarkan dan menjawab dengan sopan ketika ada orang lain yang sedang mengajaknya berbicara.

Berlatih ketika Makan Bersama

Lakukan latihan dengan anak pada saat jam makan malam. Dengan suasana yang menyenangkan, pandu anak-anak saat berlatih untuk menyambut tamu, berbicara dengan sopan, dan makan dengan sopan.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.