1
Kesehatan

Jika Ingin Terhindar Dari Asam Urat, Kamu Harus Memperhatikan Makanan-Makanan Berikut

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Asam urat tinggi merupakan sebuah kondisi yang banyak di derita oleh orang berusia lanjut. Namun, pada saat ini asam urat tinggi bukan hanya di derita oleh orang yang berusia lanjut akan tetapi asam urat tinggi banyak di derita juga oleh orang yang masih muda yang berumur 30-an. Asam urat tinggi pada orang muda pada umumnya disebabkan karena asupan makanan yang tidak diperhatikan. Asam urat tinggi disebabkan karena terdapatnya asam urat yang menumpuk dan tidak dapat dikeluarkan dari tubuh oleh ginjal. Zat yang menyebabkan asam urat tinggi yaitu purin, purin merupakan sebuah zat seperti protein yang terdapat pada bahan makanan. Di dalam tubuh manusia telah tersedia zat purin sebanyak 80 persen untuk kebutuhan sehari-hari, maka dari itu tubuh hanya memerlukan 15 persen lagi untuk memenuhi kebutuhan purin di dalam tubuh. akan  tetapi asupan makanan yang tinggi akan purin terkadang tidak diperhatikan kadarnya maka dari itu terjadilah asam urat tinggi.

Asam urat tinggi pada seseorang dapat diketahui dengan melakukan pemeriksaan darah. Kadar asam urat tinggi dinyatakan apabila pada laki-laki lebih dari 7mg% sedangkan pada perempuan lebih dari 6mg%. Jika seseorang menderita asam urat tinggi selain dengan diberi obat untuk mengurangi kadar asam urat, merekan juga diberikan edukasi untuk melakukan diet rendah purin untuk mengurangi ferkuensi kekambuhan.

Makanan yang Wajib Dihindari

Untuk mengurangi frekuensi kekambuhan asam urat tinggi hal yang harus dilakukan yaitu dengan menghindari makanan yang banyak mengandung kandungan purin yang tinggi sebagai berikut:

·    Bouillon.

·     Bebek.

·     Ikan sardin.

·    Makarel.

webinar umroh.com

·     Remis.

·     Kerang.

·     Otak.

·     Hati.

·     Jantung.

·     Ginjal.

·     Jeroan.

·     Ekstrak daging/kaldu.

Makanan-makanan diatas merupakan makanan yang memiliki kandungan purin yang tinggi. Maka dari itu sebisa mungkin hindari untuk mengkonsumsi makanan tersebut ketika asam urat tinggi.

Makanan yang Harus Dibatasi

Makanan yang harus dibatasi bagi penderita asam urat tinggi yaitu makanan yang memiliki kandungan purin sedang (9-100 mg purin/ 100 gr bahan makanan) sebagai berikut:

·       Asparagus.

·       Bayam.

·       Daun singkong.

·       Kangkung.

·       Biji melinjo.

·       Daging, unggas Maksimal 50-75 gr (1-1 ½ ptg),

·       Sayuran dibatasi sebanyak 1 mangkok (100 gr) dalam sehari.

·       Daging sapi.

·       Ayam.

·       Udang.

·       Kacang kering.

·       Kacang hasil olah, seperti tahu dan tempe.

·       Ikan, kadar maksimal yang boleh dikonsumsi sekitar 50-75 gr (1-1 ½ ptg). Kecuali ikan yang teramasuk ke dalam ikan yang mengandung purin tinggi, ikan tersebut wajib dihindari.

Makanan yang Dapat Dikonsumi bagi Penderita Asam Urat

Makanan yang dapat dikonsumsi bagi penderita asam urat tinggi yaitu makanan yang memiliki kandungan purin yang rendah seperti sebagai berikut:

·    Puding.

·    Susu.

·    Keju.

·    Telur.

·    Minyak.

·    Gula.

·    Keju kering.

·    Sayuran dan buah-buahan (kecuali sayuran yang ada dalam kategori purin sedang).

·    Nasi.

·     Ubi.

·    Singkong.

·    Jagung.

·     Roti.

·     Mie.

·    Bihun.

·    Tepung beras.

·    Cake , kue tart.

Makanan-makanan diatas memiliki kadar purin yang rendah sehingga dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat setiap hari. Jika kita telah mengetahui makanan apa saja yang harus dihindari, dibatasi dan dikonsumsi, hal tersebut akan lebih memudahkan kita untuk mencegah terjadinya asam urat tinggi. Dari penjelasan diatas dapat ditekankan kembali bahwa terjadinya asam urat tinggi dikarenakan asupan makanan yang tidak diperhatikan sehingga tanpa disadari kandungan purin di dalam tubuh melebihi batas normal. Maka dari itu sangatlah penting bagi kita untuk mengatur asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.