1
Tips

Atasi Kegagalan di Dapur dengan 5 Cara Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Memasak memang kegiatan yang mengasyikkan. Kita bisa melepaskan stres sambil membuatkan makanan bagi orang-orang tersayang. Senang rasanya jika masakan yang kita buat membuat orang lain senang dan kenyang.

Ups, tapi kita juga bisa mengalami kegagalan saat memasak di dapur. Ada saja hal yang membuat kita kurang fokus sehingga masakan yang sedang kita buat tidak seenak yang direncanakan. Sedih dan kesal itu pasti. Namun jangan panik. Ada 5 trik yang bisa kamu lakukan jika masakanmu menunjukkan tanda-tanda kegagalan.

Jika Makananmu Keasinan

Masakan sudah hampir matang. Kita kemudian mengaduk dan mengecek sup untuk melihat apakah seluruh bahan matang sempurna. Tiba waktunya kita mengangkat sendok sayur dan mencicipi masakan kita. Ups, ternyata keasinan.

Jangan panik. Segera ambil kentang, lalu kupas dan bersihhkan. Potong kentang menjadi empat bagian. Masukkan potongan kentang ke dalam sup, lalu masak perlahan dengan api kecil. Setelah beberapa saat, angkat kentang dan cicipi lagi supnya. Tadaa,  asinnya jadi lebih pas.

Sup Gosong? Bagaimana Ini?

Melakukan multitasking dalam pekerjaan rumah tangga adalah hal biasa. Bisa dimaklumi ketika memasak, kita akan melakukan hal lain, misalnya menyapu. Saat kita meninggalkan masakan dan melakukan pekerjaan lain, resiko masakan mengalami kosong adalah hal yang sangat mungkin terjadi.

Saat kamu memasak masakan berkuah, seperti opor, kare, sup, dan sebagainya, kondisi gosong juga bisa dialami. Sisi panci tampak berwarna cokelat gelap dan bila dicicipi, rasanya jadi sedikit berasa. Masakanmu gagal? Eit, tunggu dulu. Atasi sup yang gosong dengan memindahkan masakan berkuahmu ke panci yang bersih. Tambahkan kaldu dan bumbu-bumbu lagi, lalu masak sebentar. Aroma gosong di sup akan hilang.

Mac and Cheese yang Dipanggang Warnanya Kurang Menarik

Mac and cheese, atau schotel adalah cemilan favorit anak-anak. Untuk memasaknya,  kita akan memanggangnya di dalam oven hingga matang. Namun seringkali ketika masakan tersebut matang, warnanya kurang menarik dan tampak pucat di permukaannya. Agar Mac and cheese warnanya jadi lebih menarik, tambahkan tepung roti dan taburan keju di atasnya, lalu panggang lagi beberapa lama hingga permukaannya berwarna coklat keemasan. Saat disajikan Mac and Cheese atau schotel ini akan tampak lebih menggoda.

Ayam Bakar yang Tampak Pucat

Saat memanggang ayam, mungkin kita akan melihat hasil yang kurang menarik saat ayam dikeluarkan dari oven. Warnanya pucat dan kurang menggugah selera. Agar warna ayam jadi lebih menarik, oleskan lagi permukaan ayam panggang dengan larutan gula. Kita juga bisa menggunakan madu yang telah dicampur dengan margarin cair dan bawang putih untuk mengoles permukaannya. Panggang kembali selama beberapa saat. Saat diangkat, ayam akan jadi lebih matang dan menggoda.

webinar umroh.com

Saus yang Terlalu Kental

Memasak saus untuk steak atau asam manis untuk gurami memang membutuhkan fokus lebih. Saat dibiarkan terlalu lama, saus jadi terlalu menggumpal dan terlalu kental. Padahal bumbu saus sudah pas dan kita enggan menambahkan bumbu dan larutan air lagi. Untuk menyiasatinya, coba saring saus yang sudah jadi. Konsistensi saus jadi lebih ringan dan lebih nikmat.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.