1
Motivasi News Tips Travel

Bagaimana Indonesia Mendapatkan Namanya?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Nah, dalam hal ini, sejarah yang rumit, penelitian ilmiah, perjuangan untuk kemerdekaan, identitas nasional, dan politik. Temukan bagaimana Indonesia mendapatkan namanya, dan bagaimana kata itu menandakan perjalanan sejarah panjang dan rumit bangsa.

 

Sebelum Indonesia

Sebelum pembentukan peradaban global, Indonesia modern diberi nama berbeda oleh berbagai negara. Tetapi bahkan dengan semua variasinya, atribut utama yang dicatat oleh mereka semua adalah pulau-pulau yang tak terhitung banyaknya.

Orang Cina menyebut daerah ini Nan-hai, yang berarti Kepulauan Laut Selatan. Orang-orang India memilih Dwipantara, atau Kepulauan Beyond, sementara orang-orang Arab menetap di Jaza’ir al-Jawi, atau Kepulauan Jawa. Semua nama ini menjadikan wilayah itu sebagai kepulauan yang sangat jauh.
Orang Eropa, di sisi lain, menganggap tanah eksotis yang berjauhan dari Persia ke Cina sebagai satu entitas yang mereka sebut ‘Hindia’, atau kadang-kadang ‘Hindia Timur’ untuk membedakan daerah tersebut dari Amerika yang baru ditemukan sekitar abad ke-16. Namun, seiring dengan perkembangan studi tentang budaya dan etnis asli di negeri-negeri itu, kebutuhan akan perbedaan segera terwujud. Ahli etnologi dan cendekiawan mulai menggambar klasifikasi berdasarkan profil masyarakat.

 

Indonesia dalam artikel ilmiah
Pencarian untuk menyebut kepulauan yang sangat jauh ini lebih merupakan upaya ilmiah yang keras daripada sentimentalitas yang sewenang-wenang. Tapi seperti anak yang baru lahir, upaya pertama kali dilakukan oleh negara lain yang didirikan sebelumnya. Selama beberapa dekade, para sarjana Eropa yang berbeda telah mencantumkan nama yang berbeda dalam makalah mereka, yang sebagian besar berkisar pada gagasan “Hindia” dan “pulau” dalam bahasa atau kata-kata yang berbeda.
Jadi antara “Insulinde” dari Douwes Dekker dan “Kepulauan India” yang jauh lebih harfiah seperti yang digunakan oleh beberapa orang, untuk sementara waktu tidak benar-benar ada konsensus tentang bagaimana surga tropis diketahui.

Setelah bolak-balik dengan nama yang berbeda, diyakini adalah George Samuel Windsor Earl, seorang etnolog Inggris, yang pertama kali menciptakan istilah ‘Indunesia’ dan memperkenalkannya ke dalam wacana ilmiah pada tahun 1850. ‘Indus’ berasal dari ‘Hindia’ sedangkan ‘nesia’ adalah bahasa Yunani untuk ‘kepulauan’ (nesos). Belakangan, James Richardson Logan, seorang sarjana Skotlandia, menggantikan ‘u’ di ‘Indonesia’ dengan ‘o’.

webinar umroh.com

Sejak itu, nama tersebut diadopsi oleh lebih banyak cendekiawan dan menjadi lebih umum, meskipun tanah itu sendiri dibagi dalam berbagai monarki dan etnis dan tidak disatukan oleh visi atau identitas yang sama.

 

Independensi dan identitas nasional Indonesia
Terlepas dari wacana ilmiah yang berkembang di Indonesia, selama era kolonial, Belanda bersikeras “Hindia Belanda” sebagai nama wilayah yang kaya rempah-rempah khatulistiwa di timur. Tetapi selama gerakan kemerdekaan awal sekitar tahun 1920-an, para sarjana Indonesia, yang sebagian besar telah memperoleh pendidikan mereka di luar negeri, menganjurkan merangkul nama ‘Indonesia’ untuk menggantikan label yang diberlakukan Belanda untuk tanah air mereka.

Penting untuk diingat bahwa sebelum ini, sebelum pedagang dan penjelajah asing menjejakkan kaki dan kemudian berkemah di kepulauan itu, wilayah yang sekarang menjadi Indonesia adalah rumah bagi ratusan kelompok etnis asli dengan sistem dan otoritas sosial mereka sendiri. Satu nama untuk mendefinisikan seluruh area tidak ada dan tidak perlu, dan konsep menyatukan semua kelompok tidak terpikirkan.

Tetapi sejak saat itu, nama itu telah menjadi identitas bagi negara yang sebelumnya terpisah, dipisahkan oleh ratusan etnis dan daerah yang berbeda. Para pemuda dari berbagai pulau dan kota mulai mendeklarasikan diri mereka sebagai pejuang demi kemerdekaan ‘Indonesia’ ini, sebuah wilayah konseptual dengan hanya satu kesamaan: penjajahan Belanda.

Organisasi regional digabung menjadi satu untuk ‘Indonesia’ dan wacana itu banyak berubah di kalangan penduduk setempat sendiri. Dan ketika kemerdekaan diperoleh dari Belanda pada tahun 1945, semua wilayah itu, terlepas dari perbedaan budaya dan etnisnya, menunjukkan kesetiaan pada identitas bersama dengan nama Indonesia.