1
Kuliner

Balah El Sham, Churros Ala Timur Tengah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Salah satu hidangan Timur Tengah yang klasik adalah Balah El Sham. Hidangan ini merupakan pastry manis yang konon berasal dari zaman kerajaan Ottoman. Telah dibuat secara turun temurun, Balah El Sham ini banyak ditemui di berbagai negara di wilayah Timur Tengah, utamanya bekas wilayah kerajaan Ottoman.

Mirip Churros, Namun Dihidangkan dengan Sirup Gula

Balah El Sham adalah adonan sus yang digoreng dalam minyak panas. Di Eropa, ada makanan yang mirip dengan Balah El Sham, yang disebut Churros. Jika Churros banyak disajikan bersama balutan gula kayu manis, Balah El Sham dihidangkan bersama siraman sirup guma.

Ada juga penjual yang membuat Balah El Sham yang dipotong, lalu di bagian tengahnya diberi isian whipped krim, cokelat, buah-buahan, kacang, atau pastry cream.

Comfort Food ala Timur Tengah, Cocok Dihidangkan Saat Berbuka

Balah El Sham merupakan salah satu comfort food di Timur Tengah. Rasanya yang manis, dengan tekstur garing dan adonan yang gurih, membuat siapapun yang menyantapnya merasa gembira.

Balah El Sham tentu sangat nikmat jika disajikan saat berbuka, ketika kita membutuhkan asupan energi yang instan. Yuk, kita coba membuat Balah El Sham untuk hidangan berbuka puasa.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat adonan sus adalah:

webinar umroh.com

– 240 gram tepung serbaguna

– 1/4 sendok teh garam

– 1,5 cangkir air

– 114 gram mentega tawar

– 5 butir telur yang besar

– 2 sendok teh ekstrak vanilla

– Minyak untuk menggoreng.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat sirup gulanya adalah :

– 2 cangkir gula halus

– 1 cangkir air

– 1/2 sendok teh perasan jeruk lemon

– 1/2 sendok teh ekstrak vanilla

Panaskan gula dan air hingga mendidih dengan api kecil sambil terus diaduk, lalu masukkan perasan lemon dan ekstrak vanilla. Rebus dengan api kecil hingga mengental, lalu sisihkan.

Langkah Membuat

  • Membuat Adonan Sus

Langkah pertama membuatnya adalah dengan merebus air dan mentega hingga mendidih. Setelah itu, masukkan tepung, lalu aduk hingga rata dan membentuk adonan yang kalis. Matikan apinya, lalu dinginkan adonan.

Setelah adonan dingin, masukkan vanilla ekstrak dan telur, lalu aduk rata. Kita bisa menggunakan tangan, atau menggunakan mixer. Setelah kita mendapat adonan yang lembut, masukkan adonan ke dalam plastik atau pastry bag. Gunting bagian ujungnya, lalu pasang cetakan kerucut dengan bentuk 16 sudut bintang. Cetakan ini akan menghasilkan Balah El Sham yang memiliki gerigi cantik di sisinya.

  • Perhatikan Ini Saat Menggoreng

Panaskan api, lalu ketika suhu minyak menjadi hangat, masukkan adonan sedikit demi sedikit untuk digoreng. Gunakan gunting untuk memotong adonan yang keluar dari cetakan. Kita bisa menggunting setiap adonan keluar sepanjang 6 cm, agar kita mendapatkan Balah El Sham yang imut dan rapi.

Perhatikan suhu minyak, ya. Hindari menggoreng adonan Balah El Sham dengan minyak yang terlalu panas. Minyak yang terlalu panas akan menghasilkan bentuk yang kurang cantik dan tidak rapi, dengan bagian luar yang terlalu keras. Sedangkan jika digoreng dengan minyak yang hangat, kita akan mendapatkan bentuk Balah El Sham yang rapi, dan menggelembung cantik, walaupun sudah diangkat dari penggorengan.

Setelah adonan berubah warna menjadi cokelat keemasan, segera angkat Balah El Sham, dan tiriskan. Selagi hangat, masukkan dalam sirup gula agar lebih meresap. Hidangkan di piring, dan Balah El Sham siap dinikmati.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.