1
News

Bandara Istanbul Memperkenalkan Pengecekan Paspor Otomatis

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Bandara Istanbul (Istanbul Airport) memperkenalkan sistem kontrol paspor yang terotomatisasi. Tujuannya adalah agar penumpang pesawat bisa melalui pemeriksaan lebih cepat. Sistem otomatis tersebut diinisiasi oleh Turkey’s General Directorate of Security dan İGA, pihak yang telah membangun dan mengoperasikan Bandara Istanbul selama 25 tahun.

Untuk Memudahkan Penumpang

Petugas di Bandara Istanbul sebelumnya telah menguji coba sistem tersebut. Sistem yang baru ini memungkinkan pengecekan paspor di bandara dilakukan sendiri oleh penumpang. Dalam sistem ini, para penumpang akan melalui verifikasi biometrik, dengan menggunakan wajah dan sidik jari. Prosesnya terbilang mudah dan nyaman bagi para penumpang.

Kepala Bagian Informasi İGA, Ersin İnankul menjelaskan kepada hurriyetdailynews.com bahwa Bandara Istanbul memang dirancang agar para penumpang bisa melakukan check-in sendiri (self check-in). Mereka bisa menaruh koper sendiri, dan melewati sistem pengecekan paspor sendiri. Sistem yang baru ini diharapkan akan semakin memudahkan penumpang.

Terdapat sekitar 30 counter pengecekan paspor otomatis di Bandara Istanbul yang baru. Para penumpang yang sudah berusia 18 tahun, atau bagi mereka yang merupakan warga negara Turki, bisa menggunakan sistem ini.

Ersin mengungkapkan bahwa penggunaan sistem ini sangat sederhana. Penumpang tidak perlu menunggu dalam antrian. Semua penumpang yang berusia di atas 18 tahun dan menggunakan paspor dengan chip bisa menggunakannya.

Penumpang datang ke Bandara Istanbul dengan membawa paspor, kemudian melakukan scan pada paspornya. Setelah itu, data biometrik berupa sidik jari dan wajah yang masuk akan dicocokkan dengan yang ada di paspor. Penumpang akan melengkapi prosedur pengecekan paspor ini dalam waktu 18 hingga 20 detik saja.

Bandara Baru yang Mulai Sibuk

Bandara Istanbul baru, yang dijuluki ‘The New Mega-Istanbul Airport’ ini, diperkirakan telah melayani 5,2 juta penumpang terhitung hingga Mei 2019. Jumlah tersebut menunjukkan adanya peningkatan sebesar 10,5 % dibanding empat bulan pertama di tahun 2019 ini. Pada periode Januari hingga April, Bandara Istanbul melayani 4,7 juta penumpang dan 29.492 pesawat. Jumlah pesawat yang dilayani oleh bandara meningkat 21% dibanding bulan sebelumnya.

Hampir 75% dari total penumpang dari bulan Januari hingga Juni tersebut merupakan penumpang penerbangan internasional, yang tercatat sebanyak 7,4 juta orang. Sementara penumpang penerbangan domestik adalah sebanyak 2,5 juta.

webinar umroh.com

Bandara Istanbul yang baru ini pertama kali membuka gelombang pertama pada musim gugur tahun lalu. Bandara ini mengambil alih penerbangan dari Bandara Atatürk. Rencananya, Bandara Istanbul bisa melayani dengan kapasitas penuh setelah melengkapi 4 fase dari total 6 runway yang ada di Bandara tersebut.

Proses tersebut diperkirakan selesai pada tahun 2028, dan Bandara Istanbul diperkirakan bisa melayani 200 juta penumpang. Nantinya, Bandara Istanbul diharapkan bisa melayani 100 maskapai dengan lebih dari 300 tujuan di seluruh dunia. Sebelumnya, bandara tersibuk di Turki adalah Bandara Atatürk. Di periode yang sama, Bandara Atatürk telah melayani 115.435 pesawat dengan 16 juta penumpang.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.