1
Travel

Bangunan Bersejarah dan Indah di Fujairah, Uni Emirat Arab

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Fujairah merupakan salah satu dari tujuh Emirat yang membentuk Uni Emirat Arab. Terletak di pesisir Timur Uni Emirat Arab, Fujairah merupakan kota industri yang modern. Letaknya dengan Emirat lain di Uni Emirat Arab terpisah oleh Pegunungan Hajar.

Walaupun tidak setenar Dubai atau Abu Dhabi, Fujairah memiliki banyak obyek wisata menarik, lho. Ada banyak bangunan bersejarah yang cantik dan indah di Fujairah ini. Beberapa di antaranya seperti di bawah ini.

Masjid Al Bidyah

Terletak 30 km di sebelah utara Kota Fujairah, Masjid Al Bidyah ini merupakan masjid tertua di Uni Emirat Arab. Nama masjid ini sendiri merupakan nama kota yang dulu menjadi lokasi berdirinya. Pada masanya ketika baru dibangun, Masjid Al Bidyah merupakan masjid yang paling canggih. Masjid Al Bidyah di Fujairah ini memiliki ruangan sholat yang dihiasi dengan  lengkungan lengkungan dan memiliki ventilasi terbuka, serta mihrab di bagian depannya.

Tidak ada bangunan di sekitar Masjid Al Bidyah, dan ini menunjukkan bahwa daerah tempat masjid ini berdiri memang sudah tidak dihuni sejak 4.000 tahun. Bahkan ada kuburan Islam di sebelah utaranya. Makam itu terdiri dari banyak makam yang berasal dari Zaman Besi, dengan berbagai macam artefak yang diduga berasal dari kira-kira tahun 1000 Sebelum Masehi.

Benteng Fujairah

Benteng Ini dibangun pada tahun 1670 dan sempat dihancurkan oleh serangan pasukan Inggris pada awal abad 20. Benteng Fujairah, yang merupakan benteng tertua di Uni Emirat Arab ini, dulu difungsikan sebagai bangunan pertahanan dan rumah bagi pemimpin setempat. Selama berabad-abad, Benteng Fujairah ini satu-satunya bangunan yang terbuat dari batu di sepanjang pesisir Fujairah.

Lingkungan sekitar benteng sekarang dijadikan sebagai Heritage Village yang digagas oleh Departemen of Department of Archaeology and Heritage dari Fujairah. Di sini, kita bisa melihat rumah-rumah kuno yang dibangun ulang, serta pameran yang menunjukkan kehidupan tradisional. Kita juga bisa melihat sistem irigasi Al Yazrah yang digunakan oleh petani Emirati sejak lama.

Museum Fujairah

Di sebelah selatan Benteng Fujairah, berdiri Museum Fujairah yang memiliki beragam koleksi benda bersejarah. Museum ini menghadirkan beberapa artefak dari Zaman Tembaga, yang ditemukan dari penggalian para arkeolog. Ada juga senjata-senjata yang digunakan di Zaman Tembaga dan Zaman Besi, gerabah-gerabah yang dilukis, batu-batuan berukir, serta koin koin perak dari zaman pra-Islam.

Salah satu koleksi yang paling berharga adalah mangkuk yang terbuat dari telur burung unta, yang diperkirakan berusia 2.200 tahun. Mangkuk ini ditemukan di Qidfa. Museum ini juga menghadirkan ruangan etnografi, yang menyajikan kehidupan tradisional masyarakat Emirati, serta kerajinan tangan yang dibuatnya.

webinar umroh.com

 Masjid Sheikh Zayed Fujairah

Di Fujairah juga ada Masjid Sheikh Zayed yang dibangun di atas lahan seluas tiga kali lapangan bola. Masjid ini memiliki 6 minaret setinggi 100 m. Ruangan sholatnya yang berukuran sangat besar ini bisa menampung 32 ribu jamaah. Bangunan berwarna putih ini menjadi salah satu landmark dari kota Fujairah, dan menjadi masjid terbesar kedua di Uni Emirat Arab setelah Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.