1
Kuliner

Batata Mahshieh, Kentang Berisi yang Sedap

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Orang-orang di Timur Tengah senang sekali menyantap sayuran yang diberi  bermacam-macam isian. Sayuran yang biasa diolah dengan cara tersebut adalah zucchini, terong, labu, kentang, tomat, daun anggur, dan bahkan timun. Hampir semua sayuran dengan tekstur yang padat bisa diolah dengan cara diisi.

Isi yang dimasukkan ke dalam sayuran tersebut juga beragam. Mulai dari nasi yang berbumbu, hingga daging cincang yang berbumbu. Jenis isian yang dimasukkan dalam sayuran dibuat sesuai dengan selera orang yang ingin menyantapnya.

Mereka yang vegetarian cenderung menyukai isi berupa nasi yang berbumbu. Sedangkan mereka yang menyukai daging akan mengisi sayuran yang dimasak dengan daging cincang. Ada juga yang senang menyantap sayur dengan isian nasi bercampur daging.

Bukan hanya diberi isian berupa daging atau nasi, sayur yang telah diisi tersebut juga akan dimasak dalam berbagai macam saus. Saus yang biasa digunakan adalah saus tomat atau saus tahini. Ada juga yang memasaknya dalam kaldu yang telah diberi bumbu dan air lemon. Sayuran berisi ini akan dimasak dengan perlahan, agar saus tersebut bisa meresap masuk ke dalam sayuran dan isiannya.

Cara masak tersebut membuat sayuran yang tadinya keras dan memiliki rasa hambar, menjadi lebih sedap. Tekstur sayuran dan isiannya akan jadi lebih lembut dan lebih gurih. Inilah yang membuat masakan Timur Tengah ini banyak digemari oleh keluarga di di sana.

Ide untuk membuat sayuran berisi ini bisa kita terapkan di rumah lho, tentu akan sangat bermanfaat bagi si kecil yang susah makan sayur, atau orang orang dewasa yang tidak begitu menyukai rasa sayuran.

Batata Mahshieh, Hidangan Kentang Berisi

Salah satu sayuran yang sering dimasak dengan cara diisi adalah kentang. Masakan ini disebut dengan Batata Mahshieh. Jika ingin membuat Batata Mahshieh, bahan dibutuhkan juga tidak sulit diperoleh. Kita hanya perlu menyediakan

webinar umroh.com
  • 1 sendok makan minyak zaitun
  • 1 buah bawang bombay yang telah dicincang
  • 300 gram daging cincang
  • garam dan merica untuk perasa
  • 1 sendok teh kayu manis
  • 1 sendok teh pala
  • 2 buah tomat yang telah diiris tipis dan
  • kentang secukupnya.

Untuk membuat sausnya, bahan yang dibutuhkan adalah:

  • 1 kg tomat
  • 2,5 cangkir air
  • 1 sendok teh garam untuk memberi rasa.

Langkah pertama untuk membuat kentang berisi adalah menyiapkan kentang. Bersihkan dan kupas kentang, kemudian lubangi bagian tengahnya. Usahakan saat melubangi kentang, kita tidak merusak dinding-dindingnya, sehingga isian tidak keluar. Kita bisa melubangi kentang dari atas atau mendatar di sepanjang badannya.

Untuk menyiapkan isian, pertama yang dilakukan adalah menumis bawang bombay dengan minyak zaitun hingga keluar aroma. Lalu masukkan daging cincang dan bumbui dengan garam, merica, kayu manis, serta pala. Setelah itu, sisihkan dan isikan ke dalam kentang.

Masak saus tomat dengan cara menghaluskan tomat, lalu memasaknya dengan dua setengah cangkir air dan garam. Setelah mendidih, atur kentang yang sudah diisi di dalam panci saus. Usahakan lubang menghadap ke atas agar tidak tumpah ke dalam saus. Masak perlahan dengan api kecil hingga kentang berubah warna dan tekstur. Saat matang, kentang berisi dan siap dinikmati.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.