1
Motivasi Muslim Lifestyle News

Beberapa Sifat Sahabat yang Wajib Diteladani (Part 4)

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

– Tashihun Niat

Arti dari kata tashihun niat sendiri adalah: Meluruskan suatu niat atau membenarkan niat atau membetulkan niat

 

Maksud dan Tujuan dari Tashihun Niat:

Membersihkan segala niat pada setiap amalan-amalan agar semata-mata hanya karena Allah SWT.

 

Keuntungan-Keuntungan:

Dari seorang sahabat berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: Sesungguhnya Allah tidak akan menerima amalan-amalan kecuali amalan-amalan yang ikhlas dan mencari ridho dari Allah SWT. (HR.Muslim).

 

Cara Mendapatkannya:

1.Sebarkan/dakwahkan pentingnya sifat ikhlas.

2.Belajar ketika sedang beramal periksa kembali niat-niat yang telah kita niatkan, sebelum beramal, sesudah beramal, dan bersihkan niat supaya semata-mata hanya karena Allah SWT.

webinar umroh.com

3.Berdoa kepada Allah SWT supaya dikasih hakikat ikhlas ketika beramal.

 

– Dakwah wa Tabligh 

Arti dari kata dakwah adalah: Mengajak

Arti dari kata Tabligh adalah: Menyampaikan.

 

Maksud dan tujuan dari kata Dakwah wa Tabligh:

1.Membenahi diri, yaitu bagaimana caranya supaya bisa menggunakan kekayaan harta, diri, dan waktu sebagaimana yang sudah diperintahkan oleh Allah SWT.

2.Menghidupkan amalan agama secara sempurna untuk diri sendiri dan semua manusia yang hidup di seluruh alam dengan menggunakan harta kekayaan sendiri, dan diri sendiri.

 

Keuntungan-Keuntungan:

1.Allah SWT berfirman didalam AL-Qur’an: Tidak ada yang lebih bagus perkataannya melibihi orang yang mengajak kepada kebaikan dan beramal sholeh dan ia berkata: Sesungguhnya saya adalah termasuk orang-orang yang berserah diri kepada Allah SWT (QS-Fushilat ayat ke 33).

2.Dari seorang sahabat yang bernama Abi Mas’ud R.A berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: Barang siapa yang menunjukan suatu kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala-pahala orang yang mengamalkannya (HR.Abu Daud).

3.Dari seorang sahabat yang bernama Annas R.A berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: Sunggu sepagi atau sepetang dijalan Allah maka itu lebih baik dari pada dunia beserta seluruh isinya (HR.Bukhari).

 

Cara Mendapatkannya:

1.Sebarkan/dakwahkan pentingnya sifat Dakwah wa Tabligh.

2.Belajar dengan keluar diajalan Allah dengan ikhal 4 bulan seumur hidup, 40 hati pada setiap tahunnya, 3 hari setiap bulan, dan 2,5 jam dalam kehidupan sehari-hari. Tingkatkan juga dengan cara bertahap yaitu menjadi 4 bulan setiap tahunnya, 10 hari setiap bulannya, dan 8 jam dalam kehidupan sehari-hari.

3.Berdoa kepada Allah SWT suapaya dikasih hakikat dakwan dan tabhligh yaitu menggunakan harta kekayaan kita, diri kita, waktu kita hanya untuk kepentingan agama.