1
Parenting Tips

Beginilah Jawaban Bijak Orang Tua Ketika Anak Bertanya Seputar Allah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sobat sekalian,
Mengajarkan tentang aqidah kepada anak sejak usia dini memang sangat diperlukan dan itu adalah tugas kita sebagai orang tua
Terutama mengenalkan tentang hakikat Allah SWT. kepada anak-anak. Namun, terkadang kita bingung untuk menerangkan agar kalimatnya mudah dicerna oleh anak-anak.

Terkadang anak-anak juga sering melontarkan pertanyaan kritis.

Bagaimana Cara menjawab pertanyaan2 mereka?

Allah itu siapa sih bun ?
Allah itu Ada dimana ?
Lantas kenapa Kita harus menyembah Allah ?

Nah, apabila para orang tua diberi pertanyaan seperti oleh anak kita yang usianya masih sangat dini dan kecil sekali, kira-kira gimana ya cara yang paling bijak untuk menjawabnya? Berikut adalah tips mengenai jawaban yang bisa kita berikan apabila anak kita yang usianya masih kecil sekali menanyakan hal-hal tersebut:

1. Allah itu Siapa?

Nak, Allah itu Yang Menciptakan segala-galanya. Langit, bumi, laut, sungai, batu, kucing, cicak, kodok, burung, semuanya, termasuk menciptakan nenek, kakek, ayah, ibu, juga kamu.

Semua itu ada karena ada yang menciptakan. Dan yang menciptakan semua itu adalah Allah.
.
2. Allah itu Ada dimana ?

webinar umroh.com

Nak, Allah itu bersemayam di Arsy. Allah dekat dengan kita. Allah itu selalu meliputi hati setiap orang yang saleh, termasuk di hati kamu, Sayang. Jadi, kekuasaan Allah selalu ada bersamamu di mana pun kamu berada.

Mari kita perhatikan firman Allah SWT:
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat.(Q.S. Al-Baqarah (2) : 186)

Allah sering lho bicara sama kita..misalnya, kalau kamu teringat untuk bantu bunda dan Ayah, tidak berantem sama kakak, adek atau teman, tidak malas belajar, tidak susah disuruh makan,..nah, itulah bisikan Allah untukmu, Sayang…

3. Kenapa Kita harus Menyembah Allah?

Nak, kita menyembah Allah sebagai wujud bersyukur karena Allah telah memberikan banyak kebaikan dan kemudahan buat kita.

Contohnya, Adek sekarang bisa bernapas menghirup udara bebas, gratis lagi.. kalau mesti bayar, ‘kan Ayah sama Bunda gak akan bisa bayar.

Di sungai banyak ikan yang bisa kita pancing untuk makan, atau untuk dijadikan ikan hias di akuarium. Semua untuk kesenangan kita

Kalau kamu tak nyembah Allah, kamu yang rugi, bukan Allah. Misalnya, kalau kamu gak nurut sama ibu-bapak guru di sekolah, Adek sendiri yang rugi, nilai Adek jadi jelek. Isi rapor jadi kebakaran semua. Ibu-bapak guru tetap saja guru, biar pun kamu dan teman-temanmu gak nurut sama mereka.

Mungkin demikianlah tips mengenai jawaban yang dapat kita berikan apabila anak kita yang usianya masih sangat kecil mengajukan beberapa pertanyaan seputaran Allah seperti contoh di atas.