1
Muslim Lifestyle

Inilah Posisi Sholat Berjamaah saat Makmumnya Banyak

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Sholat merupakan tiang agama bagi setiap umat muslim di seluruh dunia, untuk itu barang siapa yang mendirikannya maka sesungguhnya dia telah mendirikan agama (islam) dan sebaliknya jika dia tidak melaksanakan sholat maka sesunggungnya dia telah merobohkan agamannya (islam).

Sholat terbagi menjadi sholat sendirian dan sholat berjamaah. Sholat sendirian merupakan aktivitas sholat yang dilakukan sendirian sedangkan sholat berjamaah atau sholatul jamaah merupakan suatu aktivitas sholat yang dilakukan secara berjamaah, yang minimal terdiri dari satu makmum dan satu imam.

Baca juga: Penuh Pahala, Ini Keutamaan Sholat Berjamaah

Keutamaan Menjalankan Sholat Berjamaah

Dengan menjalankan sholat berjamaah kita akan mendapat keutamaan yang luar biasa. Beberapa keutamaan yang dapat kita peroleh diantaranya yaitu :

1. Mendapatkan pahala lebih besar

Umroh.com merangkum, sholat berjamaah lebih utama dari pada sendirian, jadi sangat amat disayangkan jika Anda melewatkan sholat berjamaah untuk melakukan sholat sendirian, karena pahala yang kita dapat luar biasa yaitu 27 kali lipat dibanding sholat sendirian. Untuk itu sangat di sayangkan jika anda melewatkannya, namun jika memang tidak sempat berjamaah, sholat sendiri pun akan tetap sah.

2. Allah SWT menjanjikan surga

Rasulullah SAW bersabda bahwa ada tiga golongan yang semuanya di jamin oleh Allah SWT masuk surge, diantaranya yaitu : orang yang keluar untuk berperang di jalan Allah SWT, maka di jamin baginya surga, selanjutnya orang yang pergi ke masjid, maka dijamin pula surge baginya, dan mengembalikannya dengan membawa pahala, dan yang terakhir yaitu orang yang masuk rumahnya dengan mengucapkan salam, maka ia akan dijamin surganya Allah SWT.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

3. Allah SWT akan meninggikan derajat

Bagi orang-orang yang menunaikah ibadah sholat berjamaah di masjid, maka Allah SWT menjanjikan kenaikan deajat dan juga menghapus dosa yang telah dilakukan semasa hidup. Sesuai dengan hadist riwayat muslim yang berbunyi : “Menyempurnakan wudhu pada saat yang tidak disukai, banyak melangkah ke masjid-masjid dan menunggu sholat setelah melaksanakan sholat. Maka, itulah ar-tibath (berjuang di jalan Allah SWT)”. (HR. Muslim).

Yuk jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Bagaimana Posisi Sholat Saat Makmumnya Banyak?

Sebelum kita bahas mengenai posisi sholat ketika berjamaah dengan makmum yang banyak, penulis akan jelaskan kembali bahwa sholat jamaah terdiri dari imam dan makmum. Imam adalah seseorang yang memimpin sholat berjamaah dan makmum adalah mereka yang mengikuti sholat di belakang imam. Lalu bagaimana posisi sholat yang benar jika makmumnya banyak?

webinar umroh.com

 Jika dalam sholat berjamaah dengan makmunya yang banyak maka bagi pria jika shaf sholat bagian terdepan sudah terisi penuh, baru anda boleh mengisi shaf di belakangnya dan seperti itu seterusnya. Sedangkan untuk jamaah wanita dimulai dari barisan shaf paling belakang, jika shaf bagian belakang sudah terisi penuh barulah Anda boleh mengisi shaf di depannya dan seterusnya.

Namun selain memperhatikan posisi shaf ketika sholat kita juga perlu memperhatikan posisi sholat berjamaah yang baik dan juga benar yaitu pundak dengan pundak rapat, telapak kaki dan telapak kaki rapat, ketika melihat celah atau renggang ketika sholat berjamaah berlangsung maka segeralah perbaiki shafnya kembali, karena jika tidak rapat shafnya akan membuka kemungkinan setan dapat masuk melalui celah celah tersebut.

Hal tersebut posisi kita sholat saat jamaahnya banyak, namun jika suatu hari Anda ingn sholat berjamaah tetapi hanya dua orang maka posisinya yaitu jika keduanya laki-laki ataupun perempuan maka posisinya sejajar dan makmum terletak di samping kanan imam. Tumit kakinya tidak boleh mendahului tumit kaki imam, karena dalam sholat jamaah, posisi imam harus di depan makmum. Akan tetapi jika datang makmum baru maka makmum baru tersebut berdiri di belakang imam, dan kemudia makmum yang berada di sebelah imam mundur dan berdiri di dekat makmum yang  baru.

Sesuai dengan hadist yang berbunyi : “Rasulullah SAW berdiri untuk sholat. Saya datang sembari berdiri di sebelah kirinya. Beliau lalu menarik tanganku dan dibawanya berputar hingga saya berada di sebelah kananya. Kemudian datang jabir bin shakhar dan berdiri di sebelah kiri Rasulullah SAW, maka tangan kami pun di tarik oleh beliau hingga berdiri tepat di belakangnya”. (HR. Muslim dan Abu Daud)

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Sudah mengerti dan paham bukan, bagaimana posisi sholat berjamaah yang baik dan benar, apalagi jika makmumnya banyak. Dan yang terpenting pahala yang kita peroleh bisa lebih banyak daripada sholat sendirian. Yuk mulai sekarang Anda bisa biasakan untuk datang ke masjid melakukan sholat berjamaah. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua.