1
Motivasi Parenting Tips

Beginilah Tips Dalam Mendidik Anak Lelaki

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Anak perempuan dan laki-laki memang memiliki beberapa perbedaan dari dalam karakter yang ada pada dirinya. Meski pun dalam beberapa hal kita tidak boleh mendiskriminasi antara anak laki-laki dan perempuan, namun tetap saja ada beberapa hal yang justru memang tidak bisa disamakan di antara mereka.

Untuk itulah ada juga beberapa hal yang harus kita perlakukan secara berbeda antara saat kita memperlakukan anak laki-laki dengan saat kita memperlakukan anak perempuan. Poin ini tentu saja menjadi penting agar kita bisa memperlakukan dan mendidik secara maksimal anak laki-laki atau pun perempuan.

Secara kodrat, memang terdapat beberapa hal yang berbeda dan tidak bisa disamakan antara anak laki-laki dan perempuan. Untuk itulah akan menjadi poin yang begitu penting sekali bagi orang tua untuk dapat mengetahui hal ini. Dimana hal ini juga bisa membawa dampak dan efek yang luar biasa bagi tumbuh kembangnya anak kita kelak.

Dan khusus untuk anak laki-laki, terdapat beberapa tips yang mungkin para orang tua bisa lakukan dalam mendidik mereka. Simak tips-tips berikut:

💗💗Tips Mendidik Anak Laki-Laki💗💗

1.Tumbuhkan Jiwa Kepemimpinan dalam dirinya
Laki-laki merupakan pemimpin. Seperti dalam QS. An-Nisaa’: 34 “Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita).” Sejak usia dini, sebaiknya Ayah Bunda selalu menanamkan jiwa kepemimpinan bagi anak laki-lakinya.

Contohnya, bisa dengan Membacakan kisah teladan nabi atau sahabat-sahabat nabi serta bisa menumbuhkannya lewat permainan olahraga seperti memanah, berenang, berkuda, serta permainan lainnya.

2. Biarkan Anak untuk Bisa Mengekspresikan Perasaannya

webinar umroh.com

Jangan larang anak laki-laki untuk menangis. Karena biasaya larangan tersebut selalu ditujukan pada mereka.

Biarkan Ia mengekspresikannya selama tidak berlebihan. jika anak sudah tenang, Anda bisa menjelaskan perasaan yang dirasakannya (Marah, sedih, senang, dan lain sebagainya).

3. Jangan Patahkan Semangatnya

Anak laki-laki dikenal sebagai anak super aktif seperti memanjat, lari, dan sebagainya. Seolah-olah energy yang dimilikinya tidak habis. Biarkan anak melakukan itu semua dengan tetap ada pengawasan dari Ayah Bunda. Bila mereka terjatuh dan terluka akan membuat pembelajaran bagi mereka tentang sebuah resiko yang diambil dari sebuah tindakan.

4. Berikan Sentuhan Fisik Sesering Mungkin

Bila anak laki-laki sudah besar, cenderung akan malu bila dipeluk atau dicium Ayah Bunda. Hal tersebut bukan berarti tidak perlu. Tetapi, Peluklah Ia ketika sedang berada di rumah dan tidak banyak orang.

5. To The Point Bila Memberikan Nasihat

Karena anak Laki-laki sering kesulitan mencerna sebuah perkataan yang panjang. Maka, ketika Ayah Bunda akan menasehatinya sebaiknya langsung to the point dan langsung berikan solusi terbaiknya.

Itulah beberapa tips yang mungkin berguna untuk para orang tua yang memiliki anak lelaki agar dapat mendidik anak lelakinya secara maksimal. Selamat mencoba!