1
Kesehatan Tips

Ingin Melakukan Bekam? Kenali Taksiran Biaya Untuk Bekam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Bekam merupakan salah satu cara pengobatan yang dapat digunakan. Bekam telah lama digunakan. Bekam atau yang disebut juga sebagai hijamah merupakan teknik pengobatan dengan cara hisap baik dengan mengeluarkan darah kotor ataupun tidak. Bekam dapat dilakuan di rumah dengan bantuan ahli terapis. Pengobatan bekam sebelumnya dilakukan dengan menggunakan cupping set sebelum ditemukannya alat bekam modern. Hampir semua belahan bumi seperti Afrika, Cina, wilayah Arab dan sebagainya menggunakan metode ini untuk pengobatan. Pengobatan bekam dilakukan untuk mengatasi kelelahan, manjaga kesehatan dan mengobati penyakit tertentu.

Saat ini telah terdapat alat bekam modern. Harga bekam sangatlah bervariasi. Harga bekam dengan menggunakan alat bekam premium sammora 19 pc yaitu Rp. 387.500/set. Harga bekam tersebut sesuai dengan perlengkapan bekam yang disediakan yaitu 1 buah pompa vacum, 19 buah cup dengan berbagai ukuran dan 1 buah selang serta dilengkapi dengan buku petunjuk. Selain itu, terdapat pula harga bekam Rp. 525.000/set. Harga bekam tersebut untuk alat bekam premium sammora 30 pc. Perbedaan alat bekam tersebut hanya terdapat pada banyaknya jumlah cup. Pada alat bekam sammora 19 pc terdapat 19 cup sedangkan alat bekam sammora 30 pc terdapat 30 cup.

Dalam melakukan bekam pada umumnya terdapat beberapa peralatan bekam yang digunakan yaitu:

  • Sarung tangan
  • Jarum bekam
  • Cup/gelas bekam
  • Pompa vacum
  • Povidon iodin
  • Tisu atau kapas
  • Selang jika dibutuhkan

Pada umumnya terdapat dua jenis bekam yaitu bekam kering dan bekam basah. Dalam melakukan bekam basah dilakukan beberapa cara sebagai berikut:

  1. Persiapkan alat bekam yang akan digunakan, pastikan alat bekam tersebut telah dilakukan sterilisasi terlebih dahulu.
  2. Gunakan sarung tangan untuk memulai melakukan pembekaman.
  3. Bersihkan area yang akan dibekam dengan menggunakan povidon iodin terlebih dahulu.
  4. Kemudian gunakan jarum lancet atau jarum bekam untuk menusuk bagian luar kulit, jumlah tusukan sesuai dengan diameter cup.
  5. Lakukan penghisapan dengan menggunakan cup dan pompa vacum.
  6. Setelah dihisap menggunakan pompa vacum, biarkan selama 5 menit dan biarkan darah kotor keluar.
  7. Setelah itu, lepas cup dan bersihkan dengan menggunakan kapas atau tisu.
  8. Setelah pembekaman selesai, bersihkan kembali alat bekam yang digunakan dan lakukan sterilisasi kemudian simpan di wadah tertutup.

Untuk bekam kering, dilakukan dengan cara menghisap permukaan kulit dan memijat tempat sekitarnya tanpa mengeluarkan darah kotor. Bekam kering diyakini untuk melegakan sakit secara darurat atau digunakan untuk meringankan kenyerian urat-urat punggung karena sakit rheumatik juga penyakit-penyakit penyebab sakit punggung.

Dalam melakukan pembekaman terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut:

  • Pastikan terapis bekam selalu menggunakan sarung tangan sekali pakai.
  • Pastikan alat bekam dalam keadaan steril dan hanya satu kali digunakan untuk satu pasien saja. Jika akan digunakan kembali untuk orang lain harus dilakukan sterilisasi terlebih dahulu.
  • Pastikan peralatan lainnya seperti jarum atau pisau bekam yang digunakan juga dalam keadaan steril dan hanya digunakan satu kali untuk satu orang pasien.
  • Setelah selesai dibekam pada luka terbuka bekas jarum atau pisau bekam harus ditutup atau diobati menggunakan antiseptic.
  • Apabila sudah selesai proses bekam pastikan sarung tangan, jarum, kapas, darah dan semua peralatan bekas harus dibuang ditempat sampah dengan aman.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penularan penyakit akibat pertukaran darah secara tidak sengaja seperti hepatitis, HIV dan sebagainya serta menghindari pasien bekam dari resiko terkena infeksi.