1
Kesehatan Parenting

Berikut Jadwal Imunisasi Rekomendasi IDAI

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Imunisasi merupakan salah satu upaya prefentif terhadap penyakit melalui pemberian vaksin. Imunisasi memberikan antibodi dengan virus tertentu pada tubuh anak. Efek imunisasi bukan hanya akan didapat saat kecil saja melainkan dapat bermanfaat hingga seumur hidup. Imunisasi memang tidak memberikan kekebalan hingga 100% namun efeknya baik untuk imunitas tubuh.

Anak merupakan generasi penerus yang nantinya akan menggantikan orang dewasa sekarang. Maka dari itu perlu persiapan untuk mencetak generasi yang berkualitas, salah satunya generasi yang sehat. Penyakit yang jarang kita kenal sekarang seperti Polio, Meningitis, dan penyakit yang parah hingga menyebabkan kelumpuhan atau meninggal sempat mewabah di Indonesia dulu kala serta penyakit lainnya. Adanya imunisasi penyebaran virus tersebut dapat ditekan karena tercipta herd immunity.

Bayi sangat rentan dengan penyakit berbahaya yang mematikan, maka pemberian vaksin sangat dianjurkan untuk diberikan sejak anak baru lahir. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) selalu melakukan update untuk jadwal imunisasasi anak setiap beberapa tahun. Bila anak dalam keadaan sehat sebaiknya diberikan vaksin sesuai dengan jadwal. Kalau Bunda bingung dengan jadwal imunisasi, Bunda dapat mencatat jadwal imunisasi berikut ini:

 

Jadwal Imunisasi Anak Rekomendasi IDAI Tahun 2017

 

a. Lahir

Hepatitis B-1

webinar umroh.com

Polio-0 (dalam rentang 0-1 bulan)

BCG (dalam rentang 0-2 bulan)

 

b. 2 Bulan

Hepatitis B-2

Polio-1

DPT-1

Hib-1

PCV-1

Rotavirus-1

 

c. 3 Bulan

Hepatitis B-3

Polio-2

DPT-2

Hib-2

 

d. 4 Bulan

Hepatitis B-4

Polio-3

DPT-3

Hib-3

PCV-2

Rotavirus-2

 

e. 6 Bulan

PCV-3

Rotavirus-3 (untuk Rotavirus pentavalen)

Influenza (diulang setiap 1 tahun)

 

f. 9 Bulan

MR-1

 

g. 12 Bulan

PCV-4 (dalam rentang usia 12-15 bulan)

Japanese Encephalitis (untuk yang tinggal atau ingin berpergian ke daerah endemis)

Varisela (dalam rentang usia 12 bulan hingga 18 bulan)

 

Semua vaksin tersebut rekomendasi dari IDAI. Pemerintah juga telah memberikan subsidi bagi beberapa vaksin seperti BCG, Hepatitis B, Polio, DPT, dan MR sehingga lebih murah dan dikenal pula sebagai imunisasi wajib. Dikatakan wajib karena tidak mahal sehingga setiap anak diwajibkan untuk menerima vaksin tersebut. Namun juga terdapat vaksin yang belum disubsidi pemerintah seperti PCV, Rotavirus, JE, dll. Jika memang ada rejeki sebaiknya berikan vaksin anak selengkapnya sebagai investasi kesehatan si Kecil.