1
Motivasi

Bersemangatlah. Ini 5 Hikmah dari Sakit

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sakit adalah sebuah kondisi yang akan dialami oleh setiap manusia. Kepala pusing, perut yang tidak nyaman, tubuh yang terasa lemas, belum lagi beragam obat dan suntikan dari dokter. Dalam rasa sakit, ada rasa tidak nyaman yang kemudian membuat kita harus bertahan menghadapinya.

Tahukah kamu, bahwa sesungguhnya ada banyak hikmah dibalik sakit yang Allah berikan? Ketika kita mengetahuinya, kita akan sadar bahwa sakit sebenarnya adalah bentuk kasih sayang Allah. Berikut ini adalah hikmah dari sakit yang kita alami.

  1. Belajar Sabar

Saat kita sakit, Allah sedang memberikan kesempatan untuk belajar sabar. Sabar menghadapi rasa sakit, sekaligus sabar dalam ikhtiar mencari kesembuhan. Dengan sabar itu sendiri, kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Selain itu, kita juga akan menerima pahala yang besar ketika berhasil untuk sabar. Sebagaimana yang Allah firmankan dalam Al Qur’an dalam surat Az Zumar ayat 10, “..hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala tanpa batas..”. Saat kamu sakit, ingatlah juga bahwa Allah bersama dengan orang-orang yang sabar.

  1. Ingat Bersyukur

Ketika kita merasakan sakit pada tubuh, tentunya kita akan mengingat bagaimana nikmatnya kesehatan yang pernah diberikan pada Allah. Inilah yang kemudian menjadi salah satu hikmah dari sakit. Dengan sakit yang kita rasakan, kita bisa berjanji pada diri sendiri, bahwa kelak kita akan lebih bersyukur dengan nikmat sehat yang telah Allah berikan.

Sebagaimana sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari, bahwa “dua nikmat yang membuat manusia banyak terperdaya olehnya adalah nikmat sehat dan waktu luang”. Ketika kita menemukan penawar untuk rasa sakit, kita juga akan merasakan rasa syukur yang besar kepada Allah SWT.

  1. Memberi Kesempatan Introspeksi

Sakit membuat kita tidak bisa beraktivitas seperti biasanya. Saat inilah yang kemudian membuat kita memiliki kesempatan untuk introspeksi. Kita jadi memiliki kesempatan untuk bertanya pada diri sendiri, kesalahan apa yang telah kita lakukan sehingga Allah memberi kita rasa sakit.

Dengan rasa sakit yang ada pada tubuh, kita jadi lebih mudah untuk menyesali dan memohon ampun kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Karena itulah sakit bisa membuat hati seseorang menjadi lebih lembut.

webinar umroh.com
  1. Menghapus Dosa

Rasa sakit yang dirasakan seseorang sebenarnya merupakan sebuah keuntungan. Pada saat sakit, Allah sedang memberikan kesempatan untuk menghapus dosa-dosa kita. Sebagaimana hadis Rasulullah yang diriwayatkan oleh Muslim, yaitu “tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit yang terus menerus, kepayahan, penyakit, dan juga kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengannya dosa-dosanya”.

Bersyukurlah Allah masih memberi kesempatan bagi kita untuk menghapus dosa di dunia. Dengan begitu, kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

  1. Kesempatan untuk Berdoa

Sakit yang kita rasakan berasal dari Allah. Karena itu, hanya Allah-lah yang bisa menyembuhkannya. Dalam rasa sakit, Allah memberikan kita kesempatan untuk bermunajat hanya kepadaNya. Inilah yang kemudian membuat kita menjadi semakin dekat kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.