1
Kuliner

Blue Java Banana, Pisang Biru dengan Tekstur Unik

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Pisang adalah buah yang dikenal dengan teksturnya yang lembut, serta rasanya yang manis. Akan tetapi, ternyata ada pisang yang memiliki kelebihan lainnya, yaitu memiliki rasa dan tekstur serupa es krim vanila. Inilah yang menyebabkan pisang tersebut dijuluki dengan pisang es krim.

Memiliki Tekstur Daging Buah Seperti Krim

Pisang es krim tersebut merupakan Blue Java Banana. Pisang ini merupakan varian pisang yang memiliki tekstur seperti krim dan rasanya yang unik menyerupai krim vanila.

Daging buah ini juga berwarna putih, sehingga semakin mirip dengan es krim vanila. Inilah yang membuat Blue Java Banana memiliki julukan pisang es krim. Pisang ini memiliki bentuk yang gemuk dan bisa tumbuh hingga sepanjang 7 inchi.

Kulitnya Berwarna Biru

Seperti namanya, Blue Java Banana, pisang ini memiliki kulit berwarna biru saat matang. Tidak seperti pisang lainnya yang memiliki warna kuning ketika sudah matang. Saat belum matang, warna pisang ini adalah biru kehijauan.

Jenis pisang ini hanya bisa tumbuh di kawasan Hawai, Asia Tenggara, dan Amerika Tengah. Untuk tumbuh dengan baik, pisang biru ini harus tumbuh di tempat yang memiliki iklim tropis namun memiliki suhu yang sejuk.

Berasal dari Asia Tenggara, Namun Lazim Dikonsumsi di Hawai

webinar umroh.com

Pisang ini aslinya berasal dari Asia Tenggara, namun sangat lazim dikonsumsi di Kepulauan Hawaii. Di Hawaii sendiri, pisang Blue Java Banana ini disebut dengan pisang es krim. Sedangkan di Fiji, disebut dengan pisang Hawaii. Di Filipina, pisang biru ini disebut dengan nama Krie. Sedangkan di Amerika Tengah, Blue Java Banana disebut dengan nama Cenizo.

Keunikan pisang ini membuat Blue Java Banana dijual bijinya seharga 4,73 dolar atau Rp 67.000 di Amazon.

Pertama Kali Masuk Hawai Tahun 1920

Blue Java Banana sendiri pertama kali ditanam oleh petani Hawai di tahun 1920. Dijelaskan oleh Ken love, direktur dari Hawai Tropical Fruit Growers, bahwa ada lebih dari 100 jenis pisang yang tumbuh di Hawaii. Masing-masing pisang memiliki cita rasa yang berbeda-beda.

Sedangkan Blue Java Banana sendiri merupakan jenis pisang genom ABB.  Genom ABB merupakan pisang dengan karakteristik memiliki satu bagian gula dan dua bagian pati. Dalam pisang Blue Java Banana, kandungan Pati diubah menjadi gula ketika sudah matang. Inilah yang membuat tekstur Blue Java Banana menjadi unik dan sangat lembut.

Dinikmati dengan Beragam Cara

Banyak orang yang menjadikan Blue Java Banana sebagai topping saat membuat roti bakar. Banyak juga yang menggunakannya sebagai pengganti es krim untuk camilan sehat. Selain dimakan mentah, banyak juga yang mengolah Blue Java Banana atau pisang es krim ini dengan cara digoreng atau dipanggang.

Enak dan Sehat

Walaupun memiliki rasa yang manis, Blue Java Banana ternyata bisa menormalkan kadar gula dalam darah. Itu karena Blue Java Banana ini memiliki kandungan pektin atau semacam serat dan kandungan Pati. Kedua bahan ini bisa menormalkan kadar gula dalam darah setelah makan, dan membantu mengurangi nafsu makan. Blue Java Banana ini juga ternyata memiliki kadar glikemik indeks yang rendah. Inilah yang membuatnya tidak serta merta menaikkan kadar gula dalam darah seseorang.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.