1
Kuliner

Bosan dengan Nasi? Yuk, Coba Freekeh

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Freekeh adalah makanan pokok tradisional yang banyak digunakan di Timur Tengah Freekeh adalah gandum yang telah lama digunakan oleh masyarakat di daerah Mediterania dan Afrika Utara selama berabad-abad. Biji gandum ini dibuat dari biji gandum durum yang dipanggang. Untuk membuat freekeh, gandum durum dipanen saat masih muda dan berwarna hijau.

Gandum durum yang masih muda dipanggang di atas api hingga kulitnya terkelupas. Kulit yang terkelupas itu kemudian menampakkan bagian dalam biji gandum yang banyak dikonsumsi sebagai Freekeh.

Dua Jenis Freekeh

Ada dua jenis freekeh, yaitu freekeh utuh, dan yang sudah terbelah. Freekeh yang masih utuh membutuhkan waktu lama untuk dimasak. Dibutuhkan waktu sekitar 45 menit agar freekeh yang utuh bisa matang sempurna. Sedangkan freekeh yang sudah terbelah hanya membutuhkan waktu 20 menit untuk matang.

Gurih dan Enak

Freekeh yang sudah matang memiliki tekstur yang padat dan kenyal. Ada aroma asap yang sedap, dengan citarasa yang gurih seperti kacang. Freekeh akan tetap terasa gurih walaupun kamu tidak memasaknya dengan garam atau memasaknya dalam kaldu ayam, lho.

Sumber Karbohidrat

Freekeh menjadi salah satu bahan yang memberikan asupan karbohidrat. Freekeh biasanya digunakan sebagai pengganti biji gandum atau farro. Freekeh biasa dimasak dan disajikan bersama hidangan lauk lainnya. Misalnya ayam, daging, atau sayuran.

Kaya Serat dan Sehat

Selain karbohidrat, banyak kandungan sehat di dalam freekeh. Freekeh dikenal tinggi serat dan rendah lemak, jadi bisa menjadi pilihan buat kamu yang sedang diet. Kadar glikemik indeks di dalam Freekeh juga relatif rendah. Selain itu, Freekeh juga mengandung protein. Tidak heran kita akan merasa kenyang lebih lama jika mengkonsumsi freekeh. Ada juga kandungan zink, serta potassium,  selenium, dan magnesium. Komplit sehatnya.

Cocok Dimasak dan Dihidangkan Bersama Sup

Freekeh sangat cocok dihidangkan bersama sup yang bening atau sup dengan konsistensi yang kental. Salah satu sup yang terbuat dari freekeh adalah Shorabet Freekeh. Sup ini adalah hidangan klasik dari Palestina. Tekstur sup ini kental dan berwarna putih karena dibuat dengan yoghurt. Rasanya yang gurih dari kaldu ayam membuat Shorabet Freekeh sangat cocok dihidangkan selagi hangat.

Bahan Utama dari Beragam Menu

Selain digunakan sebagai makanan pokok, freekeh ternyata bisa dikreasikan menjadi beragam menu. Citarasa freekeh membuatnya cocok digunakan dalam hidangan manis atau gurih. Misalnya dicampur ke dalam masakan sayuran atau salad, disajikan sebagai cemilan untuk appetizer, hingga digunakan sebagai bahan dasar membuat cookies. Tekstur freekeh yang padat dan rasanya yang gurih membuatnya cocok digunakan sebagai bahan utama berbagai hidangan.

webinar umroh.com
Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.