1
Kesehatan News

Bosan dengan Teh Biasa? Coba 6 Jenis Teh Sehat Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Teh adalah minuman yang banyak diminum oleh orang Indonesia. Selain teh yang terbuat dari daun yang selama ini kita kenal, ada juga teh yang terbuat dari tanaman lain. Mulai dari bunga, hingga daun-daun beraroma wangi.

Jika kamu bosan dengan teh yang selama ini kamu minum, coba deh, membuat teh dari 6 bahan di bawah ini. Selain unik, teh-teh di bawah ini mengandung banyak manfaat bagi kesehatan, lho. Jadi selain bisa menjadi teman ngobrol, teh-teh di bawah ini bisa membantumu mengatasi masalah kesehatan. Coba, yuk.

  1. Chamomile untuk Efek Menenangkan

Teh Chamomile terbuat dari bunga chamomile kering yang diseduh. Chamomile memang salah satu bunga yang banyak digunakan dalam pengobatan herbal. Teh ini disebut teh yang memiliki efek menenangkan karena mengandung minyak yang bisa melemaskan otot-otot. Otot-otot yang banyak terbantu misalnya otot di siku, dan otot perut. Karena itu, manfaat lain dari teh chamomile adalah untuk melancarkan pencernaan.

Jika kamu ingin membuat teh chamomile sendiri, seduh satu sendok makan bunga chamomile dengan secangkir air mendidih. Minum ketika kamu merasa ketegangan di otot-otot tubuh.

  1. Lemon Balm untuk Menyegarkan Pikiran

Daun beraroma sitrus ini juga banyak digunakan sebagai bahan pengobatan herbal. Selain untuk obat, Lemon Balm juga digunakan sebagai salah satu daun untuk membuat saus pesto.

Jika diseduh, Lemon Balm akan membuat kita merasa mengantuk, sehingga memudahkan untuk beristirahat saat kita merasakan kecemasan.

Gunakan satu sendok makan daun Lemon Balm untuk secangkir minuman hangat ini. Minum teh ini saat kamu membutuhkannya.

  1. Thyme untuk Melegakan Pernafasan

Membuat minuman dari seduhan daun thyme bisa membuat nafas jadi lebih lega. Jika kamu mengalami sesak nafas, batuk, atau flu, teh daun thyme membantu meregangkan otot-otot di saluran pernafasan.

webinar umroh.com

Seduh dua sendok teh thyme kering dengan secangkir air panas. Setelah meminumnya, gunakan untuk tidur minimal selama lima menit. Untuk penyembuhan, minum teh thyme sehari tiga kali.

  1. Teh Peppermint untuk Melancarkan Pencernaan

Daun pepermint mengandung senyawa mentol yang mampu melancarkan sistem pencernaan di perut. Senyawa ini membantu mengeluarkan gas yang menyebabkan mual dan muntah.

Jika kamu merasa perutmu tidak nyaman, siapkan satu sendok makan daun mint, lalu seduh dengan secangkir air panas.

  1. Teh Rosemary untuk Meringankan Sakit Kepala

Rutinitas sehari-hari membuat kita penat dan pusing. Jika kamu merasa stres dan pusing, minumlah seduhan daun rosemary untuk meredakannya. Senyawa dalam daun rosemary membantu melonggarkan pembuluh darah. Dengan begitu, sakit di kepala jadi reda.

Saat kamu mulai merasakan kepala yang berat, seduh satu sendok teh daun rosemary dengan secangkir air panas, ya.

  1. Sage untuk Tidur Lebih Nyenyak

Jika kamu sulit tidur di malam hari, coba konsumsi teh sage. Daun ini akan membantu tidurmu lebih nyenyak dan membantu mengurangi keringat berlebih di malam hari. Dengan begitu, kualitas tidurmu jadi lebih meningkat.

Untuk membuat teh sage, siapkan 4 sendok makan daunnya, lalu seduh dengan secangkir air mendidih. Tutup selama empat jam, lalu saring untuk menikmati air tehnya.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.