1
Kesehatan

Buah-Buahan Yang Baik Dikonsumsi Penderita Penyakit Jantung

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan tiak dapat diketahui kapan datangnya. Sebagaimana yang dijelaskan dalam artikel sebelumnya  tentang bahayanya penyakita jantung, oleh sebab itu, lebih baik bagi kita untuk mencegah terjadinya penyakit jantung tersebut dengan cara pola hidup sehat dan mengkonsumsi buah-buahan yang dapat mencegah penyakit jantung.  Lalu, buah-buahan apa saja yang memiliki khasiat untuk mencegah penyakit jantung?. Jawabannya akan dibahas pada pembahasan dibawah ini.

Buah-buahan yang dapat mencegah penyakit jantung

  1. Anggur
    Salah satu buah yang dapat mencegah terjadinya penyakit jantung yaitu buah anggur. Buah anggur terutama anggur merah dan ungu banyak mengandung flavonoid dan resveratrol yang dapat meningkatkan kesehatan sel-sel yang melapisi pembuluh darah.
  2. Jeruk
    Buah jeruk merupakan buah-buahan yang memiliki khasiat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung. Buah jeruk tersebut banyak mengandung hesperidin dan vitamin C yang dapat menurunkan tekanan darah diastolik dan meningkatkan fungsi endotel (dinding pembuluh darah).
  3. Apel
    Selain karena rasanya yang enak, buah apel dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dikarenakan banyak mengandung fitonutrien (fitokimia) dan pectin yang bertindak sebagai antioksidan dan berfungsi menurunkan kolesterol jahat (LDL).
  4. Delima
    Buah delima memiliki kandungan polifenol yang sangat bermanfaat untuk jantung salah satu manfaatnya yaitu untuk mencegah dan menurunkan arterosklerosis (penebalan dinding arteri), mengontrol kolesterol dengan mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik). Maka dari itu buah delima dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung.
  5. Kiwi
    Buah yang memiliki manfaat untuk mencegah penyakit jantung selanjutnya yaitu kiwi. Buah kiwi banyak mengandung vitamin C yang sangat baik sebagai antioksidan dan meningkatkan elastisitas dan kekuatan pembuluh darah.
  6. Blewah
    Blewah termasuk juga ke dalam buah yang memiliki kegunaan untuk mencegah penyakit jantung. Blewah memiliki kandungan beta-karoten, vitamin C dan vitamin B kompleks yang bertindak sebagai antioksidan dan antikoagulan (pengencer darah), serta mencegah atherosclerosis(pembentukan plak di dinding arteri yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner) dan hipertensi (tekanan darah tinggi).
  7. Stroberi
    Buah yang dapat dikonsumsi untuk mencegah terjadinya penyakit jantung yang berikutnya yaitu buah stroberi. Buah stroberi kaya akan kalium, magnesium dan vitamin C yang dapat mengatur tekanan darah, bertindak sebagai antioksidan dan membantu dalam relaksasi otot arteri.
  8. Alpukat
    Buah alpukat juga memiliki manfaat untuk mencegah penyakit jantung karena buah tersebut mengandung kalium dan natrium yang dapat mengontrol ketegangan di arteri dan kolesterol.

Buah-buahan yang telah dijelaskan diatas sangatlah baik untuk dikonsumsi sebagai upaya untuk pencegahan penyakit jantung. Selain dengan mengkonsumsi buah-buahan tersebut, hal yang tentunya harus dilakukan yaitu dengan melakukan olahraga secara teratur, menghindari faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung seperti merokok, tekanan darah tinggi, kadar gula darah tinggi dan lain-lain.