1
News

Canaan Fair Trade, Oasis Petani Palestina

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sebuah perusahaan di United Kingdom bernama Lush UK bekerjasama dengan para petani Palestina. Lush adalah perusahaan yang memproduksi kosmetik alami di UK. Pada Februari 2019 lalu, perusahaan ini pertama kali mengunggah sebuah video tentang Palestina. Mereka menceritakan tentang kesulitan yang dialami oleh para petani di Palestina. Kesulitan tersebut merupakan dampak dari dikuasainya tepi barat Palestina.

Kesulitan Air di Palestina

Seorang petani menceritakan bahwa semua petani di Palestina kesulitan karena kekurangan air. Penyebabnya adalah karena pihak Israel mengendalikan semua pasukan air. Mulai dari air tanah, air di permukaan, hingga sumber air panas. Karena itulah air menjadi permasalahan utama di Palestina.

Sumber Air yang Dibatasi

Dilansir dari AJ Plus, Israel memang menguasai beberapa sumber air di Palestina. Air tersebut diambil kemudian dijual kembali kepada warga Palestina dengan harga yang tinggi. Mereka juga mengalirkan pasokan air yang lebih banyak ke wilayah Israel dan membatasi aliran air ke desa-desa yang berada di Palestina.

Kerjasama dengan Canaan Fair Trade

Melihat masalah yang dihadapi oleh warga Palestina ini, Lush UK kemudian berjasama langsung dengan pusat perdagangan Canaan atau Canaan Fair trade untuk menggunakan produk-produk petani Palestina dalam produk-produknya.

Canaan Fair Trade Didirikan untuk Membantu Petani Palestina

Canaan Fair Trade sendiri didirikan oleh Nasser Abufarha di tahun 2004. Tujuannya adalah untuk membangun pasar bagi produk petani Palestina, seperti zaitun, almond, dan gandum. Dengan begitu, Abufarha berharap produk agrikultur Palestina bisa dilestarikan.

Abufarha, sebagai pendiri Canaan Fair Trade, prihatin karena para petani di Palestina kesulitan mendapatkan pasar bagi minyak zaitun yang dihasilkannya. Akibatnya, banyak zaitun yang dibuang dan tidak dipetik saat masa panen. Abufarha melihat hal ini sebagai ancaman bagi keamanan pangan dan kelestarian minyak zaitun.

Memasok Produk Petani kepada Brand Ternama

Lush sendiri telah membeli minyak almond dari Canaan sejak tahun 2014. Minyak almond memang memiliki banyak manfaat bagi kulit. Rutin menggunakan minyak almond bisa membuat kulit jadi lebih lembut dan mencegah jerawat.

Canaan juga mensuplai produk petani petani Palestina ke produsen di Amerika, seperti produsen es krim Ben & Jerry’s, produsen sabun Dr. Bronner’s Soap dan jaringan supermarket Whole Foods.

webinar umroh.com

Kehidupan Petani Palestina Terbantu

Keberadaan Canaan Fair Trade ini membuat para petani Palestina bisa merasa sebagai bagian dari dunia. Batasan yang diterapkan akibat dari konflik yang ada di negaranya tidak membuat mereka berhenti memproduksi produk berkualitas untuk dunia. Abufarha sendiri berharap semakin banyak permintaan terhadap produk-produk dari petani Palestina.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.