1
Kesehatan

Ingin Sembuh dari Penyakit Asam Urat? Berikut Cara Alami yang Dapat Ditempuh

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Penyakit asam urat merupakan sebuah penyakit yang banyak di derita oleh sebagian orang-orang di seluruh dunia. Salah satu gejala dari penyakit asam urat yaitu nyeri sendi, akan tetapi nyeri sendi tersebut bisa saja bukanlah penyakit asam urat maka dari itu sangat penting untuk memeriksakan diri untuk memastikannya. Penyakit asam urat terjadi akibat terdapatnya kandungan purin yang terdapat dalam tubuh melebihi batas normal. Purin yaitu merupakan suatu zat yang berasal dari mahluk hidup yang terdapat di dalam bahan makanan.

Salah satu penyebab dari terjadinya penyakit asam urat tersebut dikarenakan terdapatnya purin yang melebihi batas normal. Hal tersebut terjadi karena pada umumnya di dalam tubuh manusia telah terdapat 85 persen purin untuk kebutuhan hidup sehari-hari, jadi tubuh hanya membutuhkan 15 persen purin lagi untuk memenuhi kebutuhan  tubuhnya. Namun, dalam pemenuhan purin tersebut biasanya tidak diperhatikan akan jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh maka dari itu terjadilah kelebihan purin yang dapat menyebabkan penyakit asam urat. Maka dari itu untuk menghindari penyakit asam urat salah satu hal yang harus dilakukan adalah dengan mengatur atau lebih mengawasi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Cara Alami/Herbal untuk Mengatasi Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang dapat disembuhkan. Salah satu cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit asam urat yaitu sebagai berikut:

 

  1. Mengurangi makanan yang tinggi akan zat purin

Cara alami yang pertama kali dilakukan yaitu dengan mengurangi mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan purin yang tinggi misalnya, jeroan, seafood (udang, cumi, ekpiting dan lain-lain), ekstrak daging (abon, dendeng), makanan yang sudah dikalengkan dan sebagainya.

 

  1. Memperbanyak mengkonsumsi makanan basa

Cara alami yang lainnya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang bersifat basa. Menurut Dr. Theodore A dalam bukunya yang berjudul “Alkalinize Or Die” mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang bersifat basa (buah-buahan, sayuran segar, serta biji-bijian rendah lemak) dapat menetralkan asam tubuh (darah dan urin), dan hal tersebut akan membantu mempermudah ginjal dalam mengeluarkan asam urat.

webinar umroh.com

 

  1. Perbanyak minum air putih

Cara alami selanjutnya yang dapat dilakukan yaitu dengan memperbanyak minum air putih. Tujuannya untuk mengencerkan urin sehingga dapat menghambat proses terbentuknya asam urat berlebih. Karena pengkristalan asam urat akan mudah terbentuk jika kekurangan cairan. Selain itu, minum air juga dapat memperbaiki fungsi ginjal dan mempermudah ginjal untuk membuang/megeluarkan zat asam urat yang dihasilkan oleh zat purin. Maka dari itu minumlah air putih minimal 8 – 10 gelas per hari.

 

  1. Mengkonsumsi buah cerry

Buah cerry dapat membantu darah dan urin dalam mengimbangi sifat keasamannya. Selain itu, buah cerry juga kaya akan nutrisi dan kalium, sehingga dapat mengatasi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh asam urat. Maka dari itu cerry dapat digunakan sebagai cara alami mengatasi penyakit asam urat.

 

  1. Konsumsi buah lemon

Lemon dapat digunakan untuk merangsang tubuh dalam memproduksi kalsium kabonat yang berfungsi untuk menetralkan asam urat. Maka dari lemon juga dapat digunakan sebagai cara alami untuk mengatasi penyakit asam urat.

 

  1. Perbanyak konsumsi vitamin c

Cara alami yang berikutnya yaitu dengan mengkonsumsi vitamin C. Vitamin C dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu dengan mengkonsumi500-300mg vitamin C setiap hari dapat dilakukan sebagai langkah pencegahan.