1
Travel

Cari Oleh-Oleh yang Otentik? Ambil Souvenir yang Hanya Ada di Turki Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Setiap wisatawan tentu ingin membeli barang-barang unik dan otentik yang hanya akan mereka temukan di tempat yang mereka kunjungi. Sama halnya ketika berkunjung ke Turki, kita tentu ingin membawa pulang oleh-oleh yang otentik dan tidak akan ditemui di tempat lain.

Souvenir Turki memang banyak dijual di beberapa tempat di negara lain, namun ada barang-barang yang hanya bisa kamu temukan di Turki. Sebagai panduan saat membeli oleh-oleh di Turki, di bawah ini adalah benda-benda, makanan, atau souvenir, yang hanya akan kamu temukan di Turki.

Ubin Keramik Iznik

Menjelajah Turki dan mengunjungi masjid-masjid di sana, kita akan memperhatikan bahwa bangunan masjid di Turki memiliki dinding dengan ubin bercorak indah. Biasanya, ubin tersebut memiliki warna yang dominan gelap, serta bernuansa biru dan tosca. Ubin-ubin tersebut merupakan ubin keramik iznik.

Ubin iznik sudah ada sejak zaman kerajaan Ottoman. Menyimpan beberapa buah keramik dengan corak iznik ini akan membuat kita teringat dengan keindahan masjid-masjid di Turki. Salah satu lokasi untuk membeli keramik-keramik Iznik adalah di sekitar Grand Bazaar Turki.

Bilgeoğlu Baklava

Baklava adalah hidangan pastry yang diisi kacang pistachio, dan dihidangkan dengan siraman gula. Hidangan ini memang populer di seantero Timur Tengah. Akan tetapi, ada satu jenis baklava yang otentik dan hanya bisa ditemukan di Turki, yaitu Bilgeoğlu Baklava.

Bilgeoğlu Baklava ini memiliki isian kacang pistachio dari Gaziantep. Selain itu, baklava ini juga menggunakan mentega yang hanya bisa ditemukan di Istanbul, di wilayah Benua Asia. Bilgeoğlu Baklava ini banyak dibuat dan dijual dalam nampan-nampan besar, karena cita rasanya memang enak dan otentik sehingga banyak orang mencarinya.

Kain-Kain dari Tulu

Tulu adalah toko yang menjual barang-barang berwarna-warni. Di toko ini, kita bisa melihat berbagai macam kain dengan beragam motif. Mulai dari motif bunga-bunga yang cerah, motif bunga yang lembut, hingga kain untuk kimono dan piyama. Tulu merupakan tempat yang cocok bagi kamu yang menyukai kerajinan tangan.

Kopi Turki

Namanya saja kopi Turki, tentunya kita akan menemukannya hanya di Turki. Lalu apa yang membedakan kopi Turki dengan kopi lain yang ada di dataran Timur Tengah?

webinar umroh.com

Kopi Turki memiliki metode memasak yang cukup unik. Ada yang dipanaskan dengan menggunakan kayu bakar, ada juga yang dimasak dengan cara membenamkan gelas pada pasir yang sangat panas. Cara ini akan memberikan konsistensi kekentalan kopi yang berbeda dibandingkan dengan kopi lainnya.

Peralatan Hamam

Hamam merupakan pemandian air panas tradisional di Turki. Biasanya, Hamam menjual beberapa produk khas, seperti handuk khusus Hamam atau yang bisa disebut dengan peshtemal. Handuk peshtemal ini ini dibuat dengan campuran sutra mentah, linen, dan katun. Juga ada sabun dari minyak zaitun yang dibuat secara khusus atau handmade.

Turkish Delight

Turkish delight memang banyak ditemukan di beberapa daerah atau negara lainnya. Namun yang paling otentik tetap hanya bisa ditemukan di Turki, tepatnya di Hacı. Di sana, ada toko kuno yang telah buka dari tahun 1777. Mereka mendisplay Turkish Delight dagangannya dengan menarik, dan akan membuat kita merasa seperti ada di Turki masa lalu. Ada beragam jenis turkish delight yang dijual. Cita rasanya dijamin lezat dan otentik.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.