1
Kuliner

Cicipi Hidangan Mezze, Appetizer ala Yordania

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Saat berwisata di tempat yang baru, kita pasti ingin mencoba segala hal menarik di tempat tersebut. Lokasi yang indah, karakter warga, serta keragaman kulinernya. Salah satu hal yang paling menarik tentu makanan di daerah tersebut. Dari sebuah hidangan di daerah tertentu, kita bisa melihat dan mempelajari kebudayaan yang ada di daerah tersebut.

Sama halnya saat kita berkunjung ke negara lain. Kita tentu ingin melihat sisi lain dari negara tersebut dengan mencicipi hidangan yang belum pernah kita makan. Misalnya saat kita berkunjung ke negara Timur Tengah, seperti Yordania, kita bisa melihat kebudayaan negara tersebut dengan mencicipi hidangannya. Negara yang terkenal dengan kota tua Petra ini memiliki ragam kuliner yang unik. Dari hidangan pembuka hingga penutup, kita bisa melihat bahwa hidangannya mirip dengan hidangan Emirat lainnya. Akan tetapi, ada komponen yang unik yang membedakan hidangan Yordania dengan hidangan Timur Tengah lainnya.

Di Yordania, sebelum menyantap makanan berat, kita akan dihidangkan makanan Mezze. Mezze adalah hidangan dengan porsi kecil yang disajikan di awal waktu makan. Kata “Mezze” berasal dari bahasa Persia yang artinya “mencicipi”. Biasanya, hidangan Mezze berupa makanan yang terbuat dari sayur-sayuran atau buah-buahan. Menyantap Mezze sebelum melahap hidangan utama bisa memberikan nafsu makan yang lebih, lho. Di bawah ini adalah ragam hidangan Mezze khas Yordania.

Fattoush

Irisan sayuran, seperti tomat, timun dan lobak, yang disantap bersama roti pita. Kombinasi roti yang sedikit crispy dengan sayuran yang lembut memberikan citarasa yang unik.

Tabbouleh

Hidangan tradisional Timur Tengah yang dibuat dari bulgur (sejenis sereal gandum), tomat, daun bawang, dan dicampur dengan minyak zaitun, air lemon, dan garam sebagai bumbunya.

Hummus

webinar umroh.com

Saus lembut yang terbuat dari tahini, minyak zaitun, air lemon, garam dan bawang putih. Hummus biasanya dihidangkan dengan roti pipih atau falafel.

Falafel

Kacang Arab atau chickpea yang dihaluskan dan dibentuk bulat lalu digoreng. Hidangan ini banyak ditemui di dataran Timur Tengah lainnya. Kepopuleran falafel bahkan sampai ke Amerika. Warga Amerika menganggap falafel bisa menjadi pengganti patty dalam burger atau sandwich.

Falafel ala Yordania biasanya dibuat dengan ukuran lebih kecil dibandingkan dengan daerah lain. Falafel dapat dinikmati sebagai isi sandwich atau dimakan langsung dan dicocol dengan hummus.

Kibbeh / Kubbeh

Hidangan ini adalah campuran dari bulgur (sejenis sereal gandum), bawang bombay, daging cincang, dan bumbu-bumbu. Kibbeh versi Yordania biasanya berbentuk kroket yang direbus di Jameed atau yoghurt kering. Varian lain dari Kibbeh adalah Kubbeh Nayyeh. Jika Kubbeh dbuat dari daging cincang yang sudah matang, Kubbeh Nayyeh menggunakan daging yang masih mentah. Kubbeh Nayyeh biasa dinikmati dengan saus yoghurt dan bawang putih.

Rocket Salad

Daun Rucola atau daun rocket di Yordania berukuran lebih besar dibanding dengan di negara lain. Salad daun rocket biasanya disajikan dengan dressing minyak zaitun dan air lemon.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.