1
Kuliner

Cicipi Nikmatnya Kibbeh, Pai Daging Ala Timur Tengah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Kibbeh adalah hidangan dari daerah Timur Tengah. Kibbeh dibuat dari gandum bulghur, bawang bombay, serta daging daging yang biasa digunakan adalah daging domba, sapi, kambing, unta, atau ayam yang digiling. Nama Kibbeh berasal dari bahasa arab “kubbah” yang artinya bola. Nama ini memang sesuai dengan bentuk Kibbeh yang disajikan sebagai appetizer. Bola-bola Kibbeh yang gurih menjadi makanan kegemaran anak-anak di Timur Tengah.

Bisa Disajikan dalam Dua Cara

Kibbeh bisa disajikan dengan gaya casserole (dimasak porsi besar dengan dipanggang di pinggan) atau gaya appetizer (dibentuk lonjong lalu digoreng hingga garing di luar). Sekilas, Kibbeh dalam bentuk appetizer mirip dengan kroket, dan Kibbeh dengan gaya casserole mirip dengan shepherd’s pie (pai daging dengan kentang tumbuk) ala Amerika.

Perbedaan Kibbeh dengan shepherd’s pie adalah Kibbeh mengandung gandum bulghur, sedangkan shepherd’s pie menggunakan kentang. Kibbeh juga dibumbui dengan rempah Timur Tengah yang khas. Di Lebanon, Kibbeh dibuat dari ayam, ikan, bahkan labu untuk versi vegetarian.

Hidangan Keluarga Ala Timur Tengah

Kibbeh juga nikmat dinikmati sebagai hidangan utama di perjamuan makan keluarga Timur Tengah. Disajikan dengan gaya casserole, siapapun tidak bisa menolak lapisan gandum bulghur yang berpadu dengan daging berbumbu. Lapisan gandum bulghur biasanya diisi dengan daging cincang, bawang bombay, dan kacang pinus.

Mudah Dipraktekkan di Rumah

Membuat Kibbeh terbilang sederhana. Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah tiga cangkir gandum bulghur, daging domba dan sapi yang sudah dicincang, bawang bombay yang dihaluskan dan dicincang, bawang putih, kayu manis, rempah-rempah all spice (bubuk rempah yang merupakan campuran dari kayumanis, cengkeh, dan pala), serta garam, merica, minyak, dan kacang pinus jika ada.

Untuk memasak gandum, kita hanya perlu memasak tiga cangkir air hingga mendidih, lalu siramkan di atas tiga cangkir gandum. Diamkan selama 30 menit. Selagi menunggu, kita bisa membuat isian daging domba untuk Kibbeh. Caranya adalah memanaskan minyak lalu tumis daging hingga kecoklatan. Masukkan bawang putih dan bawang bombay, tumis lagi hingga bawang bombay berwarna cokelat dan mengeluarkan karamel. Masukkan kacang pinus, aduk sebentar, lalu sisihkan.

Tiriskan gandum dan peras semua air yang ada dengan handuk. Lalu haluskan dengan food processor. Haluskan juga daging sapi cincang untuk variasi isian. Letakkan daging sapi yang sudah halus di dalam mangkuk, lalu masukkan bawang bombay halus, garam, merica, rempah all spice, dan bubuk katu manis. Aduk rata dengan tangan.

Cara Membuat Kibbeh Versi Casserole

Untuk membuat versi casserole, ratakan separuh bagian  gandum dalam pinggan yang sudah diolesi dengan mentega. Lalu masukkan adonan daging hingga rata. Masukan daging domba cincang yang sudah dibumbui sebelumnya, ratakan. Tutup isian dengan sisa adonan gandum, lalu oleskan minyak zaitun di bagian atasnya. Panggang selama 40 menit hingga matang dan bagian atas berwarna kecoklatan.

webinar umroh.com

Asyiknya Membuat Kibbeh Versi Appetizer

Kibbeh dengan versi appetizer lebih membutuhkan kesabaran dalam membuatnya. Kita harus membuat bola-bola Kibbeh satu per satu. Ratakan adonan gandum, lalu masukkan adonan daging sapi yang halus dan daging domba cincang. Tutup hingga berbentuk lonjong, lalu goreng hingga kecoklatan.

Lezatnya Kibbeh pasti membuat siapa saja ketagihan. Kalau kamu, suka versi Casserole atau Appetizer?

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.