1
Kesehatan

Dapatkan Hidup Berkualitas dengan 5 Manfaat Digital Detox

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Teknologi yang semakin canggih memang mempermudah kehidupan kita. Adanya smartphone membuat kita jadi lebih mudah mengakses informasi dan terhubung dengan orang-orang  yang jauh.

Sayangnya, hadirnya gadget seringkali membuat kita kecanduan dan akhirnya menimbulkan interaksi yang tidak sehat. Kita jadi lebih sering terpaku pada gadget dibandingkan memperhatikan diri sendiri dan orang-orang disekitar. Karena itu, kita perlu melakukan Digital Detox.

Digital Detox adalah tindakan menghindari semua kegiatan yang berhubungan dengan gadget dan dunia digital. Saat ini, media barat sering mengkampanyekan Digital Detox untuk memperbaiki kehidupan sosial.

Tidak ada salahnya jika kita ikut serta dalam kampanye Digital Detox, karena memiliki beberapa manfaat. Digital Detox membantumu mensetting ulang (re-set) tubuh dan pikiran, sehingga membuat lebih sadar untuk mengamati hal-hal yang terjadi di sekitarmu.

Berikut ini adalah manfaat Digital Detox.

  1. Bisa Mengistirahatkan Pikiran

Media sosial dan pesan instan menghadirkan banyak informasi. Tidak heran jika kita akhirnya merasa lebih mudah penat saat menjalani aktivitas sehari-hari. Itu karena ada banyak distraksi dari informasi-informasi yang masuk ke dalam pikiran, sehingga membuat kerja otak jadi lebih berat. Lakukan Digital Detox untuk membersihkan pikiran, sekaligus memberikan kesempatan bagi pikiranmu untuk beristirahat

  1. Lebih Mengenal Diri Sendiri

Banyaknya informasi dan distraksi dari media sosial membuat kita kehilangan kesempatan untuk berkomunikasi dengan diri sendiri. Kita jadi lebih sibuk dengan hal-hal yang ada di luar diri (misalnya info terkini, update  dari teman-teman, dan sebagiannya) dibandingkan dengan kondisi di dalam diri.

Mengenali diri sendiri dan memenuhi kebutuhan diri sangat penting untuk menjaga kesehatan mental kita.  Dengan melakukan Digital Detox, kita jadi memiliki banyak waktu untuk diri sendiri. Berikan perhatian pada diri sendiri. Gunakan waktu tersebut untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan, misalnya membaca buku, berjalan-jalan di alam, beribadah dengan khusyuk dan sebagainya.

webinar umroh.com
  1. Melatih Otot

Terlalu banyak terpaku pada gadget membuat kita melakukan posisi yang sama setiap hari. Menunduk dan menatap layar gadget selama berjam-jam. Jika dilakukan dalam jangka waktu lama, ini akan membuat otot jadi lemah. Tidak heran kamu jadi mudah merasakan sakit pada punggung, serta pegal-pegal.

Ketika kamu melakukan Digital Detox, kamu jadi memiliki banyak waktu untuk melakukan lebih banyak kegiatan. Perbanyaklah aktivitas yang memerlukan gerak tubuh, misalnya melakukan hobi dan berolahraga.

  1. Habiskan Waktu dengan Keluarga dan Teman

Terlalu terpaku pada gadget membuatmu lupa untuk memperhatikan orang-orang di sekitarmu. Kamu jadi lebih tahu tentang update dari orang-orang yang berada jauh, dibandingkan kondisi terkini dari keluarga dan teman yang ada di dekatmu.

Segera lakukan Digital Detox dan berikan perhatian lebih kepada orang-orang yang setiap hari kamu temui. Perhatikan kondisi mereka dan lakukan kegiatan yang bisa membuat mereka bahagia. Misalnya kita bisa mengajak keluarga berjalan-jalan, atau membantu tetangga yang kesulitan, mengunjungi teman lama, dan sebagainya.

  1. Memperoleh Tidur yang Berkualitas

Ada banyak dari kita yang terbiasa memegang gadget sebelum tidur. Scrolling tanpa henti di media sosial membuat kita tidur larut malam. Belum lagi cahaya dari layar gadget yang terlalu terang dan akhirnya membuat kita jadi sulit tidur nyenyak. Digital Detox akan membantumu mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.