1
Kesehatan

Daun Salam, Daun Yang Dapat Mengobati Asam Urat, Kolesterol dan Stroke

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Asam urat dan kolesterol tinggi merupakan sebuah penyakit yang sekarang ini tidak hanya diderita oleh orang lanjut usia saja akan tetapi, penyakit ini dapat juga menyerang orang yang masih muda yang berusia 30 tahun-an. Penyakit asam urat pada umumnya disebabkan karena tingginya kadar asam urat di dalam tubuh, hal tersebut diakibatkan karena asupan makanan yang tidak terkontrol. Asam urat disebabkan karena terdapatnya senyawa purin, purin merupakan senyawa seperti protein yang pada umumnya terdapat di dalam bahan makanan yang kita makan. Jika asupan makanan yang kita makan mengandung kadar purin yang tinggi dan tidak terkontrol, hal tersebut dapat menyebabkan tingginya kadar purin di dalam tubuh dan menyebabkan penyakit asam urat.

Penyakit asam urat dan kolseterol tinggi merupakan penyakit yang dapat disembuhkan. Terdapat beberapa cara untuk mengatasi penyakit tersebut, salah satu caranya yaitu dengan menggunakan obat tradisional asam urat dan kolesterol. Obat tradisional asam urat dan kolesterol merupakan obat yang pada umumnya digunakan untuk mengatasi asam urat dan kolesterol tinggi. Obat tradisional asam urat dan kolesterol tersebut dipercaya tidak memiliki efek samping yang berbahaya bagi tubuh manusia sehingga obat tersebut lebih banyak digunakan. Salah satu obat tradisional asam urat dan kolesterol yaitu dengan menggunakan daun salam (Syzygium polyanthum).

Daun salam(Syzygium polyanthum) merupakan tanaman yang dapat digunakan sebagai obat tradisional asam urat dan kolesterol. Tanaman tersebut terkenal sebagai bumbu dapur, namun selain sebagai bumbu dapaur, tanaman tersebut dapat dugunkan untuk mengatasi asam urat, stroke, kolesterol tinggi, melancarkan peredaran darah, radang lambung, diare, gatal-gatal, kencing manis, dan lain-lain. Daun salam mempunyai kandungan minyak atsiri, tannin, dan flavonoida. Bagian pohon yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah daun, kulit batang, akar, dan buah.

Untuk membuat obat tradisional asam urat dan kolesterol, hal yang harus dilakukan yaitu pertama siapkan 10 lembar daun salam, kemudian daun salam tersebut direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.

Selain untuk mengatasi asam urat dan kolesterol, daun salam juga dapat digunakan untuk mengatasi stroke. Caranya yaitu dengan menggunakan 10 lembar daun salam dan 50 gram jantung pisang dibuat masakan sesuai selera lalu dimakan. Bagi penderita kolesterol tinggi, untuk mengatasinya yaitu dengan cara menggunakan 7 lembar daun salam dan 30 gram daun ceremai direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian airnya diminum secara teratur. Untuk melancarkan peredaran darah, caraanya yaitu dengan 7 lembar daun salam dan 30 gram daun dewa segar direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 350 cc. Kemudian ramuan tersebut disaring dan diminum sebanyak dua kali sehari. untuk mengatasi radang lambung dapat dengan menggunakan 30 gram daun salam, 30 gram sambiloto kering, dan gula batu secukupnya. Kemudiab bahan tersebut direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian airnya diminum dua kali sehari. Lakukan secara teratur. Untuk obat diare, 7 lembar daun salam direbus dengan 200 cc air selama 15 menit, tambahkan garam secukupnya. Setelah dingin disaring lalu airnya diminum.

Daun salam merupakan tanaman yang memiliki khasiat yang dapat digunakan untuk mengatasi beberapa penyakit. Seperti yang telah dijelaskan diatas, daun salam dapat digunakan sebagai alternatif obat untuk mengatasi asam urat, kolesterol tinggi dan lain-lain.