1
Kesehatan

Diabetes Pada Anak

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Selama beberapa tahun belakang ini, penyakit diabetes mellitus merupakan penyakit yang sudah tidak asing lagi didengar oleh telinga kita, karena setiap tahunnya pasti terdapat seseorang yang mengidap penyakit tersebut. di Amerika Serikat saja penyakit diabetes mellitus merupakan sebuah penyakit yang menduduki posisi ke enam sebagai penyakit yang menyebabkan kematian. Lalu, apakah diabetes mellitus itu?

Diabetes mellitus merupakan penyakit yang terjadi karena tingginya kadar gula darah dalam tubuh. bukan hanya orang dewasa yang dapat mengidap penyakit tersebut akan tetapi anak-anak juga dapat mengalaminya. Sehingga pada pembahasan dibawah ini akan difokuskan pada diabetes mellitus pada anak-anak.

Seperti yang telah kita ketahui diabetes mellitus di bagi menjadi 2 tipe yaitu diabetes mellitus tipe 1 dan diabetes mellitus tipe 2. Diabetes mellitus tipe 1 terjadi karena ketidakmampuan pankreas untuk menghasilkan hormon insulin atau pankreas hanya menghasilkan sedikit insulin dan pada diabetes tipe ini terjadi autoimun yaitu suatu kondisi yang terjadi dimana sistem kekebalan tubuh akan menyerang sel yang memproduksi insulin. Pada diabetes tipe ini banyak diderita oleh anak-anak. Selain itu jika tidak terdeteksi sejak dini dan karena terpengaruh lingkungan dan gaya hidup yang tidak sehat akan menyebabkan peningkatan yaitu menjadi diabetes mellitus tipe 2.

Maka dari itu sangatlah penting untuk mengetahui gejala terkena diabetes sedini mungikin. Gejala tersebut antara lain :

Sering merasa lapar

Pada anak-anak yang mengalami diabetes mellitus akan mudah sekali merasa lapar, hal itu dikarenakan tidak terdapatnya insulin untuk mengalirkan gula di dalam tubuh sehingga proses ini akan menghbaiskan banyak energi sehingga mereka akan mudah sekali merasa lapar.

Sering merasa haus dan sering buang air kecil

Selain mudah merasa lapar, seorang anak yang mengalami diabetes mellitus juga akan mudah sekali merasa haus. Hal tersebut terjadi karena tingginya kadar gula darah dalam tubuh dan terjadi juga poliuria, yaitu kondisi dimana terjadinya peningkatan produksi urin sehingga menyebabkan seringnya buang air kecil. Karena seringnya buang air kecil yang menyebabkan cairan dalam tubuh menjadi berkurang, hal tersebut akan menyebabkan seorang anak mudah merasa haus.

Penurunan berat badan

Meskipun anak tersebut sering makan, namun anak-anak yang menderita diabetes mellitus akan mengalami penurunan berat badan secara drastis. Hal tersebut terjadi karena tubuh kekurangan sumber energi yang biasanya dihasilkan dari glukosa sehingga tubuh akan mencari energi alternatif dengan memecah sel-sel lemak dan protein dalam tubuh untuk diproses dijadikan sebagai energi.

Infeksi ragi

Gejala diabetes juga dapat menyebabkan infeksi organ vital pada anak-anak terutama pada anak perempuan. Hal ini juga yang dapat menyebabkan ruam popok.

webinar umroh.com

Masalah perilaku

Biasanya seorang anak yang mengalami diabetes mellitus akan mengalami perubahan perilaku menjadi labil dan mudah merasa jengkel.

Masalah penglihatan

Karena kadar gula darah yanga terdapat dalam tubuh tinggi, hal tersebut dapat menyebabkan cairan di dalam mata mereka menjadi tinggi pula. Sehingga hal tersbut akan menyebakan penglihatan mereka menjadi berkurang.

Mudah merasa lelah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, seorang penderita diabetes akan mengalami gangguan dalam proses perubahan glukosa menjadi energi, sehingga energi yang dihasilkan tidak cukup dan dapat menyebabkan mereka menjadi mudah merasa lelah.

Oleh karena itu jika anak anda mengalami gejala-gejala yang telah dijelaskan diatas, segeralah untuk lakukan pemeriksaan ke dokter untuk menghindari gejala yang lebih parah lagi.