play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Travel

Fakta Negara Pakistan yang Sedikit Orang Tahu

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Pakistan merupakan sebuah negara yang berada di bagian Asia Selatan dengan menempati peringkat ke-6 negara dengan penduduk terdapat di dunia. Dengan nama lengkap Republik Islam Pakistan ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 201 juta lebih yang tinggal disana. Dan 96,4 persen penduduk Pakistan beragama islam. Masih banyak lagi fakta negara Pakistan yang belum banyak orang lain tahu.

Pakistan yang memiliki luas wilayah sebesar 796,095 km2 ini berbatasan dengan Afghanistan dan Iran di sebelah Barat, sedangkan di sebelah Timurnya berbatasan dengan India. Secara astronomis, Pakistan berada diantara 20 LU – 37 LU dan 66 BT – 75 BT.  Berkat lokasinya yang dikelilingi oleh banyak negara membuat banyak pengaruh budaya sehingga Paskitan menjadi lebih beragam dari satu sisi.

Baca juga : Seru! Begini Suasana Perayaan Maulid Nabi di Pakistan

Fakta Negara Pakistan yang Menambah Wawasan

1. Tanah yang murni

Umroh.com merangkum, fakta pertama mengenai negara Pakistan adalah tanah yang murni. Bukan berarti tanahnya yang bersih tanpa mengandung banyak kandungan lain. Tetapi dalam bahasa Urdu dan Persia diubah menjadi Pakistan yang artinya tanah murni.

2. Peradaban paling tua

Peradaban Sungai Indus menjadi yang paling tua di dunia dan itu berada di Pakistan. Lembah ini sudah mulai merasa Makmur pada tahun 3300 SM sampai 1300 SM. Hal ini juga mengaitkan beberapa situs arkeolog  seperti Takht Bhai, Juniper Shaft gua, gua Murghagull Gharra Harappa, Moenjo Daro, Taxila, Mehr Garh, Kot Diji, dan Mughall saa.

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

3. Memiliki kanal dengan sistem irigasi

Umroh.com merangkum, tentu sudah tidak asing dengan sistem irigasi yang ada saat ini. Berbeda dengan di negara lain, di Pakistan memanfaatkan kanal sebagai sistem irigasi terbesar di dunia. Hal ini didasari dengan banyaknya daerah yang belum menggunakan listrik. Sehingga warga setempat memanfaatkan irigasi ini sebagai tenaga pembangkit listrik.

4. Gunung tertinggi kedua di dunia ada disini

Jika gunung tertinggi di dunia yaitu Gunung Everest berada di Nepal, gunung tertinggi kedua di dunia berada di Pakistan. Gunung tersebut bernama Godwin-Austen, uniknya dari gunung ini adalah terdapat 2 negara yaitu China dan Pakistan. Orang yang pertama mendaki sampai ke puncak adalah Ardito Desio di tahun 1954.

5. Produsen bola buatan tangan Terbesar di dunia

Siapa sangka bahwa Pakistan menjadi negara dengan pembuat bola dengan tangan terbesar di dunia. Memang sudah banyak teknologi untuk membuat bola, namun sebagian orang beranggapan dengan membuatnya menggunakan tangan bisa membuat kualitas bola menjadi lebih baik. di samping itu juga membuka pekerjaan untuk orang lain.

Tak hanya melancarkan rezeki, Anda juga bisa menjadi tamu Allah dengan temukan paket di umroh.com!

6. Pelabuhan dalam Terbesar di Dunia

Pakistan juga memiliki pelabuhan terbesar di dunia, bernama Gwardar. Terletak di bagian Laut Arab dan sudah menyepakati kerja sama dengan beberapa negara, seperti China yang sudah memegang dalam skala penuh. Tidak hanya terbesar, pelabuhan yang satu ini juga menjadi salah satu pelabuhan tersibuk di dunia.

7. Memiliki gurun yang subur

Di Pakistan juga terdapat satu – satunya gurun yang bisa tumbuh dengan subur, yaitu Gurun The Tharparkar. Gurun ini merupakan bagian dari Gurun Thar yang merupakan gurun terbesar di Asia Selatan. Untuk melihatnya, anda bisa mengunjungi gurun ini dengan langsung menuju Pakistan dan melihat satu – satunya gurun yang bisa ditumbuhi banyak tumbuhan.

8. Tambang garam tertua

Tim umroh.com memaparkan, The Khewra Salt Mine merupakan tambang garam tertua yang ada di dunia. Terletak di Khewra, sebuah subdivisi administratif Kabupaten Jhelum, Punjab Region, Pakistan. Tambang garam ini memiliki sejarah yang panjang dan juga memiliki masa lalu sendiri yang berpengaruh untuk negara Pakistan sendiri. saat ini The Khewra Salt Mine bisa menjadi tujuan wisata yang ada di Pakistan.

9. Hewan nasional

Di Pakistan juga terdapat hewan nasional yang hanya bisa anda temukan di Pakistan saja, yaitu Markhor. Hewan ini adalah kambing liar yang tersebar luas di wilayah Pakistan, khususnya bagian timur laut Afghanistan, utara dan tengah Pakistan, Kashmir di India utara, Tajikistan selatan, selatan Uzbekistan dan di Himalaya

10. Penerima nobel termuda

Dan fakta yang terakhir dari negara Pakistan adalah menerima nobel termuda. Malala Yousafzai, seorang perempuan dan juga aktivis sosial untuk pendidikan perempuan dan pemenang sebagai penerima nobel. Dia dikenal untuk membackup pendidikan perempuan di asli Lembah Swat di Provinsi Khyber-Pakhtunkhwa di barat laut Pakistan.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Masih banyak fakta negara Pakistan yang bisa anda gali lagi informasinya. Tidak hanya dari segi budaya saja, Pakistan juga memiliki banyak hal menarik di dalam aspek sosialnya. Terlepas dari segalah masalah yang ada, sampai saat ini Pakistan masih menjadi negara yang kuat dan juga memiliki banyak hal positif dan bekerja keras untuk menjadi negara yang lebih baik lagi di masa depan.

Facebook Comments