1
Muslim Lifestyle

Baca Doa Saat Hujan Agar Mendapat Pahala yang Melimpah!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Beberapa wilayah di Indonesia mungkin akan resah ketika turun hujan karena khawatir banjir dan menghambat aktivitas lainnya. Padahal hujan adalah nikmat yang Allah ciptakan. Apabila setiap orang mengamalkan doa-doa ketika hujan turun, maka hujan akan menjadi nikmat terindah bagi mereka. Karena itulah yuk amalkan doa saat hujan tiba!

Dengan mengamalkan doa saat hujan ini, kita akan lebih bersyukur atas apa yang Allah SWT berikan.

Baca juga: Terungkap! Ternyata Ini Loh Fungsi Hujan Menurut Al Quran

Doa Saat Hujan

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ’anha,

إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ  اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, Allahumma shoyyiban nafi’an [Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat]” (HR. Bukhari no. 1032)

Ibnu Baththol berujar, ”Hadits ini berisi anjuran untuk berdo’a ketika turun hujan agar kebaikan dan keberkahan semakin bertambah, begitu pula semakin banyak kemanfaatan.” (Syarh Al Bukhari, Ibnu Baththol, 5: 18, Asy Syamilah)

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Berdoa saat hujan merupakan waktu yang mustajab

Umroh.com merangkum, berdasarkan hadits dari Sahl bin Sa’d, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

webinar umroh.com

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ

Dua do’a yang tidak akan ditolak: [1] do’a ketika adzan dan [2] do’a ketika ketika turunnya hujan” (HR. Al Hakim dan Al Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Doa saat hujan lebat

Suatu kisah Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam pernah meminta agar diturunkan hujan. Lalu seketika hujan turun begitu lebat hingga Rasulullah meminta agar Allah membuat cuaca kembali cerah. Rasulullah berdoa,

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari [Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan]” (HR. Bukhari no. 1014)

Syekh Sholih As Sadlam berujar bahwa doa tersebut dibaca saat hujan semakin lebat atau khawatir akan membawa suatu bahaya.

Mau jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci? Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Doa setelah hujan

Zain bin Kholid Al Juhani mengkisahkan bahwa saat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan shalat shubuh bersama kami di Hudaibiyah setelah hujan turun pada malam harinya. Tatkala hendak pergi, beliau menghadap jama’ah shalat, lalu mengatakan, ”Apakah kalian mengetahui apa yang dikatakan Rabb kalian?” Kemudian mereka mengatakan,”Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui”

Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَصْبَحَ مِنْ عِبَادِى مُؤْمِنٌ بِى وَكَافِرٌ فَأَمَّا مَنْ قَالَ مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ. فَذَلِكَ مُؤْمِنٌ بِى وَكَافِرٌ بِالْكَوْكَبِ وَأَمَّا مَنْ قَالَ مُطِرْنَا بِنَوْءِ كَذَا وَكَذَا. فَذَلِكَ كَافِرٌ بِى مُؤْمِنٌ بِالْكَوْكَبِ

Pada pagi hari, di antara hambaKu ada yang beriman kepadaKu dan ada yang kafir. Siapa yang mengatakan ’Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih’ (Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah), maka dialah yang beriman kepadaku dan kufur terhadap bintang-bintang. Sedangkan yang mengatakan ‘Muthirna binnau kadza wa kadza’ (Kami diberi hujan karena sebab bintang ini dan ini), maka dialah yang kufur kepadaku dan beriman pada bintang-bintang.” (HR. Bukhari no. 846 dan Muslim no. 71)

Berdoa dengan rendah hati

Salah satu bentuk bahwa kita sebagai hamba butuh Allah SWT, sang pencipta yakni dengan berdoa serta kerendahan hati. Karena itulah saat turun hujan, kita harus berdoa dengan kerendahan hati. Sebagaimana firman Allah SWT,

“Mohonlah (berdoalah) kamu kepada Tuhanmu dengan cara merendahkan diri dan cara halus, bahwasannya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas; dan janganlah kamu berbuat kebinasaan di bumi (masyarakat) setelah la baik; dan mohonlah (berdoalah) kamu kepada Allah dengan rasa takut dan loba (sangat mengharap); bahwasannya rahmat Allah itu sangat dekat kepada orang-orang, yang ihsan (Iman kepada Allah dan berbuat kebajikan).” (Q.S. Al A’Raaf: 55-56)

Berdoa merupakan salah satu ibadah dimana kita diijinkan untuk meminta segala sesuatu yang diinginkan kepada Allah SWT. Dan salah satu waktu terkabulnya doa adalah  saat turun hujan.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

Itulah doa saat hujan agar setiap kali hujan turun kita bisa mendapat pahala dari-Nya. Jangan sampai hujan berlalu sehingga membuat kita terlewatkan pahala yang besar serta waktu yang mustajab untuk berdoa dan meminta.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memberikan banyak kebaikan. Aamiin!