1
Kesehatan

Enak dan Mudah Ditemui, Makanan Ini Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Makanan yang mengandung santan, lemak, dan daging memang nikmat dan menggugah selera. Apalagi jika cita rasanya asin atau manis. Wah, nafsu makan menjadi tidak terkontrol. Namun saat kita berlebihan memakannya, salah satu efek yang terasa adalah berat badan yang meningkat, serta tekanan darah yang mulai meninggi.

Jika kamu adalah orang yang beresiko mengalami efek negatif dari tekanan darah tinggi, di bawah ini adalah makanan-makanan yang bisa membantumu untuk menurunkan tekanan darah.

Sayuran Berwarna Hijau

Sayuran yang berwarna hijau, seperti bayam, sawi, dan sebagainya, memiliki kandungan kalium yang tinggi. Selain kandungan kalium yang tinggi, kandungan kalsium di sayuran hijau juga melimpah. Kandungan-kandungan tersebut sangat baik untuk mengontrol tekanan darah.

Jika kamu mulai merasakan tekanan darah yang meninggi, segera perbanyak konsumsi sayuran hijau dalam menu harianmu.

Pisang

Buah yang mudah ditemukan di Indonesia dan harganya sangat terjangkau ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Selain lembut dan manis, kandungan kalium yang tinggi dalam pisang membantu menyeimbangkan kadar natrium yang tinggi pada tubuh penderita tekanan darah tinggi. Penderita hipertensi memang cenderung memiliki kadar natrium yang tinggi. Jadi konsumsi pisang bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah.

Kentang

Selain dikenal sebagai bahan makanan sumber karbohidrat, ternyata kentang juga mengandung kalium dan magnesium yang tinggi. Keduanya disebut mampu menurunkan tekanan darah seseorang.

Namun perhatikan cara pengolahan kentang sebelum dikonsumsi. Hindari mengolah kentang dengan cara digoreng dan menambahkan garam di dalamnya. Penambahan garam, serta penggunaan minyak saat menggoreng inilah yang bisa membuat tekanan darah semakin tinggi. Alih-alih digoreng dan ditambah garam, sebaiknya kita mengkonsumsi kentang dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang, dan tanpa menambahkan garam saat menikmatinya.

Yoghurt

Kekurangan kalsium dalam tubuh merupakan salah satu penyebab meningkatnya tekanan darah. Karena itu, tambahan kalsium dalam asupan makanan sehari-hari bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

webinar umroh.com

Salah satu makanan yang menjadi sumber kalsium yang tinggi adalah yoghurt. Dalam 170 gram yoghurt, ada kalsium yang bisa memenuhi sekitar sepertiga dari kebutuhan kalsium harian. Selain itu, yoghurt juga mengandung natrium yang rendah dan kandungan probiotik, sehingga mampu menyeimbangkan tekanan darah.

Oatmeal

Oatmeal adalah bahan makanan yang disebut mampu menyingkirkan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, Oatmeal juga memiliki kandungan natrium yang rendah, lemak yang rendah, serta kandungan serat yang tinggi. Kombinasi inilah yang membuat oatmeal menjadi makanan yang ideal untuk membantu menurunkan tekanan darah. Agar Oatmeal terasa lebih nikmat, kita bisa menikmatinya dengan irisan buah atau sedikit madu.

Ikan-Ikanan

Para ilmuwan menyimpulkan bahwa mengkonsumsi ikan yang berlemak, seperti salmon, bisa menurunkan tekanan darah. Lemak dalam ikan mengandung asam lemak omega-3 yang memiliki efek menurunkan tekanan darah. Namun perhatikan untuk mengolah ikan dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang saja untuk menjaga agar tidak menambah kandungan minyak tidak sehat, yang bisa membuat tekanan darah semakin tinggi.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.