1
Motivasi Muslim Lifestyle

Enam Pesan Surat Yasin

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Surat Yasin adalah undangan bagi semua manusia untuk melihat dan merenungkan dua mukjizat yang telah ditempatkan Allah di alam semesta ini: Al-Qur’an mewakili kata-kata Allah yang dibacakan, dan alam semesta mewakili tanda-tanda kekuatan Allah yang terlihat. Surat ini mengembangkan keterangannya dalam enam bagian yang berbeda, yaitu:

  • Kata-kata Ilahi, dan sikap orang yang lalai [1-12]

Surat ini dimulai dengan diskusi tentang wahyu Al-Qur’an dan tujuannya. Orang-orang Arab tidak terbiasa dengan konsep Utusan dan Al-Quran menyatakannya dengan jelas:

{agar kamu memberi peringatan kepada kaum yang belum pernah diberi peringatan sehingga mereka lalai} (Yasin 36: 6)

Karenanya Al-Qur’an adalah peringatan dan pengingat bagi yang lalai. Ghaflah adalah salah satu penyakit jantung yang dapat mencegah seseorang dari mendapatkan bimbingan:
{Kami jadikan dinding penghalang di hadapan dan di belakang mereka serta Kami tutup mata mereka hingga tidak dapat melihat} (Yasin 36: 9)

  • Renungan Sejarah [13-30]

Bagian selanjutnya menyebutkan kisah sebuah komunitas yang menerima tiga rasul dan satu pendukung. Ini adalah kejadian menarik dari banyak aspek: ini adalah salah satu dari sedikit komunitas yang memiliki tiga rasul sekaligus. Tidak hanya itu, nama-nama utusan tidak disebutkan, dan pidato mereka tidak disorot. Sebaliknya, aktivisme dan pidato-pidato individu (yang dapat dianggap sebagai teman) menjadi pusat perhatian Surah:

{Yaitu ketika Kami mengutus dua orang utusan kepada mereka, lalu mereka mendustakan keduanya; kemudian Kami kuatkan dengan utusan yang ketiga, seraya berkata, “Sungguh, Kami adalah orang-orang yang diutus kepadamu”.} (Yasin 36:14)

{Seorang laki-laki datang bergegas dari ujung kota seraya berkata, “Hai, kaumku! Ikutilah utusan-utusan itu.”.} (Yasin 36:20)

webinar umroh.com

Lelaki itu sangat berhasrat untuk komunitasnya, meskipun pada kenyataannya mereka akhirnya membunuhnya. Dan ketika dia memasuki surga, dia masih memiliki cinta ini untuk bangsanya (Yasin 36: 26-27)

  • Lihatlah sekeliling Anda & Renungkan Ciptaan Tuhan [31-44]

Surah melanjutkan dengan diskusi saat ini, seolah-olah ingin memberitahu pendengarnya: jika Anda tidak ingin merenungkan sejarah dan belajar darinya, maka setidaknya lihatlah tanda-tanda keajaiban dalam penciptaan Allah:

{Salah satu tanda kebesaran Allah bagi mereka adalah bumi yang mati (tandus). Kami hidupkan bumi itu dan dikeluarkan biji-bijian darinya sehingga mereka bisa makan dari biji-bijian itu.} (Yasin 36:33)

{Salah satu tanda kebesaran Allah adalah malam; Kami tanggalkan siang dari malam, maka tiba-tiba mereka berada dalam kegelapan} (Yasin 36:37)

  • Orang yang Keras Kepala dan orang buta [45-47]

Bahkan ketika orang menolak untuk merenungkan sejarah dan gagal melihat alam semesta di sekitar mereka, Allah masih mengundang mereka lagi:
{Apabila dikatakan kepada mereka, “Takutlah kamu akan siksa dunia yang ada dihadapanmu dan azab akhirat yang akan datang agar kamu mendapat rahmat. Setiap kali suatu tanda dari tanda-tanda kebesaran Tuhan datang kepada mereka, mereka selalu berpaling darinya.} (Yassin 36: 45-46)

  • Konsekuensi Ketidakpercayaan pada Hari Pengadilan [48-70]

Bagian selanjutnya membawa kita ke masa depan, ke Hari Kebangkitan, dan memperingatkan orang-orang kafir tentang nasib mereka jika mereka bersikeras menolak tanda-tanda Allah yang jelas dalam Al-Qur’an, dalam sejarah, dan di dunia saat ini di mana mereka tinggal:

{Inilah Jahanam yang dahulu pernah diperingatkan kepadamu. Pada hari ini, masuklah kamu ke dalamnya karena dahulu mengingkarinya.} (Yasin 36: 63-64)

{Jika Kami menghendaki, pastilah Kami hapuskan penglihatan mata mereka sehingga mereka berlomba-lomba mencari jalan. Maka, bagaimana mungkin mereka dapat melihat? } (Yassin 36:66)

 

  • Kesimpulan: Sikap Arogansi terhadap tanda-tanda Allah

Bagian pertama dalam Surat ini membahas tentang ketidakpedulian orang-orang kafir. Secara paralel, segmen terakhir berfokus pada penyakit hati lainnya, yaitu kesombongan. Keduanya menyebabkan manusia tidak percaya dan menghalangi dia untuk melihat tanda-tanda Allah dalam kitab-Nya dan ciptaan-Nya:

{Tidakkah manusia memperhatikan bahwa Kami menciptakannya dari setetes mani? Tapi, ternyata manusia menjadi musuh yang nyata!. Manusia membuat perumpamaan bagi Kami dan melupakan asal kejadiannya. Ia berkata : “Siapa yang dapat menghidupkan tulang-belulang yang telah hancur luluh? Katakan (Muhammad), “ Allah yang akan menghidupkannya sebagaimana Allah menciptakannya pertama kali. Allah Maha Mengetahui segala makhluk.} (Yasin 36: 77-79)