1
Kuliner

Fattet Makdoos, Kuliner Berlapis yang Memanjakan Lidah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Fattet Makdous atau fattah adalah salah satu jenis penyajian hidangan di Timur Tengah. Dalam bahasa Arab, Fattah adalah hidangan yang disajikan secara berlapis. Biasanya, Fatteh mempunyai komponen gorengan atau roti panggang di layar pertama. Di atas lapisan hidangan tersebut, biasanya diberi topping saus yang dimasak dengan protein seperti daging ayam, domba atau sapi.

Ada Banyak Jenisnya

Ada banyak jenis fattah atau fattet. Untuk versi vegetarian, ada Fattet Hummus yang di lapisan terakhirnya dibuat dari tahini dengan aroma bawang putih dan saus yoghurt. Beragam jenis Fattet lainnya misalnya fattet Jaj (fatteh ayam), fattet Isanat (domba atau sapi), fattet Foul Akhdar (fattah kacang feva hijau), dan fattet Makdoos.

Sering Disajikan Saat Ramadhan

Fattet Makdous biasa disajikan saat bulan Ramadhan, ketika seluruh anggota keluarga berkumpul untuk berbuka puasa bersama. Biasanya, kuliner Timur Tengah ini dihidangkan sebagai makanan pembuka atau makanan pendamping. Berbagai macam hidangan lain juga disajikan bersama dengan Fattet Makdous sebagai hidangan berbuka.

Hidangan Terong dengan Saus Berlapis

Hidangan ini berupa lapisan terong mini yang telah digoreng, kemudian diisi dengan daging dan kacang yang telah ditumis dan lalu dimasak dalam saus tomat. Citarasa Fattet Makdous sangat nikmat karena bisa menimbulkan sensasi meledak di mulut yang membuat ketagihan.

Jika kamu ingin membuatnya, yang perlu disiapkan adalah bahan-bahan untuk membuat lapisan layer di dalamnya.

Lapisan Pertama

Bahan untuk membuat layer pertama adalah 3 buah roti pita yang telah di gunting-gunting, kemudian digoreng dengan minyak kanola atau dipanggang biasa lalu sisihkan.

Lapisan Kedua

Untuk membuat lapisan kedua, siapkan

  • 6 buah terong mini,
  • 300 gram daging sapi atau daging domba yang telah dicincang
  • 1 buah bawang bombay kecil yang telah dicincang halus,
  • 2 siung bawang putih seperempat cangkir kacang pinus,
  • 3 buah tomat besar yang telah dikupas dan di cincang halus,
  • 1 sendok makan pasta tomat
  • 2 sendok makan minyak zaitun,
  • garam dan merica.

Pertama-tama, belah terong di bagian tengah, lalu taburkan garam di bagian dalamnya hingga rata. Garam akan membantu mengeluarkan air pada terong sehingga tidak menyerap terlalu banyak minyak saat digoreng. Diamkan terong yang telah diberi garam selama satu jam hingga airnya keluar, kemudian goreng dalam minyak yang panas, sisihkan.

webinar umroh.com

Pada pan yang terpisah, panaskan minyak zaitun, lalu tumis bawang bombay dan bawang putih hingga matang dan kecokelatan. Masukkan daging dan bumbui dengan garam dan merica. Masak hingga daging berubah warna menjadi coklat dan semua airnya keluar. Angkat pan, lalu masukkan kacang pinus. Aduk-aduk, lalu diamkan hingga dingin. Setelah masakan daging dingin, isikan ke dalam terong, lalu sisihkan.

Buat saus tomat dengan memanaskan satu sendok makan minyak zaitun, lalu masukkan tomat yang telah dihaluskan, garam, gula, dan pasta tomat. Aduk hingga mengental, lalu masukkan terong yang telah diisi dengan daging ke dalam saus tomat yang sedang dimasak. Masak semjanya perlahan hingga air sausnya berkurang selama 10 menit.

Lapisan Ketiga

Di lapisan ketiga, siapkan

  • 2 cangkir yoghurt
  • 2 sendok makan saus tahini,
  • 1 lemon yang telah diperas airnya,
  • 2 siung bawang putih yang telah di memarkan,
  • garam dan gula.

Campurkan semua bahan hingga tercampur rata, lalu diamkan selama 15 menit agar semua rasanya menyatu.

Membuat Fattet Makdoos dimulai dengan menata roti yang telah dipanggang atau digoreng di dasar pinggan. Setelah itu, masukkan saus tomat, lalu tuangkan saus tahini. Kemudian, tata terong-terong yang telah masak di atasnya dan hiasi dengan taburan parsley dan kacang pinus.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.