1
Kesehatan

Fungsi Inhaler Pada Penderita Asma

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Inhaler genggam bekerja lebih cepat karena obat langsung dihantarkan ke paru-paru sehingga efek samping yang ditimbulkan lebih sedikit daripada obat versi cair, dan obat yang di telan. Inhaler berbeda dengan kebanyakan obat asma lainnya, kebanyakan obat asma di hirup kedalam paru-paru untuk mengobati sumber masalahnya. Inhaler memiliki kemiripan dengan pipa, diujungnya terdapat pipa yang melengkung ke samping. Secara fisik, bentuk tersebut memang dicocokkan dengan penggunanya, ujung yang melengkung ke samping tersebut akan dimasukkan ke dalam mulut. Untuk menggunakan inhaler dijelaskan dibawah ini.

Cara menggunakan inhaler

  1. Pertama, kocok inhaler tersebut dan lepaskan tutupnya
  2. Kedua, pegang inhaler tegak dengan corong dibagian bawah
  3. Ketiga, hadapkan kepala sedikit keatas, dan hembuskan nafas pelan-pelan
  4. Ada dua cara untuk posisi inhaler spacer, Anda bisa memegang inhaler 1 inci sampai 2 inci didepan mulut terbuka. Mungkin cara ini sangat sulit bagi beberapa orang.
  5. Kemudian bernapas perlahan-lahan
  6. Tahan napas selama 10 detik, ini akan membiarkan obat menetap diparu-paru Anda.

Akan tetapi terdapat beberapa hal penting yang harus diwaspadai dalam memilih inhaler yang akan digunakan seperti sangatlah penting untuk membedakan inhaler asli dengan inhaler yang palsu, bagaimanapun juga jika kita tidak menggunakan inhaler yang asli penderitalah yang akan mengalami kerugian. Maka dari itu, agar dapat dipastikan bahwa inhaler yang anda beli merupakan inhaler yang asli untuk pembeliannya sebaiknya langsung ke apotek- apotek yang sudah ternama dan memiliki reputasi baik, atau bisa juga mengikuti petunjuk dari dokter kira-kira inhaler model yang manakah yang sesuai dengan yang kita butuhkan.

Inhaler merupakan alat yang mengandung obat untuk mengatasi gejala asma. Pada mumnya terdapat dua jenis inhaler yaitu inhaler pereda dan inhaler pencegah. Inhaler pereda bertujuan untuk meredakan serangan asma yang terjadi sedangkan inhaler pencegah, sesuai dengan namanya inhaler tersebut bertujuan untuk mencegah serangan asma tersebut terjadi dan untuk mengurangi frekuensi kambuhnya penyakit tersebut.

Inhaler sifatnya sangatlah krusial dan bentuknya yang kecil, maka sebaiknya berikan tempat tersendiri untuk inhaler pada tas anda agar tidak terkontaminasi dengan barang yang lain dan inhaler tersebut mudah ditemukan.