1
Kesehatan

Gangguan Kesehatan Mental Bisa Disebabkan 5 Hal Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Pembahasan mengenai kesehatan mental saat ini banyak dibicarakan oleh orang-orang. Kesehatan mental juga memiliki peranan yang sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Kesehatan mental dan fisik yang baik membuat kita  lebih tenang dan tidak mudah stres.

Sayangnya, kehidupan modern membuat kita jadi rentan mengalami gangguan kesehatan mental. Saat ini, banyak orang yang mengalami gangguan kesehatan mental, seperti depresi, kecemasan/ anxiety. Jika tidak ditangani, gangguan kesehatan mental juga beresiko merenggut nyawa seseorang.

Lalu apa yang menyebabkan banyak orang mengalami kesehatan gangguan mental dalam kehidupan yang modern ini? Dilansir dari The Power of Positivity,  adalah 5 hal yang membuat manusia modern kerap mengalami gangguan kesehatan mental.

  1. Kurang Bergerak

Latihan fisik atau olahraga yang kurang bukan hanya menyebabkan penurunan kesehatan tubuh. Kesehatan mental juga akan terpengaruh jika kita kurang menggerakkan badan.

Kehidupan modern saat ini memang memungkinkan kita untuk hidup lebih mudah. Tubuh jadi kurang dimanfaatkan untuk melakukan lebih banyak aktivitas. Banyaknya kemudahan inilah yang kemudian menyebabkan seseorang jadi kurang bergerak.

Dalam kaitannya dengan kesehatan mental, olahraga atau latihan fisik bisa meningkatkan endorfin atau hormon kebahagiaan. Hormon endorfin inilah yang kemudian membantu meningkatkan mood dan membantu memerangi masalah kesehatan mental, seperti kecemasan atau depresi. Agar mental lebih sehat, rutinkan olahraga, ya.

  1. Membeli Banyak Barang yang Tidak Dibutuhkan

Maraknya gambaran di media sosial tentang kehidupan yang sempurna membuat kita terdorong untuk memiliki banyak barang. Studi ilmiah, yang dilakukan oleh para ilmuwan, menyatakan bahwa barang atau benda tidak pernah bisa membuat seseorang benar-benar bahagia. Sebaliknya, terlalu banyak barang yang tidak kita butuhkan bisa meningkatkan gangguan kesehatan mental, seperti kecemasan atau stres.

  1. Mengabaikan Waktu Tidur

Tidur adalah saat di mana tubuh dan otak beristirahat. Setelah tidur yang cukup, fisik dan mental kita menjadi lebih sehat. Kekurangan tidur bisa menyebabkan gangguan mental, seperti kecemasan dan depresi.

webinar umroh.com

Manusia memang membutuhkan tidur yang berkualitas agar bisa berfungsi dengan baik. Sayangnya, kesibukan yang padat dalam kehidupan modern membuat seseorang jadi kurang tidur. Pekerjaan yang padat, dan waktu yang tersita untuk scrolling layar gadget membuat tidur kita jadi berkurang dan kurang berkualitas.

  1. Berlebihan Menggunakan Gadget

Perangkat elektronik atau gadget, yang seharusnya bisa memudahkan kehidupan manusia, nyatanya malah meningkatkan resiko gangguan kesehatan mental. Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang menghabiskan banyak waktu di depan gadget (untuk menggunakan media sosial) memiliki resiko yang tinggi mengalami depresi.

Ketika kita bermain media sosial, ada banyak informasi yang kita terima, sehingga kita tidak fokus terhadap diri sendiri. inilah yang kemudian menyebabkan kesehatan mental jadi menurun. Jika ingin menjalin silaturahim dengan kerabat yang jauh, sebaiknya gunakan jalur telepon atau video call, karena membuat kita lebih fokus bertukar kabar.

  1. Jarang Menikmati Suasana di Luar Rumah

Manusia membutuhkan alam agar bisa bertahan hidup. Sayangnya, kehidupan kita di dunia modern membuat kita terpaku di dalam rumah. Inilah yang kemudian membuat kita jadi kekurangan banyak nutrisi menyehatkan dari sinar matahari, seperti vitamin D. Vitamin D sendiri adalah nutrisi penting untuk mengendalikan mood kita, lho. Jadi sering-seringlah berjalan di taman agar kesehatan mental kita terjaga, ya.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.