1
Kuliner

Garlic Sauce, Saus Putih Ala Timur Tengah yang Sedap

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Bawang putih adalah salah satu bahan masakan yang banyak digunakan sebagai bumbu dasar. Aromanya yang khas membuat bawang putih sangat cocok sebagai penyedap masakan.

Selain digunakan sebagai bumbu dasar, bawang putih juga biasa digunakan untuk menambah rasa pada makanan. Di Indonesia sendiri, bawang putih banyak dimasak sebagai bawang goreng. Irisan tipis bawang goreng ditaburi tepung, lalu digoreng hingga menghasilkan tekstur yang krispi. Bawang putih goreng ini kemudian banyak digunakan sebagai taburan di atas banyak makanan Indonesia.

Bawang putih memiliki penggemarnya masing-masing. Aromanya yang kuat tidak membuat bawang putih berhenti fungsinya sebagai bumbu dasar. Banyak juga orang yang menggunakannya sebagai tambahan pada masakan yang telah matang.

Saus Bawang Putih Khas Timur Tengah

Jika di Indonesia kita mengenal bawang putih goreng, lain halnya di Timur Tengah. Warga Timur Tengah biasa menyajikan saus bawang putih (garlic sauce) sebagai tambahan bagi mereka yang menyukai bawang putih. Saus bawang putih ini biasa dinikmati dengan berbagai hidangan Timur Tengah.

Saus yang Gurih dan Segar

Saus bawang putih memiliki cita rasa yang gurih dan wangi. Saus kental berwarna putih ini juga dibuat bersama bahan-bahan lain. Akan tetapi, aroma bawang putih tetap yang paling kuat. Ada juga cita rasa segar dari air perasan lemon di dalamnya.

Nikmat Dihidangkan Bersama Makanan Utama

Saus bawang putih ini memiliki konsistensi mirip dengan mayonaise. Kental dan lembut. Karena itu, saus bawang putih khas Timur Tengah ini sangat cocok dinikmati bersama salad atau roti pita. Saus bawang putih ini juga biasa dituangkan di atas nasi kabsah, nasi qabuli, atau hidangan nasi berbumbu dengan topping daging lainnya.

Perlu Perhatian Khusus Saat Membuatnya

Membuat saus bawang putih ini memerlukan perhatian khusus saat mencampurkan bahan-bahannya. Minyak harus diaduk dengan benar agar menghasilkan konsistensi yang lembut dan pas. Tidak terlalu padat, dan tidak terlalu encer. Tekstur yang pas adalah yang menyerupai mayonaise.

webinar umroh.com

Kamu Juga Bisa Membuat Sendiri

Tidak perlu terbang ke Timur Tengah untuk menikmati saus putih ini. Kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Tidak sulit, dan bahan-bahannya mudah didapat di Indonesia, lho.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat saus ini adalah

– 1/4 cangkir bawang putih yang telah dicincang kasar

– 1,5 sendok makan air perasan lemon

– 3/4 cangkir minyak.

– Garam secukupnya

– 1/4 sendok makan merica putih bubuk.

Langkah pertama untuk membuatnya adalah dengan mencampurkan bawang putih, air perasan lemon, dan seperempat cangkir minyak. Gunakan blender agar bahan-bahan tersebut tercampur dengan baik. Campurkan hingga tercampur lembut.

Tuangkan campuran ini ke dalam mangkuk, lalu tambahkan sisa setengah cangkir minyak. Kali ini, gunakan mixer untuk mencampurkannya. Aduk dengan mixer hingga mengembang dan lembut, serta menghasilkan konsistensi seperti mayonaise.

Langkah terakhir, tambahkan gula dan merica bubuk. Kamu bisa mencicipi sebelum selesai memasak. Sesuaikan dengan seleramu, ya.

Simpan saus ini dalam wadah tertutup. Kamu bisa menggunakannya saat dibutuhkan. BIla perlu, simpan dalam kulkas agar lebih tahan lama. Selamat mencoba.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.