1
Kesehatan Motivasi News Parenting Tips

Genetika dan Bayi Anda

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Saat Anda menunggu bayi, Anda mungkin mencoba membayangkan seperti apa dia. Apakah dia akan tinggi seperti ayahnya? Apakah dia akan memiliki rambut keriting seperti milikmu? Atau apakah dia akan mewarisi selera humor kakeknya?

Para ahli memperkirakan bahwa ada 60.000 hingga 100.000 gen (terdiri dari DNA) dalam 46 kromosom manusia. Seorang bayi mendapat 23 kromosom dari ibunya dan 23 dari ayahnya. Dengan semua kombinasi gen yang memungkinkan, sepasang orang tua memiliki potensi untuk menghasilkan 64 triliun anak yang berbeda. Ini mungkin memberi Anda gambaran betapa mustahil untuk memprediksi seperti apa bayi Anda nantinya. Ilmu genetika memang rumit, tetapi dengan kursus singkat Anda bisa mendapatkan beberapa informasi untuk membimbing imajinasi Anda.

Ingat belajar tentang gen dan lalat buah dalam biologi sekolah menengah? Saat itu, Anda diberitahu bahwa gen dominan selalu mengalahkan gen resesif. Nah, para ilmuwan selalu tahu manusia lebih rumit daripada lalat buah. Tetapi dalam beberapa tahun terakhir, mereka telah belajar betapa jauh lebih rumit.

Ternyata, sebagian besar sifat manusia adalah poligenik, hasil dari banyak gen yang bekerja bersama. Untuk memperumit hal-hal lebih jauh, untuk beberapa sifat, seperti tinggi badan, berat badan, dan terutama kepribadian, lingkungan juga memiliki pengaruh yang signifikan pada gen yang diekspresikan dan yang tetap dimatikan.

Warna mata

Jika hanya ada sepasang gen yang terlibat dalam pemilihan warna mata, akan ada paling banyak tiga warna warna mata yaitu coklat, biru, dan mungkin hijau. Tetapi mata manusia datang dalam spektrum penuh warna berbeda dari warna-warna ini. Itu karena warna mata adalah sifat poligenik.

Warna mata ditentukan oleh jumlah melanin, atau pigmen coklat, di iris. Mata gelap memiliki jumlah besar, biru memiliki sangat sedikit, dan warna lain hijau, cokelat muda memiliki jumlah yang bervariasi. Karena gen yang berbeda mungkin bertanggung jawab untuk berapa banyak pigmen coklat yang Anda warisi dan di mana itu muncul di mata, lebih banyak coklat atau biru dapat jatuh di tengah atau tepi luar mata, ada kemungkinan besar untuk berbagai macam warna. Bahkan mungkin bagi dua orang tua bermata biru dapat memiliki keturunan bermata cokelat.

Fitur Wajah dan Tubuh

Karakteristik wajah tertentu seperti lesung pipi, puncak janda, dan simetri wajah (alis yang tinggi di satu sisi wajah Anda, misalnya) diyakini dominan dan disaring turun-temurun. Bentuk tangan, bentuk jari, bentuk kuku, dan ciri-ciri yang tidak biasa seperti rambut dengan cowlick ganda sering muncul dari generasi ke generasi.

Pola sidik jari telah terbukti berjalan dalam keluarga. Dan gigi bengkok juga bisa diwariskan, karena konfigurasi rahang dan kemiringan gigi ditentukan secara genetik. Bahkan ada gen khusus untuk “gigi celah” yang telah ditemukan dan diyakini dominan.

webinar umroh.com

Untuk mendapatkan gambaran tentang keanehan dan fitur wajah apa yang mungkin diwariskan anak Anda, periksalah foto keluarga dari generasi ke generasi. Jika ternyata sebagian besar anggota keluarga memiliki dagu atau wajah bundar yang menonjol, ini adalah sifat yang cukup kuat yang cenderung diturunkan.

Tinggi dan berat

Untuk perkiraan kasar tinggi badan orang dewasa, ambil rata-rata tinggi badan Ayah dan Ibu. Kemudian tambahkan dua inci untuk anak laki-laki atau kurangi dua inci untuk anak perempuan. Jadi, jika Anda 5 kaki 2 inci dan suami Anda 5 kaki 10 inci, rata-rata di antara Anda adalah 5 kaki 6 inci. Karena itu, anak Anda kemungkinan akan tumbuh menjadi 5 kaki 8 inci, anak perempuan Anda, 5 kaki 4 inci. Tentu saja, genetika menjadi apa adanya – tidak dapat diprediksi – ukuran ini tidak terlalu kuat. Anak Anda mungkin ternyata lebih tinggi daripada orang tua yang lebih tinggi atau lebih pendek dari yang lebih pendek.

Faktor kuat lain dalam tinggi badan anak Anda adalah nutrisi dan kesehatan. Jika gen bayi Anda diprogram sejauh 5 kaki 5 inci, ia mungkin tidak akan sampai ke sana jika nutrisinya tidak memadai atau jika ada hal lain yang mengganggu pertumbuhannya. Di sisi lain, ia mungkin tumbuh menjadi lebih tinggi dari yang diharapkan, karena penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan nutrisi telah berkontribusi terhadap tinggi badan yang lebih besar selama berabad-abad.

Betapa ramping atau kelebihan berat badan anak Anda tidak mungkin ditebak. Gen hanya akan membuat anak cenderung menjadi berat tertentu – mereka tidak menjaminnya. Ketika kedua orang tua mengalami obesitas, kemungkinan anak akan kelebihan berat badan juga. Seorang anak mungkin menjadi gemuk karena gennya, kebiasaan makan keluarga, atau kombinasi dari kedua faktor tersebut.

Warna rambut

Tetapi seperti halnya dengan warna mata, rambut bayi Anda bisa berubah menjadi kisaran warna yang indah antara warna rambut Anda dan rambut pasangan Anda. Itu tergantung pada warna, atau pigmen, yang Anda miliki di rambut Anda dan bagaimana mereka mencampurkan. Orang tua dengan warna rambut yang sama mungkin memiliki bayi dengan rona yang sedikit berbeda, tetapi dalam kisaran warna mereka.

Tapi warna-warna kejutan tentu bisa muncul dari orang tua dengan warna rambut yang berbeda. Ini biasanya terjadi ketika gen warna resesif pada satu induk melewati dan bercampur dengan yang lain. Jadi orang tua berambut hitam yang membawa gen resesif untuk rambut pirang berpotensi memiliki anak pirang jika gen itu diekspresikan dan bercampur dengan gen pirang dari orang tua lainnya.
Sedangkan untuk rambut merah, yang dulunya dianggap resesif, sekarang diyakini lebih dominan daripada pirang. Anda bahkan bisa menjadi berambut merah dan tidak mengetahuinya. Rambut Anda mungkin memiliki rona kemerahan yang ditutupi oleh pigmen cokelat atau hitam yang lebih kuat.

Kepribadian

Para ahli mengatakan tidak ada keraguan bahwa banyak kecenderungan kepribadian – misalnya, bagaimana ia bereaksi terhadap kebisingan – secara genetis tertanam pada bayi sejak lahir. Tetapi para ahli juga setuju bahwa lingkungan memiliki pengaruh besar pada perilaku. Misalnya, seorang anak dapat mewarisi kecenderungan untuk melompat ke dalam kegiatan berisiko. Namun, pengaruh Anda pada dirinya dan lingkungannya dapat menyebabkan kegembiraan itu diekspresikan ke tingkat yang lebih rendah, dengan cara yang berbeda, atau tidak sama sekali.

Dengan cara yang sama, anak-anak yang mewarisi nada bengkok kreatif atau sempurna (juga terbukti genetik) akan berkembang di lingkungan yang menggembirakan. Tetapi jika mereka tidak terpapar pada bahan-bahan seni atau alat-alat musik, talenta itu mungkin akan kosong. Untungnya, ia bekerja terbalik juga – seorang anak yang lahir tanpa endapan genetik masih dapat, melalui kerja dan tekad, belajar melukis atau mengembangkan nada yang baik. Hampir tidak ada sifat yang sepenuhnya genetik atau karena pengaruh lingkungan.

Kehamilan kembar

Kehamilan dengan kembar identik, yang berasal dari sel telur tunggal yang dibuahi menjadi dua embrio, terjadi secara kebetulan. Tidak ada hubungan genetik yang diketahui. Tetapi kehamilan dengan kembar fraternal, bayi yang berasal dari dua sel telur yang terpisah dan dua sperma, tampaknya secara genetik dipengaruhi. Itu karena kecenderungan seorang wanita untuk berovulasi lebih dari satu telur pada suatu waktu diwariskan. Jadi, jika ada riwayat saudara kembar dalam keluarga Anda, Anda juga memiliki peluang lebih tinggi untuk memiliki anak kembar.

Pertanyaan besarnya adalah apakah ovulasi ganda atau multipel merupakan gen resesif atau dominan. Itu sulit ditentukan, karena lebih banyak anak kembar yang dikandung daripada yang dilahirkan. Satu kembaran bisa mati di dalam rahim, atau seorang wanita bisa mengalami keguguran di awal kehamilan sehingga dia mungkin tidak tahu dia hamil. Karena para ahli tidak tahu berapa banyak kembar fraternal yang sebenarnya dikandung, mereka tidak dapat mengatakan dengan pasti apakah gen itu dominan.

Dengan semua kombinasi gen yang mungkin memengaruhi penampilan dan kepribadian bayi Anda, mustahil mengetahui seperti apa bayi Anda sebenarnya. Tapi itu bagian dari kesenangan mengharapkan anak – Anda bisa berfantasi sesuka hati Anda.