Haji Travel Umroh Umroh & Haji

Sering Disepelakan, Ini Hal Penting saat Datang ke Gua Hira

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Gua hira merupakan salah satu situs bersejarah yang sangat penting dalam lahirnya agama islam. Di sinilah pada awal mula Rasulullah SAW  ber-tahannuts atau menyendiri pada masa itu. Hal ini dilakukan guna menjernihkan hati dan pikiran mengingat kondisi kehidupan sosial masyarakatnya yang penuh dengan kejahiliyahan. 

Baca juga: Masjid Ini yang Wajib Dikunjungi saat Umroh atau Haji

Pada suatu malam yang gelap, di malam 17 Ramadan atau sekitar 6 Agustus 610 M, malaikat jibril datang dengan membawa wahyu dari Allah bahwa telah diangkatnya Rasulullah saw pada saat itu untuk menjadi Nabi sekaligus Rasul Allah swt. Wahyu pertama tersebut adalah suara yang diteruskan oleh Malaikat Jibril yang terwujud dalam lima ayat pertama dari surah al-Alaq yang artinya : “Bacalah, dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Paling Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” 

Mengenang peristiwa tersebut akhirnya gua hira ini menjadi situs bersejarah yang berharga bagi umat islam. Mengingat diturunkan nya wahyu pertama dari Allah untuk Rasulullah saw pada masa itu. Pada saat musim haji, peziarah akan sangat membludak berbondong – bondong mendatangi tempat ini. Karena mereka ingin melihat secara langsung bagaimana wujud dari gua hira tempat diterimanya wahyu yang Allah berikan untuk Rasulullah kala itu. Selain sekedar berkunjung dan mengabadikan foto, banyak juga dari masyarakat yang datang untuk memanjatkan doa di sana.

Baca juga: Bacaan Al Quran Lengkap dan Mudah Dibaca Ada di Sini

Nah, bagi Anda yang berencana berkunjung atau berziarah ke gua hira. Agar perjalanan Anda lebih menyenangkan dan tak ada kendala yang berarti, tak ada salahnya Anda membaca dulu ke tujuh tips ke gua hira berikut ini. 

Persiapkan fisik. Pastikan stamina badan Anda sedang fit

Mendaki bukan suatu persoalan yang mudah bagi sebagian orang yang tak terbiasa melakukannya. Butuh waktu sekitar 1 sampai 2 jam untuk bisa meuju gua hira. Ditambah curam nya jalan dan banyak nya batu – batu membuat para peziarah harus ekstra hati – hati. Maka dari itu saat Anda hendak melaksanakan wisata ke gua hira, pastikan terlebih dahulu Anda dalam keadaan sehat. Ukurlah batas kemampuan Anda selama mendaki agar terhindar dari hal – hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Kunjungi Gua Hira dengan Memilih Paketan Umroh Murah di Sini

Pakailah topi atau membawa pelindung untuk kepala

Tak ada pohon dan rindang nya dahan. Di sana panas nya cuaca akan membuat kulit terbakar dan memerah. Usahakan Anda siap selalu topi dan pelindung kepala.

Datanglah pada pagi hari. Setelah shalat Subuh adalah waktu yang cocok, mengingat suhu udara di kota Mekkah sangat panas

Waktu terbaik untuk naik ke Gua Hira memang pada dini hari dan turun ke bawah tak lama setelah matahari mulai naik. 

Untuk mereka yang start mulai dini hari, salat subuh bisa dilakukan di perjalanan pendakian dengan berwudu menggunakan air mineral atau bertayamum. Ada spot-spot di jalur pendakian yang berupa batuan datar, sangat memungkinkan untuk digunakan sebagai tempat salat ke berjamaah.

Jangan memakai pakaian yang terlalu tebal, mengingat kondisi di sana yang akan sangat panas. Jadi pakailah baju yang menyerap keringat

gua hira

Bawalah minuman 

Panas nya cuaca di sana dan ziarah yang cukup menguras energi ini mengharuskan Anda untuk selalu membawa minum. Namun, bagi Anda yang tidak membawa persiapan minum, tidak usah khawatir, sepanjang jalan mulai dari kaki bukit jabal Nur sampai dengan dekat ke gua hira banyak pedagang yang menjajakan dagangannya terutama minuman. 

Bawalah uang pecahan 

Selama perjalanan ke atas, di kiri kanan jalur pendakian akan ada banyak peminta-minta yang aktif menyapa Anda. Mulai dari sapaan sopan sampai terang-terangan meminta nominal. Maka dari itu untuk antisipasi Anda siapkan saja uang pecahan secukupnya jika Anda berniat ingin memberi para peminta – minta tersebut.  

 Jika kecapean, istirahatlah di pos pemberhentian yang telah disediakan

Mendaki bukan hanya sekedar ambisi. Semua harus seimbang dan beriringan dengan selalu menyesuaikan kondisi tubuh Anda pada saat itu. Memakan waktu yang cukup lama dan menguras energi, ada baiknya Anda sejenak istirahat terlebih dahulu jika Anda sudah merasa lelah. Agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Mengapa Harus Melaksanakan Ibadah Umroh? Ini Alasannya

 Itulah beberapa tips menuju gua hira yang wajib Anda ketahui. Semoga infromasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda semua. 

Tulis Komentar Anda
Download GRATIS Jadwal Sholat, Al Quran Digital & Voucher Umroh
Klik Disini