play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Doa

Catat! Ini Hadits Taubat dalam Islam dan Keutamaannya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Tak ada manusia sempurna di muka bumi ini. Karena sejatinya kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT sang pemilik kehidupan dunia akhirat. Berbuat salah dalam hidup pasti pernah dilakukan sebagian besar manusia. Jika dalam kondisi seperti ini, Allah dengan rahmat dan kemurahan-Nya memberikan jalan untuk membersihkannya salah dan dosa – dosa tadi. Yaitu dengan bertaubat. Disamping sebagai bentuk ibadah, taubat juga merubah salah dan dosa bernilai pahala. Maka taubat menjadi kebutuhan hamba yang merasa banyak salah dan dosa. Selain itu juga terdapat banyak hadits taubat dalam islam yang bisa Anda jadikan pedoman.

Baca juga : Penting! Inilah Hadits tentang Taubat dan Ayatnya

Hadits Tentang Taubat

banyaknya hadits taubat dalam islam yang sahih, diantaranya ialah Abu Musa ra meriwayatkan dari Nabi SAW:

“Sesungguhnya Allah membentangkan Tangan-Nya pada malam hari agar beutaubat orang yang berbuat jahat di siang hari dan Dia membentangkan Tangan-Nya pada siang hari agar bertaubat orang yang berbuat jahat di malam hari, sehingga matahari terbit dari Barat (Kiamat). (HR. Muslim)

“Barangssapa bertaubat sebelum matahari terbit dari Barat, niscaya Allah menerima taubatnya. “ (HR.Muslim)

Dari hadits diatas dapat dipahami bahwa orang-orang yang bertaubat sebelum datangnya hari kiamat akan diterima taubatnya begitupun sebaliknya. Demikian halnya dengan permohonan ampun seorang yang hendak meninggal dunia, taubatnya tidak berguna baginya. Sebagaimana firman Allah SWT:

Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya Allah menerima taubat seorang hamba, selama (nyawanya) belum sampai di kerongkongan. “ (HR· At-Tirmidzi, dan ia menghasan-kannya).

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Oleh karena itu itu setiap muslim diwajibkan bertaubat dari segala kesalahannya, sepanjang ajal belum menjemput baik itu dilakukan di pagi hari, siang hari, sore hari mapun malam hari. Anas ra meriwayatkan, aku mendengar saw bersabda, Allah berfirman.

“Wahai anak Adam, sesungguhnya jika engkau memohon dan mengharap kepadaku, niscaya Aku ampuni dosa-dosamu yang lalu dan Aku tidak peduli. Wahai anak Adam, seandainya dosa-dosamu sampai ke awan langit, kemudian engkau memohon ampun kepadaku, niscaya Aku mengampunimu dan Aku tidak peduli. Wahai anak Adam, sesungguhnya jika engkau datang kepadaku dengan dosa-dosa sepenuh bumi dan kamu menemuiKu dalam keadaan tidak menyekutukanku dengan sesuatu pun, niscaya Aku datangkan untukmu ampunan sepenuh bumi (pula). ” (HR. At-Tirmidzi, ia berkata hadits ini hasan)

Berbagai Keutamaan Taubat

tata cara sholat sunnah taubat

Umroh.com merangkum, orang yang benar-benar berbahagia ialah yang menjadikan taubat sebagai sahabat dekat dalam perjalanannya menuju Allah dan negeri akhirat. Sedangkan orang yang binasa adalah yang menelantarkan dan mencampakkan taubat di belakang punggungnya. Beberapa di antara keutamaan taubat ialah:

1. Taubat adalah sebab untuk meraih kecintaan Allah SWT

Allah ta’ala berfirman:

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang suka membersihkan diri.” (QS. Al Baqarah: 222)

 2. Taubat merupakan sebab keberuntungan

Allah ta’ala berfirman:

“Dan bertaubatlah kepada Allah wahai semua orang yang beriman, supaya kalian beruntung.” (QS. An Nuur: 31)

3. Taubat menjadi sebab diterimanya amalan dan turunnya ampunan

Allah ta’ala berfirman:

“Dialah Allah yang menerima taubat dari hamba-hambaNya dan Maha mengampuni berbagai kesalahan.” (QS. Asy Syuura: 25)

“Dan barang siapa yang bertaubat dan beramal saleh maka sesungguhnya Allah akan menerima taubatnya.” (QS. Al Furqaan: 71) artinya taubatnya diterima.

4. Taubat merupakan sebab masuk surga dan keselamatan dari siksa neraka

Allah ta’ala berfirman:

“Maka sesudah mereka (nabi-nabi) datanglah suatu generasi yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsu, niscaya mereka itu akan dilemparkan ke dalam kebinasaan. Kecuali orang-orang yang bertaubat di antara mereka, dan beriman serta beramal saleh maka mereka itulah orang-orang yang akan masuk ke dalam surga dan mereka tidaklah dianiaya barang sedikit pun.” (QS. Maryam: 59, 60)

5. Taubat menjadi sebab untuk meraih segala macam kebaikan

Allah ta’ala berfirman:

“Maka apabila mereka bertaubat niscaya itu menjadi kebaikan bagi mereka.” (QS. At Taubah: 74)

Ingin umroh dengan paket lengkap dan menarik? Itu hanya bisa Anda dapatkan di Umroh.com!

6. Taubat adalah sebab untuk menggapai keimanan dan pahala yang besar

Allah ta’ala berfirman:

“Kecuali orang-orang yang bertaubat, memperbaiki diri dan berpegang teguh dengan agama Allah serta mengikhlaskan agama mereka untuk Allah mereka itulah yang akan bersama dengan kaum beriman dan Allah akan memberikan kepada kaum yang beriman pahala yang amat besar.” (QS. An Nisaa’: 146)

7. Taubat merupakan sebab turunnya barakah dari atas langit serta bertambahnya kekuatan

Allah ta’ala berfirman:

“Wahai kaumku, minta ampunlah kepada Tuhan kalian kemudian bertaubatlah kepada-Nya niscaya akan dikirimkan kepada kalian awan dengan membawa air hujan yang lebat dan akan diberikan kekuatan tambahan kepada kalian, dan janganlah kalian berpaling menjadi orang yang berbuat dosa.” (QS. Huud: 52)

8. Menjadi sebab malaikat mendoakan orang-orang yang bertaubat

Hal ini sebagaimana difirmankan Allah ta’ala:

“Para malaikat yang membawa ‘Arsy dan malaikat lain di sekelilingnya senantiasa bertasbih dengan memuji Tuhan mereka, mereka beriman kepada-Nya dan memintakan ampunan bagi orang-orang yang beriman. Ya Rabb kami, rahmat dan ilmu-Mu maha luas meliputi segala sesuatu, ampunilah orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan-Mu serta peliharalah mereka dari siksa neraka.” (QS. Ghafir: 7)

9. Taubat juga menjadi sebab hati menjadi bersinar dan bercahaya

doa taubat

Dalam sebuah hadits taubat dalam islam juga terdapat firman Allah SWT yang berisi :

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya: Sesungguhnya seorang hamba apabila berbuat dosa maka di dalam hatinya ditorehkan sebuah titik hitam. Apabila dia meninggalkannya dan beristighfar serta bertaubat maka kembali bersih hatinya. Dan jika dia mengulanginya maka titik hitam itu akan ditambahkan padanya sampai menjadi pekat, itulah raan yang disebutkan Allah ta’ala,

Dan taubat akan menjadi tulus dan ikhlas apabila seseorang sedang berada dalam kondisi:

  • Orang yang bertaubat mampu menahan diri dari perbuatan dosa.
  • Orang tersebut merasa menyesal yang dalam dan tulus karena telah melakukan dosa
  • Ia telah memutuskan bahwa tidak akan melakukan perbuatan dosa kembali

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Dalam surat Al-Furqan Ayat 25:70 juga dijelaskan bahwa Allah SWT akan mengubah orang-orang yang jahat menjadi orang yang beriman, asalkan ia bertaubat, percaya kepada Allah SWT dan beramal saleh. karena Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Facebook Comments