1
Motivasi Muslim Lifestyle Parenting Tips

Hadits Tentang Beruntungnya Memiliki Anak Perempuan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Apakah Anda dikaruniai dengan anak perempuan?

Jika ya, Anda sangat beruntung!

Hadits Nabi Muhammad SAW tentang membesarkan anak perempuan itu indah dan menakjubkan. Anak-anak perempuan datang dengan ganjaran dan berkah yang luar biasa. Jika Anda memberikan perawatan, cinta, dukungan, dan pendidikan kepada anak perempuan Anda, maka surga menanti Anda.

Pada saat bayi perempuan dianggap sebagai sumber rasa malu, bahkan dikubur hidup-hidup, Nabi Muhammad (SAW) datang untuk meluruskan kesalahan besar ini.

Hadits-hadits di bawah ini berlawanan dengan praktik-praktik yang terkenal lazim terjadi saat itu seperti : pelecehan anak perempuan, penghinaan dan pembunuhan bayi perempuan.

Bahkan hari ini, kata-katanya masih relevan dan sangat dibutuhkan.

Mari kita jelajahi beberapa berkah yang dapat Anda nikmati sebagai pengasuh anak perempuan:

  • Diceritakan Abdullah ibn Abbas (ra)

Nabi Muhammad (SAW) berkata:

Siapa yang memiliki anak perempuan, dia tidak membunuhnya dengan dikubur hidup hidup, tidak menghinanya, dan tidak lebih mengutamakan anak laki laki, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga”. (HR Abu Daud).

  • Jabir bin Abdullah (ra) melaporkan bahwa Nabi Muhammd (SAW) mengatakan:

Siapa pun yang memiliki tiga anak perempuan dan ia mengakomodasi mereka, menunjukkan belas kasihan kepada mereka, dan mendukung mereka, Surga pasti dijamin baginya.

Karena itu, seseorang bertanya kepada Nabi, bagaimana jika mereka hanya dua putri

Rasulullah menjawab, “[Dia mendapat hadiah itu,] bahkan jika mereka [hanya] dua.”

Beberapa dari mereka yang hadir percaya bahwa seandainya Nabi ditanya tentang hanya satu anak perempuan, dia akan menjawab bahwa hadiah itu juga berlaku. (Diotentikasi oleh Al-Albani)

webinar umroh.com

  • Aishah (ra) melaporkan:

Seorang wanita mendatangi saya dengan dua putrinya. Dia meminta sedekah kepadaku tetapi Aishah tidak menemukan apa pun bersamaku kecuali satu buah kurma, jadi aku memberikannya padanya.

Dia [menerimanya dan kemudian] membaginya di antara kedua putrinya dan tidak memakan apa pun darinya. Kemudian, dia bangkit dan pergi.

Ketika Rasulullah (saw) datang, dan saya menceritakan kepadanya kisah itu, dia berkata,

“Barangsiapa yang diuji dengan sesuatu dari anak-anak perempuan lalu ia berbuat baik kepada mereka maka mereka akan menjadi penghalang baginya dari api neraka” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

 

  • Uqbah ibn Aamir diriwayatkan, saya mendengar Rasulullah (SAW) berkata:

Siapa yang memiliki 3 anak perempuan, lalu dia bersabar, memberinya makan dan minum, dan pakaian dari hasil usahanya, maka semuanya akan menjadi pelindungnya pada hari kiamat”. (HR Ibnu Majah).

 

  • Anas (ra) melaporkan:


Nabi Muhammad (SAW) berkata,

Siapa yang menanggung nafkah dua anak perempuan sampai baligh, maka pada hari kiamat antara saya dan dia seperti ini. beliau menggabungkan jari jarinya”. (HR Muslim).

Ini hanya contoh bagaimana Islam merawat anak perempuan. Perawatan yang disebutkan dalam hadits-hadits ini dan lainnya bersifat komprehensif. Ini mencakup kebutuhan fisik, emosi dan mental anak perempuan.

Begitulah kepedulian dan kasih sayang yang pantas diterima putri kita. Nabi Muhammad (SAW) memerintahkan kita untuk menjadi orang tua yang penuh kasih, sabar, dan suportif.

Dan sekali lagi, jika Anda memiliki anak perempuan, Anda sangat diberkahi dan beruntung!