1
Motivasi News Sejarah Islam Travel

Hal-Hal Menarik yang Tidak Pernah Anda Ketahui Tentang Iran

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Pada saat ini, tersebar kabar bahwa Iran bukan negara Arab (Iran berarti “tanah Arya”), dan karena semakin banyak pelancong menjelajah ke wilayah yang sebelumnya tidak dipetakan ini, mereka menyaksikan kenyataan menarik yang bertentangan dengan puluhan tahun sebelumnya.

Media sosial telah khususnya membantu menjelaskan kebenaran tentang Iran, rakyatnya, dan budayanya, tetapi di sini ada 12 hal yang mungkin tidak Anda ketahui.

Iran Beragam Etnis
Sementara mayoritas orang adalah Persia, dan Persia adalah bahasa resmi, ada banyak etnis lain termasuk Azeri Turk, Mazandarani, Gilaki, Talysh, Kurd, Lur, Baloch, Turkmen, Arab, Afro-Iran, Armenia, dan bahkan suku-suku nomaden seperti Bakhtiari dan Qashqai. Dengan setiap wilayah yang memiliki bahasa dan tradisi sendiri, mudah bagi orang Iran untuk mengalami kejutan budaya tanpa harus meninggalkan negara mereka.

Tidak Semua Gurun
Dari gunung dan gunung berapi yang tidak aktif hingga dataran dan lembah, gurun dan hutan hingga laut, pulau, dan sumber air panas, Iran memiliki geografi yang bervariasi, untuk sedikitnya. Dengan empat musim yang terjadi pada waktu tertentu, tidaklah berlebihan untuk mengatakan bahwa Anda bisa bermain ski di Teheran dan kemudian naik penerbangan ke Chabahar yang panas dan lembab dan berenang di Teluk Persia. Sementara Iran tengah sebagian besar adalah gurun, pemandangan yang sangat berbeda ada di provinsi sekitarnya.

Tempat Terpanas di Bumi
Mencapai 159,3ºF (70,7ºC) yang tak terduga, Gurun Lut telah menjadi tempat terpanas di dunia selama lima dari tujuh tahun dipelajari oleh para ilmuwan. Pada tahun 2016, gurun ini ditandai dengan UNESCO sebagai situs warisan dunia alami pertama Iran.

Cheetah Asiatik Menyebut Rumah Iran
Setelah membentang di Semenanjung Arab melalui Iran hingga Pakistan dan India, cheetah Asia yang terancam punah kini tinggal di habitat yang dilindungi di Iran. Departemen Lingkungan Iran telah meluncurkan beberapa kampanye konservasi dan bahkan mempekerjakan penjaga untuk melindungi satwa liar ini dan satwa liar lainnya dari pemburu liar. Selama Piala Dunia 2014, cheetah ditampilkan di kaus tim sepak bola nasional Iran, dan maskapai nasional Meraj juga menggambarkan mereka di pesawat mereka.

 Wanita Lebih Banyak Dari Pria di Universitas
Sering dikira warga negara kelas dua, wanita Iran sebenarnya cukup kuat. Mereka mengendarai mobil, memilih, memegang posisi pemerintah tingkat tinggi, dan melebihi jumlah pria di universitas. Tren yang dimulai pada tahun 2001, 60% mahasiswa adalah perempuan, dan 70% mahasiswa di bidang sains dan teknik adalah perempuan.

Peradaban Kuno yang Muda di Hati
Iran bermula dari salah satu peradaban tertua sejak 7000 SM. Saat ini, ia memiliki salah satu populasi termuda, dengan 60% dari 80 juta orang di bawah usia 30 tahun.

webinar umroh.com

Aturan Puisi dan Amsal
Orang Iran berarti urusan serius dalam hal puisi, dan Anda akan kesulitan menemukan orang yang tidak dapat melafalkan setidaknya beberapa beyt (bait) dengan hati. Berapa banyak negara lain yang mendaftar banyak mausoleum penyair mereka sebagai salah satu situs yang wajib dikunjungi? Orang-orang memberikan penghormatan kepada orang-orang hebat ini seolah-olah mengunjungi anggota keluarga. Amsal juga diombang-ambingkan dalam percakapan sehari-hari, karena orang Iran sering memecahkan masalah mereka dengan mengucapkan pepatah atau sebaris puisi.

Amsal juga diombang-ambingkan dalam percakapan sehari-hari, karena orang Iran sering memecahkan masalah mereka dengan mengucapkan pepatah atau sebaris puisi.

Pemimpin Ekspor
Iran adalah salah satu pengekspor minyak dan gas alam, kunyit, pistachio, kaviar, dan permadani terkemuka. Senilai lebih per ons daripada emas, kunyit Iran terbaik, yang dikenal sebagai emas merah, ditanam di provinsi Khorasan. Apakah segar atau kering, orang Iran suka pistachio mereka, dan kota Rafsanjan di provinsi Kerman adalah pusat budidaya. Caviar, emas hitam Iran lainnya, berasal dari sturgeon Laut Kaspia. Permadani sering ditenun dengan ketidaksempurnaan yang disengaja untuk menunjukkan bahwa hanya Tuhan yang dapat menciptakan kesempurnaan, dan seni dari provinsi Fars ini telah terdaftar sebagai warisan budaya takbenda UNESCO.

Warga Iran Adalah Kelompok Takhayul
Orang Iran memiliki banyak ungkapan dan tradisi untuk menghindari penaklukan. Mata jahat digantung di rumah, di mobil, atau dipakai sebagai perhiasan, dan espand, biji rue liar yang juga dikatakan memiliki sifat pemurnian, sering dibakar untuk melindungi orang yang dicintai dari pembawa sial.

Orang Persia Kuno Zoroaster, Bukan Muslim
Sampai penaklukan Islam atas Persia pada abad ke-7, karena alasan inilah mayoritas tradisi Iran merayakan hari ini, seperti Nowruz dan Yalda Night, berakar pada Zoroastrianisme. Minoritas Zoroaster masih tinggal di Iran hari ini.

Ferdowsi Dikredit Dengan Melestarikan Bahasa Persia
Karya yang paling penting dari kesusastraan Iran, puisi epik Ferdowsi Shahnameh (Book of Kings) ditulis tanpa satu kata pun dalam bahasa Arab. Karena itu ia dikreditkan karena menyelamatkan bahasa Persia dari menjadi bahasa Arab setelah penaklukan Islam. Bahkan, ketika ditanya mengapa Mesir saat ini berbicara bahasa Arab alih-alih bahasa Koptik, seorang sejarawan Mesir terkemuka menyatakan dengan terus terang, “Karena kami tidak punya Ferdowsi.”

Polo Berasal dari Persia Kuno
Meskipun akun berbeda-beda tentang tanggal awal persis chogân (polo), konon pertama kali dimainkan di Persia kuno. Bahkan, Meidan Emam di Esfahan pada awalnya adalah situs bidang polo.