1
Muslim Lifestyle

Catat Baik-baik! Hindari 5 Hal Ini saat Berhijab

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Jakarta, Umroh.com – Berhijab sangat nge-trend di era globalisasi ini. Mulai dari muslimah anak-anak, remaja, hingga dewasa mempadu-padankan pakaian hijab yang mereka kenakan. Namun, pada dasarnya berhijab bukanlah hanya gaya-gayaan untuk terlihat modis. Banyak kebiasaan lama yang perlu Anda tinggalkan ketika memutuskan berhijrah. Meskipun tidak langsung Anda terapkan seluruhnya, paling tidak kamu harus berusaha memulainya satu per satu.

Umroh.com merangkum, hakikatnya berhijab merupakan cara kita menutupi aurat bukan sebatas yang menutupi kepala, atau menutupi rambut, atau menutupi tubuh bagian atas saja. Namun hijab muslimah mencakup semua yang menutupi aurat, lekuk tubuh dan perhiasan wanita dari ujung rambut sampai kaki

Baca juga: 5 Negara Ini Melarang Keras Wanita untuk Berhijab

Hal yang Perlu dihindari Ketika Berhijab

Berhijab bukan sekedar menutupi kepala saja. Jika kita memutuskan berhijab, maka berhijablah secara sempurna. Sudah seharusnya kita perlu memperhatikan hal-hal yang harus dihindrai ketika memakai hijab, sebagai berikut.

1. Rambut terlihat mencuat

Bagi sebagian muslimah sering menunjukkan keindahannya mengunakan jilbab. Salah satunya membiarkan rambut mereka mencuat atau memanjang seperti ekor kuda yang tidak sesuai dengan syariat Islam. Bahkan rambut sering kali muncul di dekat telinga atau kening. Ini terjadi karena sebagian muslimah enggan memakai inner/ciput hijab. Jika kalian ingin memakai hijab. Perhatikan rambut dengan mengikat kencang dan tidak membentuk tonjolan. Kemudian gunakan inner hijab. Sebaikknya menggunakan inner/ciput ninja yang elastis di bagian wajah dan leher agar rambut bisa tertahan di dalam dan tidak keluar.

2. Jilbab yang transparan

Gaya hijab yang berbeda-beda membuat kaum wanita membentuk jilbabnya hingga memperlihatkan bagian telinga dan leher mereka. In tentu tidak sesuai dengan syariat berhijab sesuai aturan Islam. Ada pula wanita yang menggunakan hijab transparan dan masih memperlihatkan tubuh bagian dalam. Sebaiknya gunakan jilbab yang tebal dan menutupi bagian dada yang nyaman.

Mau dapat tabungan umroh cuma-cuma? Cukup dengan download aplikasinya di sini dan dapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah!

3. Jilbab yang Tidak Menutupi Dada

Hal ketiga yang perlu dihindari saat hijab adalah bagian dada yang tertutup. Saat menggunakan hijab, masih banyak orang-orang melilitkannya di leher atau membiarkan bagian dada hingga perut tidak tertutup. Hal ini tentu sangatlah tidak baik karena dengan itu, bentuk dada dan pinggang kita akan terlihat dengan jelas. Pilihlah gaya hijab yang bisa menutup dada dan perut Anda.

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

4. Ukuran Pakaian yang Ketat

Memilih pakaian yang terlalu sempit atau ketat akan membuat penampilanmu berantakan. Bagi mereka yang bertubuh besar, ukuran yang terlalu sempit hanya akan menyiksa tubuhmu sekaligus membuat lekukan bagian tubuhmu terlihat jelas. Apalagi yang memiliki lemak berlebih akan terlihat jelas postur tubuh yang gendut. Maka perlu diperhatikan penggunaan pakaian yang longgar dan tidak memperlihatkan lekukan bentuk tubuh.

webinar umroh.com

5. Warna yang Tak senada dan Bahan Tak Nyaman 

Hal yang perlu dihindari saat berhijab adalah soal warna. Kesalahan dalam memadukan warna adalah kesalahan yang paling banyak dilakukan. Memadukan dua warna kontras hanya akan membuat gaya berhijab  terlihat aneh. Termasuk juga kesalahan dalam memadukan motif pakaian hijab Anda. Jika Anda memakai baju bermotif, hindari menggunakan jilbab yang bermotif pula. Ada juga yang bikin tidak cocok dari warna, yaitu tak pas dengan kulit maupun sama busana. Untuk itu, kamu perlu ketahui warna apa saja yang sesuai kulit. Beberapa di antaranya yaitu kulit putih cocok dengan hijab yang warnanya kontras kayak hitam dan biru dongker, yang berkulit sawo matang makin cantik dengan warna pastel dan gelap, kulit kuning langsat pas dengan warna-warna cerah, sedangkan kulit gelap bagus hijab warna netral atau pastel.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama pasangan? Cuma di umroh.com, rencana Anda bisa terwujud sekarang juga!

Begitu pula dengan memilih bahan hijab yang tak nyaman. Sesuaikan bahan hijab yang akan kamu kenakan dengan cuaca. Jangan sampai memilih bahan tebal di saat cuaca sangat panas, atau sebaliknya memakai pakaian dengan bahan tipis saat cuaca sangat dingin. Perhatikan hal-hal detil seperti ini agar Anda tidak salah kostum. Bahan-bahan seperti satin, jersey, viscose, katun, dan rayon adalah bahan hijab yang bisa jadi pilihan kamu dalam menentukan mana yang terbaik. Salah satu contohnya buat kamu pemilik wajah bulat sebaiknya pilih hijab dari bahan katun atau sutera. Bahannya yang kaku mudah membentuk siluet tirus pada wajahmu.

Demikian beberapa hal yang perlu dihindari saat berhijab. Gunakan hijab dengan karakter dan kepribadian Anda yang sesuai syariat Islam.