1
Kuliner

Halwa, Puding Gula Khas Oman yang Menggoda

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Dalam bahasa Arab, “Halwa” artinya “manis”. Hidangan ini merupakan puding khas Oman yang terbuat dari telur, gula, tepung jagung, dan lemak. Semua bahan dicampur sehingga menghasilkan gelatin bercita rasa manis.

Manis dan Beraroma Rempah

Selain rasanya yang manis, Halwa juga memiliki aroma rempah. Aroma rempah yang khas tersebut berasal dari saffron dan kapulaga. Ada juga beberapa orang yang menambahkan air mawar untuk memberikan aroma yang manis dan lembut pada Halwa.

Simbol Keramahtamahan

Halwa anggap sebagai simbol keramahtamahan bagi Oman. Warga di sana biasa menghidangkan Halwa kepada para tamu. Bersama dengan Halwa, biasanya dihidangkan juga kopi atau kahwa. Bukan hanya rumah tangga yang menyajikan Halwa kepada para tamu, namun restoran- restoran di Oman juga melakukannya.

Halwa juga biasa disajikan di acara-acara penting seperti perayaan penting. Biasanya, kita akan melihat Halwa disuguhkan dalam perayaan pernikahan, sebagai hidangan berbuka di bulan Ramadhan, atau hidangan saat Idul Fitri dan Idul Adha.

Dihidangkan dengan Taburan Kacang

Puding Halwa ini biasanya disajikan dalam mangkuk-mangkuk kecil. Di atas Halwa, kita bisa melihat taburan kacang mete dan pistachio. Topping kacang ini berfungsi untuk memberikan tekstur crunchy.

webinar umroh.com

Selain kacang, Halwa juga biasa diberi taburan kurma. Jika memakan hawa dengan taburan kurma, kita akan merasakan ekstra cita rasa manis dari buah tersebut. Ada juga yang menyajikan Halwa dengan taburan tahini atau biji-bijian yang dihancurkan. Butiran tahini ini akan memberikan tekstur unik pada Halwa. Rasa gurih pada Halwa akan bertambah dengan adanya tawuran tahini. Hmmm, nikmat.

Warna Karamel yang Menggoda

Warna Halwa yang dihidangkan tergantung dari jenis gula yang digunakan untuk memasaknya. Jika warga Oman menyajikan Halwa yang berwarna merah atau coklat, maka gula yang digunakan untuk membuatnya adalah gula merah atau Brown Sugar. Halwa yang berwarna merah kecoklatan ini memang lebih menggoda karena warnanya yang coklat seperti karamel.

Tiga Macam Halwa

Ada tiga macam Halwa yang bisa kamu temukan di Oman. Macam yang pertama adalah Sultani. Halwa Sultani adalah Halwa paling berkualitas. Biasanya, Halwa ini dihidangkan oleh Sultan Qaboos. Halwa jenis lain misalnya adalah Halwa special dan original.

Membuatnya Butuh Tenaga Ekstra

Proses pembuatan Halwa tidak bisa dibilang mudah. Untuk membuat Halwa, membutuhkan banyak tenaga. Mereka yang membuatnya harus terus mengaduk panci berisi cairan gula dan tepung agar tidak lengket. Proses ini memakan waktu hingga 3 jam.

Halwa biasa dimasak dengan kompor gas atau kompor dari kayu bakar. Akan tetapi, banyak yang meyakini Halwa yang dimasak dengan kayu bakar memiliki aroma yang lebih sedap.

Bagaimana? Tertarik mencoba Halwa?

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.