1
Motivasi Muslim Lifestyle Parenting

Hari Ayah: Pandangan Islam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Shehab, PhD dalam Studi Islam dari Universitas Al-Azhar dan saat ini menjadi Imam Masjid Downtown Toronto di Kanada, menyatakan: Taat kepada orang tua, baik ibu maupun ayah, merupakan nilai Islam dan kepatuhan pada Allah. Karena itu, seseorang harus menunjukkan kebaikan kepada orang tuanya.

Ibn Abbas (ra) melaporkan bahwa Nabi Muhammad (SAW) pernah ditanya tentang perbuatan terbaik: “Utusan Allah (damai dan berkah besertanya) mengatakan, ‘Memiliki iman kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian menghormati orang tua seseorang. “(Al-Bukhari dan Muslim)

Bahkan, makna inti dari bidah yang dilarang dalam Islam adalah untuk memperkenalkan atau menciptakan tindakan ibadah atau ritual ibadah ke dalam agama tanpa dukungan dari Syariah. Karena itu, tidak dapat diterima bagi siapa pun untuk menemukan bentuk doa atau puasa baru. Tindakan ibadah dan ritual keagamaan harus didasarkan pada bukti Syariah yang benar.

Hari-hari Dunia dan berbagai acara — seperti Hari Jilbab Dunia, Hari Ibu, Hari Ayah, dan Hari Anak Yatim — sebagian besar didasarkan pada pertimbangan budaya dan sosial. Mereka tidak dimaksudkan untuk memperkenalkan ritual keagamaan baru atau tindakan ibadah yang bersifat devosional.

Hari Ayah adalah perayaan menghormati ayah dan merayakan kebapakan, ikatan ayah, dan pengaruh ayah dalam masyarakat. Banyak negara merayakannya pada hari Minggu ketiga bulan Juni, meskipun juga dirayakan secara luas pada hari-hari lain oleh banyak negara lain. Hari Ayah diciptakan untuk melengkapi Hari Ibu, sebuah perayaan yang menghormati ibu dan menjadi ibu.

Mengingat hal di atas, Hari Ayah adalah acara sosial yang bertujuan mendukung nilai-nilai dan moral universal. Itu tidak dapat ditolak dengan sendirinya selama menghormati ayah — atau orang tua — tidak terbatas pada Hari itu. Ini bukan bidah berdosa karena tidak dimaksudkan untuk memperkenalkan ritual baru ke dalam agama. Ini adalah Hari budaya, sosial, dan keluarga yang bertujuan untuk menjaga hubungan sosial dan keluarga.