play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
News

Heboh Twit Akun Resmi : Oreo Tidak Halal?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements

Akun Twitter Oreo mencuit sebuah kalimat yang mengatakan bahwa biskuit Oreo tidak halal. Cuitan tanggal 11 Mei 2019 yang berbunyi “Thanks for reaching out! Oreo cookies are not halal” (Terima kasih telah menghubungi. Biskuit Oreo tidak halal) itu menjadi viral.

Mengundang Kepanikan Penggemar Oreo Muslim

Twit dari akun resmi Oreo itu kemudian di-retweet oleh ribuan konsumen Oreo yang Muslim. Beberapa mengutarakan kepanikan karena baru mengetahui bahwa Oreo tidak halal. Mereka yang kecewa adalah penggemar Oreo yang sangat tidak rela jika ternyata biskuit favorit mereka tidak boleh lagi dimakan.

Pilih Paket Umroh Terbaik Anda, hanya di Umroh.com!


Beberapa menanyakan maksud dari tidak halal. Mereka berusaha mencari kepastian, apakah yang dimaksud Oreo belum memiliki sertifikasi halal, atau mengandung bahan yang tidak boleh dikonsumsi oleh umat muslim.

Distributor Oreo di Negara Teluk Memberikan Klarifikasi

Menanggapi hal tersebut, distributor Oreo di Negara Teluk (GCC) memberikan klarifikasi. Pihaknya mengatakan bahwa Oreo yang ada di Uni Emirat Halal, Oman, dan sekitarnya adalah Oreo yang halal.

Keterangan yang disampaikan oleh juru bicara Mondelez International, distributor Oreo di Timur Tengah, mengatakan bahwa twit yang sudah diunggah oleh perusahaan Oreo tersebut memang sangat beresiko disalahartikan oleh konsumen Oreo di seluruh dunia. Pada kenyataannya, Oreo yang dijual di wilayah Uni Emirat Arab dan negara teluk sekitarnya adalah halal dan sesuai dengan peraturan setempat.

Diproduksi di Wilayah Setempat dan Sesuai Peraturan

Pihak Mondolez mengungkapkan bahwa biskuit Oreo yang dijual di Timur Tengah diproduksi di kawasan tersebut. Mereka juga mengatakan bahwa selalu bertanggung jawab untuk menyediakan produk berkualitas terbaik bagi pelanggan.

Mondelez juga telah mengusahakan pihaknya memastikan desain label pada kemasan bisa dibaca jelas, sehingga konsumen yang menginginkan informasi bahan-bahan yang terkandung dalam Oreo bisa lebih jelas.

Oreo yang Tidak Halal adalah Oreo di Amerika Serikat dan Kanada

Mondolez menjelaskan bahwa Twit viral yang tersebar adalah satu bagian dari dua twit yang seharusnya dibaca berurutan. Maksud dari admin Twitter dari Oreo tersebut sebenarnya adalah untuk Oreo yang beredar di Amerika Serikat dan Kanada.

Di beberapa negara lain, memang ada Oreo yang tidak memiliki sertifikat halal. Akan tetapi, penyebabnya bisa jadi karena mereka tidak mengurus sertifikat halal tersebut. Oreo sendiri sebenarnya tidak menggunakan bahan-bahan yang dilarang dalam Islam, kecuali untuk beberapa rasa isian.

Oreo memang biskuit yang berasal dari Amerika Serikat. Diluncurkan sejak 1912, Oreo diproduksi oleh Nabisco atau Mondelez International. Sampai saat ini, biskuit cokelat pekat dengan krim putih di tengahnya itu sangat populer di banyak negara di dunia.

Oreo yang beredar di Indonesia merupakan Oreo yang halal. Kita sudah bisa melihat logo MUI di kemasan Oreo yang ditemukan di beragam lokasi. Jadi, tidak perlu khawatir, ya.

Facebook Comments

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.